Pelatihan Pembimbingan Desk Evaluasi Borang Akreditasi


Ditulis oleh Hizra Marisa, pada : 24 Agustus 2016 12:50:01 WIB


UNIVRAB - Gedung Thariq Bin Ziyad pusat student center, Rabu (24/08). Dosen struktural program studi (prodi) dilingkungan UNIVRAB berkumpul di ruangan lantai I itu. Kedatangan pengelola prodi ini untuk mengikuti pelatihan Pendampingan Desk Evaluasi Borang Akreditasi yang ditaja oleh Lembaga pengembangan Pendidikan Penjaminan Mutu (LP3M) UNIVRAB.

"Pelatihan ini diadakan untuk lebih memantapkan persiapan prodi dalam mempersiapkan borang akreditasi sebelum dikirim ke Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT)", Sri Kartini MPd ketua LP3M UNIVRAB menjelaskan tujuan dari pelaksanaaan kegiatan.

Wanita yang mengajar di Program Studi Anafarma UNIVRAB ini berharap melalui kegiatan ini dosen pengelola prodi dapat lebih memamahami kekuatan dan kelemahan prodi, sehingga prodi bisa menilai prodi yang dipimpin sudah layak atau belum mendapat nilai minimal B jika di visitasi. Kegiatan ini dirancang dengan tidak formal pembicara kita (LP3M, red) minta untuk langsung membedah setiap standar yang dibuat oleh prodi, maka bertanya dengan sepuasnya tentang kendala yang ditemukan, ujar Sri.

 

 

Suasana acara pendampingan evaluasi borang (foto: Humas) 

 

 

Acara ini mengundang Asesor BAN PT Dr Ir Joko Samiaji MSc sebagai pendamping. Pria kelahiran Boyolali yang di 30 September nanti genap berusia 51 tahun menjelaskan tahap demi tahap dengan bersahabat. Dosen Ilmu Kelautan Universitas Riau ini, mengawali materi pendampingan dengan memberikan motivasi pada dosen.

Tak jarang pecah tawa peserta saat pria yang menyelesaikan program doktornya tahun 2001 menjelasankan borang prodi dengan gaya humoris. Dengan sabar pria yang beralamat di jalan Tapah Pekanbaru  membimbing kekurangan dan memberikan arahan perbaikan borang yang ditulis prodi. Tak ajarang pria yang menjadi asesor BAN PT semenjak tahun 2008 memberikan tips untuk menulis borang yang baik dan mudah dipahami oleh asesor.

Akreditasi ini penting, akredtasi bukan saja perlu bagi institusi tapi juga bagian dari keyamanan para dosen dalam mengajar mahasiswa, jelas pria yang memiliki jabatan fungsional lektor ini menjelaskan pentingnya akreditasi dalam dunia pendidikan

Pelatihan yang berlangsung selama dua hari itu dibuka Wakil Rektor I UNIVRAB Dr (cand) M Saeri M.Hum. Dosen Hubungan Internasional ini menekankan pada dosen yang hadir tentang pentingnya mendapatkan akreditasi nilai B.

"Akreditasi sangat penting dalam meningkatkan mutu pendidikan", tegas Saeri. Akreditasi prodi telah dijadikan pertimbangan bagi siswa dalam memilih program studi yang akan mereka ambil, Saeri menjelaskan lebih lanjut. Perlu kerja keras dan usaha dalam meningkatkan prodi meningkatkan akreditasinya.

Saeri memberikan motivasi kepada peserta, "Hidup ini tidak ada maknanya, kalau kita hidup tidak total dan tidak ikhlas". Saeri berharap agar peserta yang ikut tidak menyia-nyiakan kesempatan dalam pelatihan ini. Silahkan pahami dan dapatkan dengan baik ilmu tentang akreditasi dalam pelatihan ini guna peningkatan mutu dari prodi dan institusi UNIVRAB, harap Saeri. Akhir sambutan Saeri mengucapkan selamat mengikuti pelatihan.***(Ken-HUMAS UNIVRAB) 

Berita Lainnya
17 Mei 2016 20:08:12 WIB

Delegasi HI UNIVRAB Raih Best Paper di PSNMHII Ke 28

UNIVRAB - Raihan prestasi tengah didulang oleh Program Studi (Prodi)

13 Januari 2016 15:06:45 WIB

Gerakan Sholat Berjamaah dan Kawasan Tanpa Rokok (KTR) UNIVRAB

UNIVRAB Spirit dan semangat Islam yang ada didalam Universitas Abdurrab

02 Mei 2016 11:39:16 WIB

UNIVRAB Siap Menjadi Trigger Pusat Kajian Halal di Riau

UNIVRAB -Jumlah populasi muslim dunia yang diperkirakan akan mencapai 2,2