Dari Kuliah Umum Hingga Kerjasama Dengan Perwakilan NMT Institute Amerika


Ditulis oleh Hizra Marisa, pada : 18 Oktober 2016 15:20:00 WIB


UNIVRAB - Jalinan kerjasama Universitas Abdurrab (UNIVRAB) kini merambah skala internasional. Hal ini ditandai dengan ditandatanganinya Memorandum of Understanding (MoU) dan Memorandum of Action (MoA) antara Prodi Fisioterapi dan Pusat Pengembangan Karir (P2K) dengan perwakilan NMT (NeuroMuscular Taping) Institute America yang ada di Indonesia dan ASEAN yakni PT Sertipro Global Indonesia (SGI), pada Selasa (18/10).

Bertempat di Rektorat UNIVRAB, acara yang dilaksanakan pada pukul 15.00 WIB tersebut merupakan salah satu dari rangkaian acara yang ditaja Prodi Fisioterapi UNIVRAB. Menghadirkan David Blow, pendiri yang sekaligus Direktur NMT Institute yakni David Blow sebagai saksi. David juga memberikan Kuliah Umum dihadapan para mahasiswa Fisioterapi UNIVRAB pada hari yang sama di jam 08.00 hingga 16.00 WIB. Bertempat di Ruang Serba Guna gedung Tarikh Bin Ziyadh, para mahasiswa Fisioterapi dengan khusyuk mendengarkan tiap penjelasan yang disampaikan oleh David tentang konsep NMT dan teknik memotong tape yang tergantung kasus dan tujuan terapi.

David menjelaskan juga tentang teknik NMT yang dapat menghilangkan kongesti cairan tubuh, meningkatkan sirkulasi darah, mengurangi inflamasi, mengurangi kontraksi otot, mengurangi nyeri otot, meningkatkan koordinasi kontraksi, elastisitas serta meningkatkan stabilitas persendian, meningkatkan koordinasi neuromuscular selama masa perawatan dan rehabilitasi. Hal tersebut langsung dipraktekkan oleh pria asal Australia yang menetap di Italia tersebut.

 

Penandatanganan MoU dan MoA

Tepat di jam 15.00 WIB, David beserta rombongan, dimana salah satunya adalah Sunardi Sukowardi, Direktur PT SGI beserta Kaprodi, Sekprodi dan para dosen FISIOTERAPI berkumpul di ruang rapat UNIVRAB. Disambut langsung oleh Wakil Rektor III Dr (cand) M Saeri M.Hum, dr Feriandri Utomo M.Biomed selaku Dekan FKIK, Alfajri M.I.A selaku Kepala Bagian Perencanaan dan Direktur P2K Dimas Pradhasumitra M M.Sc, acara dilanjutkan dengan bincang-bincang antara David, PT SGI dengan UNIVRAB terkait penandatanganan MoU dan MoA yang telah disiapkan oleh Bagian Humas & kerjasama UNIVRAB.

Dalam sambutannya, WR III menyampaikan rasa apresiasi dan terima kasih atas kedatangan David Blow dan PT SGI ke Pekanbaru khususnya ke UNIVRAB. Selain memberikan ilmu, juga kesamaan visi tersebut diluahkan dalam bentuk kerjasama yang lebih konkrit.

Dalam salah satu butir kerjasamanya, Prodi Fisioterapi dan PT SGI menyetujui untuk mengadakan program pelatihan 36 jam pelatihan konsep tentang NeuroMuscular Taping ConceptPractitioner Basic (NMTC-PB) dan bisa dikombinasi dengan program penugasan, studi kasus dan program sukarelawan dengan didampingi Dosen/Fisioterapis selama 14 jam. Hal ini sangat penting untuk mengupgrade kemampuan para civitas Fisioterapi UNIVRAB tentang teknik NMT.

Kerjasama kedua dilaksanakan antara P2K UNIVRAB dengan PT SGI, dimana salah satu butir kerjasamanya adalah P2K menjadi penaja utama untuk acara pelatihan NMT Concept dan NMT Proffesional Basic di Indonesia, mengadakan program pengembangan kompetensi Fisioterapi dalam lingkup Rumah Sakit, Klinik dan sarana kesehatan lainnya.

Disaksikan oleh WR III dan David Blow, acara penadatanganan berjalan lancar. Ditandatangani oleh Dekan FKIK dan Direktur P2K UNIVRAB sebagai pihak pertama dan PT SGI sebagai pihak kedua, acara diakhiri dengan pemberian cenderahati dari manajemen UNIVRAB yang diwakilkan oleh WR III teruntuk Direktur PT SGI dan David Blow serta foto bersama antara para hadirin yang menyaksikan penandatanganan MoU dan MoA.***(Hizra-HUMAS UNIVRAB)

Berita Lainnya
08 April 2016 14:27:22 WIB

UNIVRAB Lakukan MoU dengan RSUD Kota Dumai

UNIVRAB - Puluhan mahasiswaKOAS dari Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan

25 Agustus 2016 14:12:07 WIB

Aikido Dojo UNIVRAB Laksanakan Demonstrasi di Pesantren Hingga Mal

UNIVRAB - Pada Rabu (24/08) yang lalu,Aikido Dojo UNIVRAB melaksanakan

09 Agustus 2016 14:00:00 WIB

Mahasiswa UNIVRAB Terpilih Sebagai Duta Bahasa Provinsi Riau 2016

UNIVRAB -Daniel Hulu, mahasiswa Program Studi (Prodi) Ilmu Pemerintahan Universitas