Kekuatan Prodi Teknik Sipil UNIVRAB Ada Pada Bidang Transportasi dan Jalan


Ditulis oleh Hizra Marisa, pada : 18 Februari 2016 14:20:56 WIB


UNIVRAB - Sesekali tangannya menyendok coffee dan gula dimasukan kedalam gelas yang ada dimeja konsumsi ruang rapat rektorat UNIVRAB. Inel demikian teman-teman UNIVRAB akrab memangilnya, setelah meyeduhkan air kegelas, Inel menghampiri satu persatu peserta sembari menyuguhkan secangkir coffee. Beberapa cangkir kopi yang disajikan pagi ini (18/02) dimana Prodi Teknik Sipil melaksanakan acara coffee morning. Kali ini acara bincang-bincang ringan tersebut mengundang Dr Muhammad Yusa ST MSc dan Ir Agus Ika Putra Dipl.Erg M.Phil, didampingi Rektor UNIVRAB Dr Arisman Adnan M.Sc. Suasana sederhana dan hangat mewarnai coffee morning kali ini.

Sambil meneguk coffee para peserta saling bertukar pemikiran dan pengalaman. Berbagai persoalan dan strategi pengembangan Prodi Teknik Sipil kedepan tertuangkan dalam forum kecil itu. Dimulai dari penelitian yang dihasilkan dosen dan mahasiswa. Akreditasi prodi Teknik Sipil, kurikulum, prospek dan kompetensi lulusan, jurnal prodi, dan laboratorium.

Ir Agus Ika Putra Dipl.Erg, M.Phil menyampaikan agar Prodi Teknik Sipil memiliki ciri khas yang akan membedakan prodi Teknik Sipil UNIVRAB dengan Teknil Sipil lainnya. Langkah awal yang dilakukan adalah penetapan visi dan misi sehingga bisa diturunkan dalam pelaksanaannya. Adanya penetapan visi dan misi akan menjaga konsintensi prodi dalam mencapai tujuan lulusan, tidak berubah-ubah, jelas Agus.

“Beberapa tahun ini Teknik Sipil memfokuskan kajian pada transportasi”, Husni Mubarok, MSc selaku Ketua Prodi Teknik Sipil mengawali pembicaraan. Lebih lanjut Husni mengatakan alasan karena banyaknya tenaga pengajar di prodi Tenik Sipil adalah dosen-dosen dan praktisi dari bidang kajian transportasi. Sehingga penelitian-penelitian mahasiswa pada tugas akhir banyak mengarah tentang bidang seperti jalan, jelas bapak 2 anak ini.

Lebih lanjut, Dr Muhammad Yusa ST M.Sc menyarankan agar prodi Teknik Sipil UNIVRAB memfokuskan pada bidang jalan, baik pengerasan atau lalu lintas.

“Melihat kekuatan dan potensi yang dimiliki oleh Teknik Sipil dari segi pengajar dan mahasiswa yang banyak memiliki minat ke jalan, kuatkan saja dibidang itu.” ujar Pria yang baru menyandang gelar doktor spesialis di bulan Agustus 2015 lalu ini.

Hal lainnya yang disampaikan Husni adalah keinginan prodi Teknik Sipil untuk memiliki laboratorium praktek bagi mahasiswa. Senada dengan Husni, Rahmad Tisnawan ST MT Dekan Fakultas Teknik mengungkapkan pentingnya Tenik Sipil untuk memiliki laboratorium sendiri. “Laboratorium ini dimiliki untuk mendukung peningkatan akreditasi prodi”, tegas Rahmad.

Diakhir acara yang dikemas santai itu Rektor UNIVRAB Dr Arisman Adnan M.Sc berpesan agar tetap semangat membenahi prodi.

“Kita (kampus, -red) terus berusaha untuk membenahi dari yang belum ada menjadi ada. Kita ingin memberikan pelayanan yang terbaik pada mahasiswa karena kita memiliki tanggung jawab secara moral kepada para mahasiswa.” jelas Arisman.

Ucapan terimakasih juga disampaikan Rektor UNIVRAB kepada kedua dosen dari Fakultas Teknik UR tersebut karena telah hadir, berbincang dan berbagi pengalaman dengan para civitas UNIVRAB khususnya dosen di Prodi Teknik Sipil.***(Ken – HUMAS UNIVRAB)

 

Berita Lainnya
14 Maret 2017 15:18:45 WIB

Kunjungan dan Kuliah Umum Dr. Syahrul Aminullah

UNIVRAB. Rabu (08/03), Universtas Abdurrab mendapat kunjungan dari Kasubdib Penjaminan

13 Januari 2016 15:06:45 WIB

Gerakan Sholat Berjamaah dan Kawasan Tanpa Rokok (KTR) UNIVRAB

UNIVRAB Spirit dan semangat Islam yang ada didalam Universitas Abdurrab

20 Agustus 2016 10:10:00 WIB

Rayakan Kemerdekaan RI, UNIVRAB Laksanakan Pesta Rakyat

UNIVRAB - Sorak soray hingga suasana meriah sangat terasa di