Mahasiswa UNIVRAB Hibur dan Beri Bantuan Penghuni Panti Asuhan


Ditulis oleh Hizra Marisa, pada : 12 Mei 2016 20:58:24 WIB


UNIVRAB - Tawa anak-anak panti Asuhan Al Ilham yang berlokasi di Jalan Unggas Simpang Tiga pecah disaat para mahasiswa UNIVRAB menyambangi mereka pada Jumat (06/05) yang lalu.

Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini merupakan rangkaian kegiatan setelah diterimanya dana hibah Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) KOPERTIS 2016 oleh Sesria Nasution, Julia Nelti, Sri Depi, Eva Riani dan Arifin Al Aziz. 

Tawa ceria adik-adik panti itu semakin merekah saat para mahasiswa mengajak mereka senam Indonesia sehat dan sarapan bubur. Tidak sampai disitu, selain menghibur, para penghuni panti yang sederhana tersebut diberikan penyuluhan kesehatan tentang pola hidup bersih dan sehat, pemeriksaan kesehatan hingga pengobatan. Acara juga diisi dengan konseling Psikologi.

"Selain menghibur, kami juga menyerahan bantuan berupa peralatan mandi per orang, rak untuk meletakkan sabun mandi, timbangan dan alat ukur tinggi badan, memberikan sembako (sembilan bahan pokok -red) hingga makan siang bersama" ucap Rini Lestari, selaku dosen pembimbing para mahasiswa yang melaksanakan PKM tersebut disela-sela kegiatan.

Panti asuhan Al Ilham berdiri sejak tahun awal tahun 2014, yang didirikan oleh Ibu Badinar. Rini juga menambahkan bahwa harus ada pihak eksternal yang concern terhadap masalah kesehatan disana (panti -red). Jumlah anak di panti asuhan tersebut berjumlah 60 orang. Penghuni panti terdiri dari anak laki-laki dan perempuan, usia paling kecil 3 tahun dan usia paling besar 15 tahun. Kondisi panti asuhan Al Ilham masih sangat memprihatinkan dan sangat membutuhkan bantuan dari donatur. Permasalahan yang sering terjadi di panti asuhan adalah permasalahan kesehatan dan psikologis. Penyakit yang sering timbul diantaranya penyakit kulit seperti kudis, panu, kurap. Inilah concern kita di UNIVRAB, tempat mahasiswa FKIK bisa menyalurkan ilmu yang sudah didapat demi kemaslahatan masyarakat, ungkap Rini.

Pada saat adik-adik panti menunggu antrian pemeriksaan kesehatan, mereka disuguhi tontonan film kartun islami, yang dibimbing oleh para kakak mahasiswa.

Sesuai dengan judul proposal ketika pengajuan dana hibah PKM yakni "Menabur Cinta di Panti Asuhan Al Ilham", para penghuni panti pada hari itu sungguh merasakan taburan cinta dari kakak-kakak mahasiswa.***(Hizra-HUMAS UNIVRAB)

Berita Lainnya
14 Maret 2017 15:18:45 WIB

Kunjungan dan Kuliah Umum Dr. Syahrul Aminullah

UNIVRAB. Rabu (08/03), Universtas Abdurrab mendapat kunjungan dari Kasubdib Penjaminan

12 Februari 2016 14:06:12 WIB

Sertijab Prodi Ilmu Komunikasi: Wujudkan IK yang Aktif

UNIVRAB - Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIPOL)

25 Agustus 2016 14:12:07 WIB

Aikido Dojo UNIVRAB Laksanakan Demonstrasi di Pesantren Hingga Mal

UNIVRAB - Pada Rabu (24/08) yang lalu,Aikido Dojo UNIVRAB melaksanakan