Prodi HI UNIVRAB Melaksanakan Seminar Cara Mendapatkan Beasiswa Ke Luar Negeri


Ditulis oleh Hizra Marisa, pada : 03 Desember 2016 13:00:00 WIB


UNIVRAB - Program Studi (Prodi) Hubungan Internasional (HI) UNIVRAB melaksanakan Seminar tentang "How to Get Scholarship Abroad" pada Sabtu (03/12) di lantai 4 gedung serba guna Medicina UNIVRAB. Acara yang dimulai pada pukul 09.00 WIB tersebut dibuka langsung dan dihadiri oleh Wakil Rektor I Dr (Cand) M Saeri M.Hum, Dekan FISIPOL Alfajri M.I.A, Hizra Marisa M.Si selaku Ketua Prodi (Kaprodi) HI, Harri Fajri M.A selaku Sekretaris Prodi (Sekprodi) HI, Kaprodi IP Zamhasari M.A, para dosen dan puluhan mahasiswa HI dan prodi di lingkungan UNIVRAB.

Menghadirkan dua pembicara yakni Dr Afrianto S.Pd M.Ed dan Andhik Beni Saputra M.A, acara seminar dimulai dengan sambutan oleh Kaprodi HI. Dalam sambutannya, Hizra menganalogikan orang yang belajar hingga ke luar negeri ibarat orang yang telah membaca seluruh buku, sedangkan orang yang tidak pernah kemana-kemana ibarat hanya baru membaca judul sebuah buku saja.

"Ada nilai plus bagi yang merantau dan belajar di luar negeri. Bukan berarti di dalam negeri tidak bagus, hanya saja pola fikir dan pergaulan akan semakin luas. Di seminar ini akan dibahas tata cara mendapatkan beasiswa ke luar negeri, kami berharap para mahasiswa tidak berpuas diri dengan ilmu S1, tapi dilanjutkan ke strata yang lebih tinggi. Pada akhirnya think globally, act locally. Dengan kuliah dimana saja, hingga ke Luar Negeri, tetaplah berfikir luas namun bertindak nyata dan kelokalan. Kuliah di luar, kembali membangun negeri sendiri dengan ilmu yang didapatkan," ucap Hizra dalam pidato sambutannya.

Hal senada disampaikan Dekan dan Wakil Rektor I UNIVRAB dalam sambutan berikutnya. Saeri bahkan berharap agar semua mahasiswa HI UNIVRAB pada khususnya dapat benar-benar menyiapkan diri dalam meraih beasiswa ke luar negeri.

Sebelum acara seminar dimulai, acara diisi terlebih dahulu dengan pelantikan kepengurusan United Students of International Relations, sebuah organisasi kemahasiswaan mahasiswa HI UNIVRAB. Dalam periode 2016-2017 ini terpilih Muhammad Ega Pratama sebagai Presidennya dan Yusda Istigfarini sebagai Wakil Presiden.

Acara sumpah pengangkatan juga dilaksanakan, dibaca oleh WR I dan diikuti oleh Presiden, Wapres dan jajaran Menteri United Students of International Relations. 

Setelah pelantikan, Dr Anto, begitu Afrianto biasa dipanggil, menjelaskan tentang bagaimana meraih beasiswa ke Australia, mengingat Master dan Doktoralnya diambil disana dan diraih melalui beasiswa.

"Niat, kerja keras, kerja cerdas, usaha dan ditutup doa, itu kunci utamanya", ucap pria yang juga seorang praktisi pendidikan dan dosen di FKIK Bahasa Inggris Universitas Riau tersebut menjelaskan.

Pembicara selanjutnya, Andhik Beni Saputra M.A memaparkan pengalaman dan kiat memperoleh beasiswa ke India, melalui Indian Council for Cultural Relations (ICCR). Pria kelahiran 1989 tersebut menyebutkan bahwa persepsi orang tentang India selama ini kurang tepat. Suasana belajar di India sengat nyaman dan biaya hidup disana murah dan terjangkau.

Acara yang dimoderatori oleh Kaprodi HI UNIVRAB tersebut juga diisi acara tanya jawab dan diakhiri dengan pemotongan tumpeng oleh Hizra sebagai simbol rasa bahagia atas pelantikan pengurus United Students of International Relations sekaligus suksesnya acara seminar sehari yang dilaksanakan oleh Prodi HI UNIVRAB.***(Hizra-HUMAS UNIVRAB)

 

Galeri Foto:

(Dokumentasi HUMAS UNIVRAB)

 

Dekan FISIPOL dan Kaprodi HI berfoto bersama dengan para pengurus United Students of International Relations

yang baru dilantik

 

 

Andhik Beni Saputra - Afrianto dan Hizra Marisa 

 

 

Pemotongan tumpeng oleh Kaprodi HI dan disaksikan oleh Kaprodi IP dan Andhik Beni Saputra

Berita Lainnya
25 Februari 2017 14:08:16 WIB

Rihlah Fisipol UNIVRAB

UNIVRAB. Sabtu (25/02) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIPOL)

30 Desember 2016 09:00:00 WIB

Seminar Hasil Penelitian dan Pengabdian UNIVRAB di Penghujung Tahun 2016

UNIVRAB -Ruang Auditorium Kamis (29/12). Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

11 Agustus 2016 13:05:00 WIB

Hadapi Daya Saing di Era MEA, UNIVRAB Bekali Sertifikasi Profesi bagi Civitas dan Lulusan

UNIVRAB -Perguruan Tinggi memiliki kewajiban untuk menciptakan lulusan yang berkompeten