UNIVRAB Laksanakan Rapat Koordinasi dan Perencanaan: Tingkatkan Sinergisitas Institusi


Ditulis oleh Hizra Marisa, pada : 22 Februari 2016 13:33:48 WIB


UNIVRAB - Pembacaan surat 103 dalam Al-qur’an mengawali pembukaan pertemuan seluruh jajaran pimpinan di lingkungan UNIVRAB dalam acara Rapat Koordinasi dan Perencanaan yang dilaksanakan pada hari ini Senin (22/02) pukul 08:00 WIB di Gedung Tariq bin Ziyad. Tidak hanya Rektor dan jajaran Wakil Rektor yang hadir, namun juga Kepala Bagian, Direktur Bagian, Unit, para Dekan dan seluruh Kaprodi se-UNIVRAB yang memadati ruang serbaguna tersebut.

Alfajri S.IP MIA selaku Ketua Panitia dalam sambutannya mengajak para peserta untuk memahami makna 3 ayat dari surat yang dibacakan dipembukaan acara.

“Semoga surat yang dibacakan tadi bisa menjadi motivasi bagi kita untuk selalu mengerjakan kebajikan dan saling menasehati dalam kesabaran”, Alfajri mengawali sambutan. Lebih lanjut alumni sarjana Hubungan Internasional ini mengatakan rapat koordinasi yang dimulai pada 22 - 23 Februari 2016 ini adalah suatu bentuk pengaplikasian kebajikan.

“Semua partisipasi dalam bentuk ide dan gagasan yang disampaikan dalam rapat koordinasi ini demi kemajuan kampus, maka itu suatu bentuk dari kebajikan”, jelas pria yang akrab dengan panggilan Fajri. Diakhir sambutan pria kelahiran Rokan Hulu tersebut berharap agar seluruh peserta bisa mengikuti kegitan ini hingga selesai.

 

Suasana Rakor yang dihadiri para Kabag, Dekan dan Kaprodi di lingkungan UNIVRAB (foto: Humas UNIVRAB)

 

Disisi lain Dr Arisman Adnan M.Sc Rektor UNIVRAB tidak bisa menyembunyikan rasa senangnya saat rapat koordinasi dilakukan. Dihadapan para Dekan, Ketua Prodi dan Kepala Bagian / Unit Pelayanan Terpadu (UPT) dilingkungan UNIVRAB. ”Pertemuan inilah yang dinantikan”, Arisman mengawali sambutan. Rektor bersilaturrahmi secara langsung dan dalam formasi pegawai dan jajaran pimpinan yang lengkap seluruhnya.

Setelah 5 bulan dilantik Rektor disibukkan dengan restruktrusasi Sumber Daya Manusia (SDM -red) sehingga belum bisa merealisasikan pertemuan tersebut dalam rapat koordinasi. Kedepan Rektor berencana akan menjadikan agenda rapat koordinasi ini diawal tahun sesuai dengan kalender pemerintah. Hal ini dilakukan agar kegiatan-kegiatan UNIVRAB bisa disinkronkan dengan agenda pemerintah, jika ada peluang kerjasama bisa disesuaikan, jelas Arisman.

Arisman lebih lanjut mengungkapkan UNIVRAB dan Yayasan Fajar akan merumuskan Rencana Pengembangan Jangka Panjang (RPJP) sampai tahun 2035 yang akan dibagi dalam periode. Dijelaskan secara umum oleh Rektor yang dimasa mudanya memiliki hobi basket bahwa periode I sedang merumuskan jargon yang tepat untuk disosialisakan. Secara umum Arisman berharap UNIVRAB bisa bertahan dalam menghadapi segala kemungkinan persaingan yang terus berkembang. UNIVRAB sebagai lembaga yang memiliki semangat mengusung peradaban Islam sehingga bisa diwujudkan dalam pilar ke 4 da’wah Islamiah. Menciptakan suasana akademik yang kondusif, efektif dikampus UNIVRAB. Serta UNIVRAB memiliki program yang relevan sesuai dengan perkembangan zaman.

