KM IP UNIVRAB Tuan Rumah Pelantikan FOKKERMAPI Wilayah Sumatera


Ditulis oleh Hizra Marisa, pada : 27 Oktober 2016 09:30:55 WIB


UNIVRAB - Ruang Auditorium UNIVRAB lantai IV, Rabu (26/10). Perwakilan mahasiswa Ilmu Pemerintahan dari berbagai jurusan ilmu Pemerintahan yang ada di Wilayah Sumatera berkumpul dalam acara Pelantikan, Rapat Kerja Dewan Pimpinan Wilayah dan Pimpinan Daerah Forum Komunikasi dan Kerjasama Mahasiswa Ilmu Pemerintahan Se-Indonesia (FOKKERMAPI) Sumatera 2016.

Arif Rahman mahasiswa IP UNIVRAB selaku Ketua Panitia pelaksana menuturkan pelantikan hari ini menjadi langkah awal melakukan tindakan nyata dengan langsung memberikan kontribusi bagi kemajuan bangsa ini kedepan melalui FOKKERMAPI, tegas Arif Rahman. Lanjut Arif menjelaskan Kita memiliki tanggung jawab sebagai mahasiswa dalam membangun bangsa ini, kalau bukan mahasiswa siapa lagi. Forum ini merupakan sarana dalam mewujudkan karya dalam bidang akademik dengan tidak melupakan nilai-nilai religius yang kita miliki tutur Arif.

Ketua Keluarga Mahasiswa Ilmu Pemerintahan (KM IP) Abdurrab, Afriadi dalam sambutannya diawal dengan ucapan terimakasih kepada seluruh mahasiswa ilmu pemerintahan wilayah Sumatera telah memberikan kepercayaan kepada KM IP UNIVRAB sebagai tuan rumah dalam acara forum komunikasi ini. Semoga kita bisa melaksanakan kegiatan ini dengan baik, menghasilkan kerangka kagiatan yang terarah sehingga bisa memberikan peran dalam pembangunan bangsa ini, tutur Afriadi. Usai sambutan dari tuan rumah dilaksanakan pelantikan pengurus dewan pimpinan wilayah FOKKEMAPI wilayah Sumatera dan dewan pimpinan daerah FOKERMAPI tingkat I dan II.

Sambutan dari ketua DPP FOKKERMAPI Pusat diwakili oleh Sekjen FOKKERMAPI Khotibyani. Mengawali dengan tujuan pendirian FOKKERMAPI secara umum adalah berkontribusi nyata untuk bangsa dan negara. Sebagai seorang mahasiswa menjadi agent of change. Memberikan kontrol terhadap pembangunan yang dilakukan pemerintah baik ditingkat pusat maupun daerah. Selamat kepada pengurus yang telah dilantik dan semoga bisa menjalankan anamah dengan baik karena akan diminta pertanggung jawabannya, tutur pria dari Tengkerang ini.  

Dekan  Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) UNIVRAB Alfajri S.IP MIA hadir mewakili Rektor UNIVRAB. Alfajri menjelaskan perbedaan peran yang dilakukan mahasiswa ilmu pemerintahan sebelum reformasi dan setelah reformasi.

"Keberadaan mahasiswa ilmu pemerintahan sebelum reformasi dan setelah reformasi berbeda", tegas Fajri.

Lebih lanjut fajri menjelaskan peran yang diemban ketika menjadi mahasiswa. Menjadi mahasiswa harus memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi masyarakat dan bangsa. Menjadi mahasiswa harus menjadi yang kritis, kreatif dan inovatif. Ketika mahasiswa kritis maka dia bisa menganalisa mana yang baik dan yang tidak baik. Persoalan bangsa ini tidak bisa diselesaikan satu orang. Keberadaan FOKKERMAPI diwilayah dan daerah semoga bisa memberikan jawaban terhadap Persoalan yang dihadapi. Semenjak otonomi hubungan pusat dengan daerah memiliki dinamika yang beragam maka yang tahu tentang masalah daerah itu adalah orang didaerah itu sendiri, Fajri menjelaskan.

Alumni Hubungan Internasional Universitas Riau ini berharapan bahwa orang-orang yang mengisi pembangunan dan posisi penting di Indonesia kedepan ini adalah orang-orang yang ada di ruangan ini, tegas Fajri. Maka optimalisasikan pemikiran dalam memberikan kontribusi kepada pembangunan bangsa ini, lanjut Fajri memberikan semangat sambil menutup sambutan.

Selain pelantikan kepengurusan dilanjutkan dengan dialog menghadirkan H Ayat Cahyadi SSi, Wakil Wali Kota Pekanbaru. Dialog bersama pemerintah daerah ini mengusung tema penguatan kapabilitas Ilmu Pemerintahan dalam berkontribusi nyata terhadap pemerintah daerah. Dalam orasi ilmiahnya Ayat Cahyadi menyampaikan potensi dan masalah yang ada di kota Pekanbaru sehingga dituangkan dalam sebuah visi dan strategi dalam pencapaian pembangunan kota Pekanbaru kedepan untuk mewujudkan kota Pekanbaru sebagai kota metropolitan madani.

Usai orasi ilmiah dilanjutkan dengan dialog antara mahasiswa dengan wakil walikota Pekanbaru kemudian ditutup dengan penyerahan cendramata dan foto bersama.***(Ken-HUMAS UNIVRAB)

Berita Lainnya
09 Juni 2016 19:19:15 WIB

Jangan Menjadi Mahasiswa Kupu-kupu

UNIVRAB -Ruang Auditorium UNIVRAB Sabtu (04/06). Ruangan lantai 4 gedung

19 Januari 2017 10:00:00 WIB

Jadilah Dokter Yang Memberi Manfaat bagi Masyarakat

UNIVRAB -Kamis (19/01), ruangan pusat student center gedung Thariq Bin

06 Januari 2016 15:07:09 WIB

Tenaga Administrasi UNIVRAB Tingkatkan Kemampuan Melalui Pelatihan SIA

UNIVRAB - Rabu, (06/01) bertempat di Laboratorium Komputer Gedung Academia