Rektor UNIVRAB Beri Sambutan Pada Pelatihan Pelaksana Lapangan Yang Ditaja PU Provinsi Riau dan BPKW


Ditulis oleh Hizra Marisa, pada : 22 Juli 2016 13:05:00 WIB


UNIVRAB - Hotel Ratu Mayang Garden jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru, Senin (25/07). Balai Pembinaan Kontruksi wilayah (BPKW) I Banda Aceh dan dinas Pekerjaan Umum (PU) Propinsi Riau bekerjasama dengan Lembaga Pengembangan Jasa Kontruksi (LPJK) Propinsi Riau mengadakan Pelatihan Pelaksana Lapangan Pekerjaan Jalan, Pelatihan Pelaksana Lapangan Pekerjaan Jembatan dan Pelatihan Pelaksana Lapangan Pekerjaan Gedung.

Acara yang belangsung hingga satu minggu kedepan itu, diikuti 90 peserta yang berasal dari  kalangan mahasiswa berbagai universitas yang ada di Pekanbaru, seperti Universitas Abdurrab, Universitas Lancang Kuning, Universitas Riau dan Universitas Islam Riau. Tidak hanya dari kalangan mahasiswa pengusaha bidang konstruksi dan Asosiasi konstruksi juga menjadi bagian dari peserta.

BPKW I Banda Aceh mecermati Kemajuan dan perkembangan dunia kontruksi yang terus mengalami kemajuan sehingga membuat suatu pekerjaan harus dilaksanakan secara profesional. Keberhasilan dari perkerjaan konstruksi terlihat dari kepuasan konsumen terhadap hasil jasa yang diberikan oleh tenaga kerja. Sehingga setiap pekerjaan harus dilakukan oleh ahlinya maka timbul tuntutan konstruksi untuk dilakukan pengetatan.

Mencermati hal itu maka dibutuhkan tenaga kerja yang memenuhi syarat dan standar, sehingga ketika pekerja kontruksi mengerjakan suatu pekerjaan konstruksi tahu dan memahami apa yang akan dikerjakan. Dan  pekerjaan yang dihasilkan akan sesuai. Ini menjadi salah satu tujuan pelatihan yang ditaja BPKW I Banda Aceh.

Setelah mengikuti ujian yang diberikan panitia maka bagi peserta yang dinyatakan lulus akan mendapatkan lisensi dengan diberikan sertifikat dan sertifikat tersebut telah diakui se-negara Asia Tenggara.

Dekan Fakultas Teknik UNIVRAB Rahmat Tisnawan MT, Ketua Prodi Teknik Sipil UNIVRAB Husni Mubarok MSc dan Dosen Teknik Sipil UNIVRAB memenuhi undangan penitia pelaksana pelatihan.

Rektor UNIVRAB DR Arisman Adnan MSc yang turut hadir dalam acara pembukaan pelatihan mendapat kehormatan untuk menyampaikan sambutan. Dalam penyampaiannya Rektor memberikan gambaran tentang pentingnya sertifikat lisensi dalam dunia konstruksi. Suatu perkerjaan  jika dilakukan dengan ilmu yang didapat secara otodidak atau setengah-setengah, maka hasilnya akan kurang memuaskan. Tetapi jika setiap pekerjaan itu dilakukan dengan ilmu maka hasil yang akan didapatkan memuaskan, tutur Arisman.

Arisman teringat saat kuliah di Kansas State University di Amerika Serikat  saat  laptopnya rusak dan datang ke toko laptop untuk memperbaiki laptop tersebut  tetapi teknisi yang ahli dibidang itu sedang tidak ada. Orang di toko itu tidak mau mengerjakan karena dia takut jika nanti tidak memberikan kepuasan pada konsumen, itu yeng terjadi di negara maju, Arisman bercerita.

Lebih lanjut pria yang mempunyai fokus bidang statistik ini berharap dinas PU Prropisi Riau bisa melakukan kegiatan keilmuan di UNIVRAB.

"UNIVRAB sedang berbenah dan mengembangkan dalam mendukung pengembangan dunia industri", tutur Arisman.

Senada dengan Arisman Ir Al Fiandri IAI perwakilan LPSK Propinsi Riau menuturkan masyarakat Riau sudah memikirkan perberdayaan terhadap masyarakat lokal dalam bidang konstruksi ini. Sehingga tidak banyak lagi pekerja-pekerja dari luar propinsi Riau hal ini akan meningkatkan perekonomian masyarakat Riau, tutur Al Fiandri.  Dan pelatihan ini menjadi penting dalam mengembangkan keilmuan dan pengalaman pekerja konstruksi, apalagi menjadapatkan sertifikat yang telah diakui se negara Asia Tenggara, itu akan mendukung peserta dalam  mendapatkan pekerjaan, jelas Al Fiandri.

Berbeda dengan Al  Fiandri, Yunan Naris ST MT berharap kepada seluruh peserta agar memanfaatkan waktu dan kesempatan yang ada dengan sebaik-baiknya sehingga selesai pelatihan memang betul-betul bisa memahami dunia konstruksi dengan baik.

Ditemui ditempat yang berbeda Husni Mubarak MSc Ketua Program Studi Teknik Sipil UNIVRAB bersyukur beberapa mahasiswa Teknik Sipil UNIVRAB bisa mengikuti pelatihan yang dilaksankan BPKW I Banda Aceh ini. Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi peserta khususnya bagi mahasiswa yang akan mengahadapi dunia kerja dibidang konstruksi, ujar Husni.

Husni berharap kegiatan ini bisa dimaksimalkan oleh mahasiswa khususnya sehingga setelah acara ini ilmu yang didapatkan bisa bermanfaat. Husni menuturkan mahasiswa harus berjuang dengan sungguh-sungguh sehingga bisa lebih unggul dan bersaing dengan universitas lainnya baik di tingkat nasional maupun di tingkat regional, Husni menutup pembicaraan.***(Ken-HUMAS UNIVRAB)    

Berita Lainnya
22 Februari 2016 08:31:49 WIB

UNIVRAB Wacanakan STAR Approach

UNIVRAB - Ruang Yayasan Fajar di kampus UNIVRAB pada Sabtu

07 Juni 2016 12:04:30 WIB

Cara UNIVRAB Menjaga Kekayaan Budaya Melayu

UNIVRAB -Suasana berbeda terlihat di ruang rapat rektorat UNIVRAB, Jumrsquo;at

22 Januari 2016 13:55:21 WIB

Fakultas Teknik UNIVRAB Beri Pelatihan AutoCAD di SMK 1 Mempura

UNIVRAB - 200 orang siswaSMK 1 Mempura Kabupaten Siak berkumpul