Delegasi HI UNIVRAB Raih Best Paper di PSNMHII Ke 28

Rabu, 17 Mei 2016 – KEN

UNIVRAB – Raihan prestasi tengah didulang oleh Program Studi (Prodi) Hubungan Internasional (HI) Universitas Abdurrab pada tahun ini. Betapa tidak, Prodi HI UNIVRAB yang telah terakreditasi B tersebut baru kali pertama mengikuti dan mengirim delegasi pada Pertemuan Sela Nasional Mahasiswa Hubungan Internasional se-Indonesia (PSNMHII) ke 28 yang diadakan di Riau dan mendapat prestasi yang membanggakan. 

Muhammad Zainal Arifin, mahasiswa HI UNIVRAB semester 4 yang dipercaya untuk menjadi salah satu perwakilan dari UNIVRAB di PSNMHII ke-28 mendapat Best Paper of Non-Traditional Security. Hal tersebut diumumkan pada Closing Ceremony (acara penutupan -red) PSNMHII ke-28 di Hotel Premiere Pekanbaru pada Jumat (13/05). Mengusung “Tidak Efektifnya Rezim AATHP (Agreement on Transboundary Haze Pollution -red) dalam Penanggulangan Kabut Asap di Indonesia Tahun 2015″, Arif begitu mahasiswa HI tersebut dipanggil, berhasil mengalahkan 9 paper lainnya dari UGM, UII, Universitas Moestopo Beragama, Universitas Binus, Universitas Lampung, Universitas Kristen Satya Wicana, Universitas Brawijaya, Universitas Pelita Harapan dan Universitas Al Azhar.

PSNMHII merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh para Mahasiswa HI se-Indonesia. Kegiatan yang tahun ini diselenggerakan di Pekanbaru berlangsung selama 4 hari, dimulai dari tanggal 9 hingga 13 Mei 2016. Dihadiri oleh 200 orang mahasiswa HI dari seluruh Indonesia, PSNMHII menghadirkan Panel Discussion, Paper Presentations, Social Project hingga agenda City Tour ke Kabupaten Siak.

Khusus dalam Paper Presentation dilaksanakan dalam 2 Chamber yakni Chamber 1 tentang Politik Keamanan dan Chamber 2 tentang Ekonomi. Arif dari HI UNIVRAB maju mempresentasikan papernya pada hari kedua pelaksanaan acara di Pustaka Wilayah Pekanbaru. Hadir sebagai juri yakni Cifebrima Suyastri M.A alumni HI UGM dan Alfajri M.I.A alumni Australia. Keduanya merupakan dosen sekaligus praktisi HI di Riau.

Paper dari Delegasi HI UNIVRAB bagus sekali. Level analisa yang digunakan itu sebenarnya level pelajaran mahasiswa S2. Arif juga fasih menjawab pertanyaan-pertanyaan juri dan memang pantas menjadi yang terbaik”, ucap Cifebrima yang ditemui disela kegiatannya. Cifebrima juga menambahkan apresiasi atas raihan HI UNIVRAB yang dianggapnya telah mampu bersaing bahkan mengalahkan para delegasi dari universitas pulau Jawa yang selama ini dikenal jago dalam pertandingan paper.

Ditempat terpisah, Sekretaris Prodi (Sekprodi) HI UNIVRAB Harri Fajri M.A yang ditemui di Gedung FISIPOL UNIVRAB menyatakan kebahagiaan atas keberhasilan Arif yang membawa harum nama UNIVRAB dipertandingan skala Nasional.

“Semoga prestasi Arif dapat mendorong mahasiswa HI UNIVRAB, bahwa secara keilmuwan, HI UNIVRAB tidak kalah dengan universitas besar lainnya. Ini saatnya mahasiswa HI UNIVRAB mulai ikut bersuara dalam wacana-wacana hubungan Internasional,” ucap pria alumni HI UGM tersebut menjelaskan.

HI Bertabur Prestasi

Prodi HI UNIVRAB tahun ini memberikan kontribusi nyata pada acara PSNMHII ke-28 tahun ini, selain mengirimkan delegasi pertama dan mendapatkan prestasi, Prodi HI UNIVRAB juga mengirimkan 5 mahasiswa HI sebagai LO (Liaison Officer -red) yang bertugas menemani dan mengawal para delegasi HI dari seluruh Indonesia. Selain itu, para dosen HI UNIVRAB yakni M Saeri M.Hum dipercaya sebagai pembicara dan Ketua Prodi (Kaprodi) HI UNIVRAB Hizra Marisa M.Si sebagai moderator pada acara Panel Discussion PSNMHII dihari kedua, dimana dihari tersebut membahas tentang ASEAN Way dan menghadirkan pembicara dari LIPI serta Deputi Kemenlu ASEAN.

Prodi HI UNIVRAB tercatat memiliki para pengajar yang merupakan alumni dari universitas bergengsi dari Australia, Malaysia hingga universitas bergengsi dari tanah air, juga selalu aktif merayakan International Day of Peace (Hari Perdamaian Dunia -red) tiap 21 September, yang ditandai dengan diucapkannya rasa apresiasi dari perwakilan PBB melalui video untuk Prodi HI UNIVRAB pada beberapa waktu yang lalu.

“Dengan prestasi ini, kami semakin bersemangat untuk mengirim delegasi dalam acara Pertemuan Nasional Mahasiswa HI se-Indonesia yang akan dilaksanakan di Universitas Budi Luhur pada bulan November besok. Untuk saat ini, kami masih berstatus sebagai observer dalam Forum Komunikasi Mahasiswa HI se-Indonesia, semoga tahun depan sudah bisa menjadi anggota tetap sehingga bisa berkesempatan menjadi tuan rumah dan penyelenggara pertemuan dan kegiatan HI skala Nasional,” ucap Amri Hakim M.A, salah seorang dosen HI UNIVRAB menambahkan

LIKE & SHARE

Rektorat Universitas Abdurrab
Gedung Academia
Jl. Riau Ujung, No. 73 Pekanbaru 28292
Riau – Indonesia

© Bagian Humas & Kerma UNIVRAB 2018