Konvensi AIHII VII Bahas Tentang Kemaritiman Dalam Perspektif HI


Ditulis oleh Hizra Marisa, pada : 23 November 2016 10:10:00 WIB


UNIVRAB - Asosiasi Ilmu Hubungan Internasional Indonesia (AIHII) melaksanakan Konvensi ke 7 yang diselenggarakan di Makassar, Sulawesi Selatan. Acara tahunan bagi orang-orang Hubungan Internasional (HI) tersebut diadakan dari tanggal 22 hingga 25 November 2016. Universitas Hasanuddin (UNHAS) menjadi tuan rumah untuk tahun ini.

Dalam acara Seminar Nasional yang merupakan rangkaian acara Konvensi AIHII yang diselenggarakan di hari Selasa (22/11), mengambil tema tentang Benua Maritim Indonesia Dalam Perspektif Hubungan Internasional, bertempat di gedung IPTEK UNHAS, jalan Perintis Kemerdekaan, Makassar. Para pembicara membahas mengenai posisi Indonesia sebagai benua maritim dunia di depan dosen dan guru besar HI dari 48 universitas se-Indonesia, yang diantaranya dihadiri langsung oleh Harri Fajri S.IP M.A selaku Sekretaris Program Studi (Sekprodi) HI UNIVRAB dan Amry Hakim S.IP M.A yang merupakan dosen tetap HI UNIVRAB.

Amry Hakim bahkan berkesempatan memaparkan hasil penelitiannya dihadapan puluhan dosen dan guru besar HI se-Indonesia. Dengan judul penelitian Perbandingan konsep kekuasaan dan model sistem politik internasional antara perspektif realis dengan Islam, studi integrasi Islam dengan Ilmu Hubungan Internasional.

Menurut Harri yang menghadiri acara tersebut, dihari pertama, acara diisi oleh sambutan oleh Ketua Departemen HI UNHAS yakni H Darwis M.A Ph.D yang menekankan tujuan AIHII adalah untuk membicarakan hal-hal yang penting dalam perkembangan HI. Dilanjutkan sambutan oleh Prof Tirta Mursitama S.Sos M.M Ph.D selaku Ketua Umum PP AIHII, dilanjutkan dengan pembukaan secara resmi oleh Dekan FISIP UNHAS yakni Prof Dr Andi Alimuddin Unde M.Si.

Masih dihari pertama, acara dilanjutkan dengan Sidang Pleno I, Sidang Komisi, Temu Organisasi AIHII dengan 3 komisi paralel dan diakhiri dengan Sidang Pleno II mengenai pembahasan hasil sidang komisi.

Dihari kedua, acara lebih spesifik membicarakan tentang tema acara yakni mengenai Kemaritiman. Dr H Adi Suryadi B M.A selaku moderator acara, pembicara pertama diisi oleh Prof Yanyan Mochamad Yani MAIR Ph.D, lelaki yang juga Guru Besar HI FISIP Universitas Padjajaran tersebut dalam penjelasannya mengibaratkan Indonesia sebagai gadis cantik yang menjadi rebutan negara-negara maju seperti Amerika Serikat dan Cina, serta diincar dan dieksploitasi pula oleh negara-negara tetangga di ASEAN.

Sedangkan pembicara kedua yakni Abdul Rivai Ras yang merupakan Pendiri Universitas Pertahanan Nasional tersebut menjelaskan bahwa posisi Indonesia hari ini baru sebatas negara kepulauan, belum sampai pada level negara maritim.‎ Di seluruh dunia hanya ada lima negara kepulauan, yakni Filipina, Fiji, Bahama, Papua Nugini, termasuk Indonesia, ucapnya.

 

AIHII dan Prodi HI UNIVRAB

Harri Fajri melihat pertemuan ini penting bagi Prodi HI UNIVRAB, ini semakin menguatkan dan menegaskan bahwa UNIVRAB khususnya Prodi HI untuk berperan aktif dalam organisasi HI Nasional tersebut. Ditandai dengan masuknya Prodi HI sebagai anggota, termasuk didalamnya para dosen dan tim pengajar HI UNIVRAB.

"Dalam AIHII, ada 3 sidang komisi yakni organisasi, akademik dan kerjasama. Dalam komisi tersebut lah hal-hal penting tentang organisasi diputuskan. Untuk itu ada baiknya juga terdapat kebijakan internal terkait hal tersebut. Sehingga kepentingan HI UNIVRAB dapat selalu terakomodir dalam setiap kebijakan AIHII," ucap Harri.

Dekan FISIPOL UNIVRAB, Alfajri S.IP MIA yang juga salah satu dosen HI UNIVRAB menyatakan dukungan penuh atas peran serta HI UNIVRAB dalam Konvensi AIHII VII. Alfajri menghimbau kepada Sekprodi yang tengah berada disana untuk dapat mengupayakan dan menindaklanjuti segala hal tentang AIHII.

Hal senada juga diharapkan oleh Kaprodi HI UNIVRAB, Hizra Marisa S.IP M.Si, ia berharap ditahun depan agar bisa mengirimkan lebih banyak utusan dari HI UNIVRAB dan dengan masuknya HI UNIVRAB sebagai anggota, tentu saja memberikan nilai positif bukan hanya dari segi akademik namun juga organisasi dan terlebih dalam bidang kerjasama. karena UNIVRAB tengah bergeliat dalam bidang kerjasama, ucap Hizra menambahkan.

Acara AIHII masih berlangsung, direncanakan dihari ketiga atau hari terakhir akan dilangsungkan laporan oleh Ketua Panitia, sekaligus rekomendasi Konvensi AIHII Nasional VII.***(Hizra-HUMAS UNIVRAB) 

Berita Lainnya
03 Desember 2016 10:10:00 WIB

Prodi Keperawatan UNIVRAB Taja Kuliah Umum Bertajuk Bantuan Dasar Hidup

UNIVRAB -Sabtu pagi (03/12) pukul 09.00 WIB. Ns Agus Salim

16 Agustus 2016 15:38:09 WIB

Yudisium dan Pengangkatan Sumpah Prodi DIII Kebidanan UNIVRAB

UNIVRAB -Jam menunjukan pukul 09.50. WIB, suara Selli Juwita SST

01 Februari 2016 14:02:19 WIB

RRI Berkejasama dengan Univrab adakan Dialog Kebangsaan

UNIVRAB_ Gemuruh tepuk tangan peserta terdengar, saat Amran Syarifudin membuka acara.