Persiapan Mahasiswa Memasuki Dunia Kerja


Ditulis oleh Hizra Marisa, pada : 24 Mei 2016 09:20:25 WIB


UNIVRAB – Di era Masyarakat Ekonomi ASEAN ini, tiap kita akan dihadapkan pada persaingan skill, merebut pasar dan menciptakan peluang. Jika tak mampu, akan tergerus waktu.

Hal inilah yang menginspirasi para mahasiswa program studi Psikologi mengadakan seminar manajemen sumber daya manusia. Acara yang sepenuhnya diadakan oleh mahasiswa semester VI ini mengambil tema “Persiapan Memasuki Dunia Kerja” tersebut dilaksanakan pada Sabtu (21/05) di Student Center gedung Tarikh bin Ziyad.

Menghadirkan Rahmad SE selaku HRD PT Indofood, Sri Rahayu yang merupakan mahasiswi Psikologi dan bekerja dibidang Pendidikan serta Arif Ariyanto, mahasiswa yang juga telah berpengalaman di bidang Kesehatan.

Acara dibuka oleh sambutan dari Tri Rahayuningsih MA selaku dosen pembimbing mata kuliah Psikologi Manajemen SDM, yang menjadi cikal bakal dilaksanakannya acara tahunan ini.

Ditemui disela kegiatan, Nining, begitu dosen perempuan tersebut dipanggil menjelaskan bahwa melalui seminar ini, mahasiswa yang akan lulus mendapat pengetahuan tentang cara mempersiapkan surat lamaran, membuat CV (Curriculum Vitae) yang bagus walaupun masih fresh graduate (baru tamat–red).

“Dengan seminar ini, kami berharap para mahasiswa menjadi paham kompetensi dan cara kerja dibidang kesehatan, juga untuk yang ingin berbisnis, sehingga tahu kiat-kiat sukses berbisnisnya” ucap Nining.

Hal senada juga disampaikan oleh HRD PT Indofood yang juga didaulat menjadi pembicara. Lelaki yang telah belasan tahun berpengalaman bekerja di Indofood tersebut menyampaikan rasa apresiasi dan membuka pintu bagi mahasiswa UNIVRAB yang ingin berkunjung ke perusahaannya.

“Ini kali pertama saya kesini dan sangat apresiasi. Saya disini ingin berbagi pengalaman dengan adik-adik, bahwa bekerja itu bukan hanya tentang nilai IPK yang tinggi namun dedikasi dan sikap diri yang selalu mau belajar. Kedepan, kami membuka pintu bagi mahasiswa UNIVRAB yang mau berkunjung, gantian main ke tempat kami” ucap Rahmad sambil tersenyum.

Dalam seminar berdurasi dua jam tersebut, para mahasiswa yang menjadi peserta mendapat pengalaman selain dari kuliah di kelas, sebelum terjun ke dunia HRD. Mahasiswa juga belajar membuat acara dan kerja sama.

Nining menambahkan bahwa ini merupakan acara mandiri mahasiswa, dari segi dana dan kepanitiaan.

“Alhamdulillah dari pengalaman mahasiswa sebelumnya mereka jadi punya softskill untuk di dunia kerja nantinya. Seperti ada beberapa mahasiswa kita (Psikologi –red) yang telah bekerja di instansi pemerintah hingga perusahaan besar seperti Indofood.” Ucap Nining optimis.***(Hizra-HUMAS UNIVRAB)

Berita Lainnya
10 Juni 2016 12:28:56 WIB

BMT Islam Abdurrab Resmi Dibuka, Sahabat Keuangan Berkah

UNIVRAB -Baitul Maal wa Tamwil (BMT) merupakan lembaga keuangan dengan

02 Februari 2016 13:34:37 WIB

Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun 2016

Universitas Abdurrab sudah membuka jadwa PENERIMAAN MAHASISWA BARU (PMB) GELOMBANG PENDAFTARAN SELEKSI PENGUMUMAN REGISTRASI I 15

21 September 2016 11:15:00 WIB

MoU UNIVRAB dengan RSUD Kecamatan Mandau Bengkalis

UNIVRAB -Jumat (16/09) ruang rapat Rektorat. UNIVRAB kedatangan tamu dr