PTPN V Harapkan Agar UNIVRAB Siapkan Mahasiswa yang Ready To Use


Ditulis oleh Hizra Marisa, pada : 11 Februari 2016 14:50:12 WIB


UNIVRAB – Universitas Abdurrab melalui Bagian Humas & Kerjasama dan Bagian Pengembangan Karir pada Rabu lalu (10/02) melakukan visitasi (kunjungan –red) ke PT Perkebunan Nusantara (PTPN) V pekanbaru.

Tepat pukul 10.00 WIB, Hizra Marisa S.Ip M.Si selaku Kabag Humas & Kerjasama beserta dua staff Humas lainnya, Dimas Prada M.Sc selaku Direktur Pengembangan Karir beserta staf dan M Kailani Yunus hadir mewakili Universitas Abdurrab. Rombongan yang datang langsung disambut hangat oleh Kepala Urusan Humas PTPN V Friando Panjaitan beserta dua staffnya.

“Apresiasi dan terima kasih untuk PTPN V yang telah membuka kesempatan dan ruang komunikasi diantara kita bisa tercipta seperti sekarang ini. Semoga dengan adanya komunikasi ini dapat membuka value dan brainstorming bagi kami di perguruan tinggi dan PTPN V.” ucap Hizra membuka awalan pembicaraan.

Obrolan hangat antara kedua pihak mengalir dengan alami. Dimulai dengan pengenalan kampus UNIVRAB yang dibawakan oleh Hizra hingga sharing pengalaman antara kedua belah pihak.

Sinergi antara perguruan tinggi dengan kalangan Industri tidak dipungkiri menjadi suatu hal yang tak terpisahkan. Bagi perguruan tinggi, output yang diharapkan adalah para sarjana mampu terserap dunia kerja di berbagai bidang industri. Sinergi ini juga menjadi kunci untuk mengukur kemampuan pelaksanaan teaching learning di lingkungannya. Sementara bagi dunia industri, lulusan dari perguruan tinggi dibutuhkan guna memenuhi kebutuhan SDM yang diinginkan dalam upaya mencapai tujuan.

“Kami sangat berharap bahwa UNIVRAB dengan tenaga pendidiknya bisa menghasilkan mahasiswa yang ready to use, bukan ready to learn lagi terutama dalam dunia kerja. Poin penilaian kami dalam menerima karyawan adalah seimbang antara IQ, EQ, Akademis dan pengetahuan umum tentang PTPN V. Semoga UNIVRAB bisa menyinergikan hal tersebut.” ungkap Friando yang pernah menjadi dosen Kopertis tersebut dihadapan para perwakilan UNIVRAB.

Seperti yang diketahui bersama PT Perkebunan Nusantara V (PTPN V) pada awalnya merupakan Badan Usaha Milik Negara yang didirikan berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia (PP) No. 10 tahun 1996 tanggal 14 Pebruari 1996 tentang Penyetoran Modal Negara Republik Indonesia untuk pendirian Perusahaan. Pada awalnya merupakan konsolidasi proyek-proyek pengembangan kebun eks PT Perkebunan (PTP) II, PTP IV dan PTP V di Provinsi Riau. Selama ini PTPN V telah banyak menyerap tenaga kerja local yang berasal dari PTN dan PTS yang ada di Riau.

Hal ini menjadi pembahasan menarik, dimana PTPN V membuka kesempatan yang besar bagi UNIVRAB untuk memagangkan mahasiswa di perusahaan mereka.

Lebih lanjut Friando mengatakan bahwa PTPN V sangat berharap mahasiswa magang asal UNIVRAB nanti tidak dilepas begitu saja oleh dosennya dan mahasiswa yang magang juga harus sudah tahu harus berbuat apa ketika bekerja disini, ready to use.

Merespon hal tersebut, UNIVRAB menyatakan kesiapan atas saran yang diharapkan oleh PTPN V. Banyak peluang kerjasama yang terangkum selama pembicaraan ringan kemarin. Dimas menyatakan draft kerjasama tengah dalam tahap finalisasi, selain akan dikirimnya mahasiswa untuk magang, juga training atau mata kuliah umum yang menghadirkan pihak PTPN V serta berbagai kemungkinan kerjasama lainnya diantara kedua belah pihak.

“Bagian Humas UNIVRAB bisa mengkordinir para mahasiswanya untuk dapat praktek kehumasan dan pelatihan kehumasan di PTPN V, karna PTPN V pernah masuk Sepuluh Besar KIP Award 2014, PTPN V masuk dalam sepuluh besar BUMN terbaik dalam hal mengumumkan, menyediakan, dan melayani informasi Publik berdasarkan Pemeringkatan Badan Publik 2014.” ucap Friando bersemangat.

Acara bincang tersebut diakhiri dengan pertukaran plakat antar kedua pihak dan acara berfoto bersama. Ditemui diakhir acara, Dimas menyatakan bahwa ini baru langkah awal inisiasi kerjasama, selanjutnya finalisasi draft MoU yang akan melibatkan Rektor UNIVRAB dan Direktur Utama PTPN V.***(Hizra – HUMAS UNIVRAB)

Berita Lainnya
03 Januari 2017 09:00:00 WIB

Mahasiswa Fisioterapi UNIVRAB Terpilih Menjadi Wakil Gubernur IMFI Wilayah III

UNIVRAb -Himpunan Mahasiswa Fisioterapi (HIMAFIS) dari Prodi D-III Fisioterapi Universitas

11 Februari 2016 15:15:27 WIB

Mahasiswa Keperawatan UNIVRAB Peduli Bencana Banjir Kampar

UNIVRAB -Simpang empat Mall SKA Pekanbaru (11/02). Beberapa Mahasiswa berseragam

26 Juli 2016 20:38:37 WIB

UNIVRAB Terima Kunjungan Politeknik Caltex Riau

UNIVRAB - Selasa (26/07) tepatnya pukul 14.00 WIB, Rektor UNIVRAB