Dekan Fisipol UNIVRAB Hadiri Diskusi Lintas Negara

Rabu, 18 April 2018 - KEN

UNIVRAB. Bertempat di Pusat Studi Bencana Universitas Riau, Rabu (18/04) berkumpul beberapa paneliti dari berbagai universitas lintas negara. Ada Universitas Abdurrab, National University of Singapore, University of Malaya, Chulalongkorn University, University of Ottawa Canada dan Universitas Riau serta Transboundary Enviromental Commons in Southeast Asia (TECSEA).
Berkumpulnya peneliti dari berbagai institusi tersebut untuk melakukan diskusi ilmiah dengan tema pembangunan berkelanjutan khususnya menyikapi isu-isu dan tantangan bersama dalam pembangunan suatu negara dan lintas wilayah regional ASEAN. Prof. David Taylor peneliti utama dari TECSEA, memfokuskan pada tantagan dari pembangunan berkelanjutan.

Dalam paparannya prof David banyak menyampaikan contoh kabijakan pembangunan tanpa harus mengorbankan lingkungan.
Dr. Helena Varrkey Pakar pembangunan berkelanjutan dari jurusan Ilmu Hubungan Internasional dan studi Strategis University Of Malaya. Fokus pembahasan pembangunan berkelanjutan pada tingkat regional ASEAN terkait tatakelola lahan gambut dan kebakaran hutan dilahan gambut. Peneleti dari University of Singapore dan TECSEA Dr. Michele berbicara pada presfektif kebijakan dan politik, dilanjutkan Dr. Rini Astuti Reasearc follow di TECSEA serta mahasiswa kandidat doktor di National Unibersity of Singapore Tan Zue Dienle.

Dr.Adhy Prayitni, MSc dari PSB Universitas Riau membahas kerja-kerja penelitian dan community building bidang gambut dan restorasi gambut di berbagai kabupaten kota di Provinsi Riau, terutama di Kabupaten Meranti. Berbeda dengan Dr. Adhy Prayitni, MSc, Dr.Ahmadi yang menyampaikan suka duka dalam melakukan kerja dan penelitian lapangan dalam rangka mitigasi bencana. Sedangkan Dr. Sabrina menyampaikan komentar-komentar hangat terkait topik yang dibahas dan memberikan pertanyaan-pertanyaan pemantik diskusi.
Kemudian dilanjutkan dengan Dekan Fisipol Universitas Abdurrab Alfajri, S.IP., MIA menyampaikan hasil penelitiannya. Pria yang pernah menjabat sebagai Presiden Mahasiswa Universitas Riau ini mengangkat tema penelitian kebijakan Pemerintah Provinsi Riau dalam merealisasikan AATHP ASEAN 2015-2016. Alfajri memeberikan apresiasi atas diskusi yang telah ditaja. Menurut Alfajri semua akan terlaksana dengan sangat baik dan berkelanjutan apabila terjalin kerjasama dan kolaborasi yang mantap antara pemerintah, akademisi, bisnis,industri, komunitas,masyarakat dan media.

Rektorat Universitas Abdurrab
Gedung Academia
Jl. Riau Ujung, No. 73 Pekanbaru 28292
Riau - Indonesia

© Bagian Humas & Kerma UNIVRAB 2018