Ditlantas Polda Riau Taja Seminar Keselamatan Berlalu Lintas di Kampus UNIVRAB


Ditulis oleh Hizra Marisa, pada : 12 Oktober 2016 14:04:42 WIB


UNIVRAB - 350 orang mahasiswa dan civitas UNIVRAB memenuhi ruang Serba Guna Gedung Tarikh Bin Ziyad (TBZ) Universitas Abdurrab pada Rabu (12/10). Tampak beberapa Polisi dan Polwan sibuk melayani peserta yang hadir. "Seminar Keselamatan Berlalu Lintas" nama acaranya. Acara yang ditaja oleh Ditlantas Polda Riau tersebut bekerjasama dengan UNIVRAB, dimulai dari pukul 08.00 pagi. Tidak hanya dihadiri oleh para Ditlantas dan UNIVRAB namun juga oleh Dinas Perhubungan dan DLLAJ Provinsi Riau.

Selagi para peserta mendaftarkan diri di Ruang Serba Guna TBZ, Wakil Dirlantas Polda Riau Iwan Sonjaya beserta jajaran Ditlantas Polda Riau lainnya melaksanakan Coffee Morning di Ruang Rapat UNIVRAB. Disambut langsung oleh Rektor Universitas Abdurrab Dr Arisman Adnan M.Sc dan Bagian Humas UNIVRAB. Dalam sambutannya, Rektor mengapresiasi dengan antusias atas dilaksanakannya acara Seminar tersebut.

"Kami dari UNIVRAB sangat apresiasi dengan kehadiran Bapak Ibu semua dari Ditlantas Polda Riau, semoga acara sosialisasi seperti ini akan berkelanjutan, guna mengedukasi para mahasiswa dan civitas agar lebih waspada dan menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas" ucap Rektor yang diaminkan para jajaran Ditlantas yang hadir.

Kedepan, ucap Rektor, diharapkan terjalin kerjasama yang terwadah dalam MoU dan MoA antara pihak Kepolisian RI dengan UNIVRAB.

Setelah diskusi setengah jam, para jajaran Ditlantas dan UNIVRAB menuju ruang acara. Para peserta telah ramai dan penuh dengan peserta yang antusias.

Setelah sambutan dari Wadirlantas Polda Riau yakni Iwan Sonjaya, Rektor UNIVRAB memberikan sambutan sekaligus membuka acara secara resmi. Kedua belah pihak juga saling bertukar plakat. Acara pembukaan diakhiri dengan berfoto bersama antara Wadirlantas Polda Riau dengan Rektor UNIVRAB beserta jajaran masing-masing dengan mengacungkan jari telunjuk sebagai simbol "Pelopor Keselamatan No 1".

 

 

Rektor UNIVRAB mendampingi Wadirlantas Polda Riau, tengah menuju ruang acara

(foto: Humas Univrab)

 

Bertabur Pembicara dan Hadiah

 

Acara seminar diisi dengan pembicara yang bervariatif, yakni dosen dan praktisi jalan raya yakni Prof Dr Ir H Sugeng Wiyono M.M.T I.P.U yang menjelaskan materi bidang transportasi, kemudian ada Onki Hertawan Ams LLAJ SE dari Dinas Perhubungan Provinsi Riau yang memberikan materi bidang sarana dan prasarana jalan, dari bidang kesehatan hadir dr Kristina Agustini Wiraputri Sp Em yang merupakan dokter di RS Eka Hospital dan pembicara terakhir yakni dari Ditlantas Polda Riau yaitu Kompol Zulanda S.IK, yang dalam pemaparannya menyorot tentang bidang Lalu Lintas. Dimoderatori oleh Kabag Humas UNIVRAB yakni Hizra Marisa S.IP M.Si acara berlangsung selama dua jam.

Beberapa fakta tentang lalu lintas dan permasalahannya dipaparkan dalam seminar ini. Dari aspek jalan raya, Prof Sugeng menyampaikan bahwa selain aspek human error, kecelakaan lalu lintas sering diakibatkan oleh faktor teknis seperti marka jalan yang tidak ada hingga faktor jalan yang tak layak pakai.

Peserta semakin antusias ketika Kompol Zulanda menyampaikan materi tentang Lalu Lintas. Disertai dengan video beberapa kasus kecelakaan, mahasiswa yang hadir tampak bergidik melihat akibat dari kelalaian berlalu lintas.

"Kenapa tilang itu warnanya pink? Karna pink berarti cinta. Itu tanda cinta kami kepada pemakai jalan agar lebih hati-hati, karena ketika kita menggunakan jalan, bentuk kita menjaga diri ya dengan melengkapi kelengkapan berlalu lintas, agar tidak merugikan orang lain apalagi sampai mengorbankan nyawa orang lain karna kelalaian kita" ucap Kompol yang kini Kasi STNK tersebut dihadapan para peserta.

Pertanyaan demi pertanyaan banyak diajukan oleh peserta yang hadir, bahkan Moderator harus membatasi dikarenakan masalah waktu yang telah habis. Disela-sela acara, Nurhayati, salah satu Polwan Ditlantas Polda Riau menghibur peserta yang hadir dengan mengajak para peserta bernyanyi. "Agar tak mengantuk" ucap wanita yang humoris dan ramah tersebut.

Diakhir acara, Ditlantas Polda Riau, DLLAJ Provinsi Riau dan RS Eka Hospital memberikan berbagai doorprize kepada peserta yang hadir, selain memberikan pertanyaan kuis, doorprize juga disediakan dibawah kursi peserta. Suasana heboh tercipta ketika peserta bersorak ketika menerima kupon hadiah dibawah kursinya.

Acara yang berakhir pukul 13.00 WIB tersebut ditutup dengan penyerahan hadiah, cendera hati dari Ditlantas Polda Riau kepada Pembicara dan Moderator Seminar serta berfoto bersama antara Manajemen UNIVRAB, peserta dan jajaran Ditlantas Polda Riau.***(Hizra-HUMAS UNIVRAB)

 

Berita Lainnya
06 November 2016 09:05:00 WIB

Penuh Haru, Pelepasan Alumni XII, Pengukuhan HIMABID dan IKABID UNIVRAB

UNIVRAB - Puluhan wanitayang merupakan alumni dan mahasiswa aktif Program

21 April 2016 16:06:14 WIB

Pekan Tes Kesehatan Gratis

UNIVRAB -Sore itu, Selasa (19/04) jam menunjukkan pukul 16.00 WIB.

07 April 2016 18:45:07 WIB

Pangkalan Data Harus Update dan Akurat

UNIVRAB -Ruang student center Gedung Thariq Bin Ziyad lantai I