Teknik Sipil Peduli lingkungan Mangrove

Senin, 17 Januari 2018 – KEN

UNIVRAB. Pagi begitu cerah Rabu (17/01) puluhan mahasiswa Teknik Sipil UNIVRAB berkumpul di depan gedung rektorat. Mengenakan almamater berwarna merah bata. Satu persatu dari mahasiswa naik ke dua bus pariwisata yang telah disiapkan. Setelah mahasiswa naik,  bus pun bergerak menuju Desa Rawa Mekar Jaya Kecamatan Sungai Apit Kabupaten Siak Sri Indrapura. Kedatangan mahasiswa kedesa nomor 3 terjauh di Siak itu adalah untuk menanam pohon mangrove.

Tidak hanya mahasiswa yang hadir, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada masyarakat (LPPM) UNIVRAB Roni Salambue, MSi, Humas UNIVRAB, Tim Promosi dan Admisi UNIVRAB, Dekan Fakultas Teknik Rahmat Thisnawan, MT, Dosen-Dosen di Prodi Teknik Sipil,  beberapa guru dan puluhan siswa di sekolah menengah di Kota Siak juga ikut berpartisipasi (SMAN 1 Siak, SMA N 2 Siak, SMKN 1 Siak dan SMKN 1 Menpura, red) dalam acara menjelang sore itu. 

Kegiatan mengusung tema One mangrove for Thousand Life  itu dibuka oleh Camat Kecamatan Sungai Apit yang diwakilkan pada Sekretaris camat Bapak Syafruddin. Saya sangat mengapresiasi kegiatan hari ini, Sekretaris camat mengawali pembicaraan. Kepedulian program studi Teknik Sipil UNIVRAB bersama dengan beberapa SMA di Siak terhadap lingkungan Mangrove merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat. Ini kegiatan yang mengedukasi generasi muda dalam menanamkan kecintaaan terhadap lingkungan, tegas Syafruddin. Sekcam Berharap kegiatan ini agar terus berlanjutan agar bisa memberikan manfaat yang lebih bagi masyarakat luas, tutur Syafruddin. 

Sebelum melakukan penanaman peserta yang hadir disuguhi dengan informasi tentang dasar pemikiran digagasnya kawasan hutan Mangrove di desa Rawa Mekar Jaya oleh Sutiono ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwir). Perkembangan hutan Mangrove dari tahun ketahun hingga menjadi tempat wisata yang dikunjungi dari berbagai kalangan. Ada yang melakukan penelitian dalam pengembangan keilmuan, para mahasiswa yang melakukan pengabdian dan tempat wisata, Sationo menjelaskan tujuan orang yang datang. 

Husni Mubarok, MSc Ketua Prodi Teknik Sipil UNIVRAB menjelaskan penanaman mangrove harus digalakkan mengingat penebangan pohon serta kebakan hutan sering terjadi di daerah Riau, ucap Husni mengawali pembicaraan. Penanaman bakau merupakan salah satu cara dalam melestarikan Flora dan Fauna di hutan mangrove. Keberadaan mangrove akan mencengah terjadinya abrasi, Jelas Husni. Lebih lanjut bapak satu anak ini menjelaskan kegiatan hari ini merupakan pengabdian pada masyarakat dalam mewujudkan visi dan misi prodi Teknik Sipil yang peduli dengan lingkungan. Pogram Studi Teknik Sipil akan berusaha berpartispasi dalam pengembangan mangrove di desa Rawa Mekar Jaya dengan berkolaborasi dengan program studi yang ada di UNIVRAB serta pihak lainya, Jelas Husni. Ahirnya Husni berharap kegiatan hari ini bisa memberikan manfaat bagi generasi muda tentang pentingnya menjaga lingkungan serta bisa mengangkat perekonomian masyarakat sekitarnya, tutup Husni.

Senada dengan Husni, Roni Salambue, M.Si Ketua LPPM menuturkan. Kawasan Mangrove desa Rawa Mekar Jaya menjadi peluang bagi program studi yang ada di UNIVRAB dalam menjalankan Tri Darma Perguruan Tinggi. Program Studi teknik Sipil bisa melakukan arsitektur, jalan. Teknik Informatika bisa membuat website. Program Ilmu Komunikasi bisa dalam bidang pengembangan radio komuniktas yang ada di kawasan mangrove. Ilmu Pemerintahan tetang perda yang bisa untuk mendukung pengambangan wisata Mangrove desa Rawa Mekar Jaya, Roni mencontohkan beberpa kegiatan pengambdian yang bisa dilakukan.

LIKE & SHARE

BERITA TERKAIT LAINNYA

Rektorat Universitas Abdurrab
Gedung Academia
Jl. Riau Ujung, No. 73 Pekanbaru 28292
Riau – Indonesia

© Bagian Humas & Kerma UNIVRAB 2018