Sebelum membuka rapat koordinasi secara resmi Arisman mengajak seluruh pimpinan untuk selalu berkerjasama dan terus menjaga semangat kerja untuk memperbaiki kekurangan yang ada. Rektorat perlahan terus berusaha memberikan perbaikan disegala bagian. Memberikan pelayan yang membuat nyaman dosen, karyawan dan mahasiswa, jelas Arisman. 

Mengawali rapat koordinasi, Wakil Rektor I UNIVRAB M Saeri M.Hum memberikan arahan kepada seluruh peserta agar besungguh-sungguh dalam melakukan sesuatu pekerjaan, karena kesungguhan akan membuahkan hasil, ucap Saeri mengawali sambutan.

Lebih lanjut Dosen Hubungan Internasional tersebut mengungkapkan bahwa mencerdaskan anak-anak bangsa melalui lembaga UNIVRAB merupakan bentuk dari amal sholeh, Saeri memberikan nasehat. Wakil rektor I yang membidangi akademis dan kemahasiswaan ini memiliki 4 target bidang akademis dan 2 target bidang kemahasiswaan untuk satu tahun kedepan. Dibidang akademis, Saeri berencana akan membenahi dan mengarsipkan data karena data menjadi hal penting, tegas Saeri. Pembuatan peraturan akademik dan konektifitas penelitian, pengabdian serta yang terakhir kualitas dari penelitian yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa UNIVRAB.

Dalam bidang kemahasiswaan, Saeri menginginkan pengaktifan kelembagaan kemahasiswaan. Saeri mencermati masih rendahnya partisipasi mahasiswa dalam melakukan kegiatan keorganisaian dilingkungan kampus sehingga pengaktifan kelembagaan mahasiswa menjadi hal yang diprioritaskan. Untuk lebih mendukung pengenalan UNIVRAB dimasyarakat maka mahasiswa akan diikutkan dalam kegiatan-kegiatan tingkat lokal, nasional dan internasional, jelas dosen pengampu mata kuliah pemikiran politik timur ini sembari menutup sambutan.

Bidang keuangan dan administrasi dibawah gawean Wakil Rektor II Liza Trisnawati ST M.Kom selaku mengungkapkan fokus perncanaan dalam melakukan tata kelola SDM. Pengembangan pendidikan bagi studi lanjut bagi para karyawan dan dosen akan diefektifkan untuk memberikan kesempatan mendapatkan ilmu yang lebih dan peningkatan kualitan SDM dari segi pendidikan, ujar ibu yang murah seyum ini. Lebih lanjut alumni magister UPI Padang ini mengungkapkan dilakukan rekrutmen dosen baru bagi prodi yang memiliki perbandingan rasio mahasiswa yang belum sesuai dengan ketentuan dan guna meningkatkan kemampuan SDM maka audit terhadap kenerja karyawan dan dosen akan dilakukan, tegas Liza menutup presentasi.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari tersebut dibagi dalam bentuk dua sesi. Sesi pertama setiap kepala Bagian/UPT, Dekan dan ketua Prodi menyampaian SWOT dihadapan Rektor, Wakil Rektor dan seluruh peserta yang hadir. Sesi kedua para peserta akan memberikan ide dan gagasan untuk perbaikan setiap program yang dicanangkan oleh setiap bidang.***(Ken - HUMAS UNIVRAB)

Berita Lainnya
30 Desember 2015 17:50:56 WIB

FKIK UNIVRAB Akan Selenggarakan FKIK Mengabdi di Kampar

UNIVRAB - Warga Kampar khususnyadi Desa Sungai Putih Kecamatan Tapung

13 Desember 2016 09:00:00 WIB

UNIVRAB Tandatangani Nota Kesepahaman Dengan KUIM Malaysia

UNIVRAB - Sabtu (10/12) pukul 14.00 bertempat di Aula Rektorat

25 April 2016 10:11:04 WIB

Instruktur Aikido UNIVRAB Lulus Ujian Internasional Aikido

UNIVRAB -Torehan prestasi tengah didulang oleh UKM Beladiri Aikido UNIVRAB.