Tampilkan Visualisasi Puisi, Gurindam dan Aktraksi Aikido, UNIVRAB Pukau Penonton HAKI 2016


Ditulis oleh Hizra Marisa, pada : 10 Desember 2016 09:00:00 WIB


UNIVRAB - Waktu menunjukkan pukul 22.00 WIB, ratusan pasang mata masih semangat menonton pertunjukan demi pertunjukan yang ada di panggung utama Hari Anti Korupsi Internasional (HAKI) 2016 yang dilangsungkan di Pekanbaru dari tanggal 8 hingga 10 Desember 2016. Bertempat di Gedung Daerah atau Kediaman Gubernur Riau jalan Diponegoro, bukan hanya ada expo yang menampilkan 80 stand dari berbagai daerah se-Indonesia namun juga tiap pengisi stand diberi kesempatan untuk menampilkan seni dan budaya dari daerah atau instansinya.

Hal ini pula yang didapatkan oleh UNIVRAB. Sebagai salah satu pengisi stand HAKI dan menjadi salah satu Universitas yang diberi kesempatan berperan aktif dalam kegiatan tiap tahun tersebut, UNIVRAB tidak menyiakan kesempatan yang diberikan.

Melalui Pusat Studi Budaya Melayu (PSBM) UNIVRAB dibawah kordinasi dan pimpinan Rusli Zainal, acara pentas seni dan budaya dari UNIVRAB dikemas dengan apik. Jumat malam (09/12) para mahasiswa UNIVRAB dijadwalkan mendapatkan jadwal pentas pada pukul 20.30 WIB, namun karena terlambatnya para peserta lainnya, sehingga jadwal menjadi molor ke pukul 22.00 WIB.

Meskipun mendapat kesempatan tampil lebih lama dari jadwal seharusnya, namun hal tersebut tidak menyurutkan semangat mahasiswa yang akan tampil. UNIVRAB menampilkan tarian melayu yang dibawakan oleh mahasiswa yang hampir semuanya lelaki dengan 1 orang mahasiswi yang memegang tepak, dilanjutkan dengan penampilan aktraksi Aikido oleh sensei Qodri, decak kagum penonton sangat terasa malam itu, melihat sensei Aikido Internasional kepunyaan UNIVRAB tersebut memperagakan berbagai jurus  Aikido dihadapan masyarakat yang menonton.

Belum surut dari kemeriahan Aikido, aksi seni selanjutnya dilanjutkan dengan pembacaan gurindam 12 yang dibawakan oleh mahasiswi Psikologi, lengkingan suara mendayu mahasiswi semeseter 1 tersebut memukau penonton, kemudian disambung dengan visualisasi puisi oleh mahasiswa KMA (Keluarga Mahasiswa Abdurrab), dalam penampilannya, belasan mahasiswa dan mahasiswi tersebut menampilkan tentang betapa berbahayanya rezim yang korupsi, tampak adegan rakyat yang tersiksa dalam kemiskinan dan tertindas oleh pemimpin yang zalim dan korup, adegan diakhiri dengan lagu Anti Korupsi yang dibawakan secara akustik oleh Hendri Dwi J dan Sri Manila, keduanya merupakan mahasiswa dari Program Studi Hubungan Internasional UNIVRAB. Lagu ciptaan Hendri tersebut memberikan sindiran bagi koruptor dan situasi bangsa saat ini. Menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, Hendri dan Sri Manila tampil nasionalis dengan ikat kepala Merah Putih dan baju serba hitam.

"Alhamdulillah penampilan kita tadi sukses dan lancar, meskipun acara diundur tetapi masyarakat yang menonton masih sabar menunggu hingga penampilan kita berakhir," ucap Qodri yang ditemui diakhir acara pertunjukan seni.

Selain stand dan pertunjukan seni, UNIVRAB juga melaksanakan seminar anti korupsi yang menghadirkan narasumber dari KPK RI ke kampus UNIVRAB.***(Hizra-HUMAS UNIVRAB)

 

Galeri Foto:

(Dokumentasi HUMAS UNIVRAB)

 

Penampilan Visualisasi Puisi oleh Sanggar KMA UNIVRAB

 

 

Gurindam 12 oleh mahasiswi Psikologi UNIVRAB

 

Berita Lainnya
02 Februari 2016 11:04:40 WIB

SERTIJAB KETUA PRODI TEKNIK INFORMATIKA DAN TEKNIK SIPIL

UNIVRAB_Ruang Leadership lantai I gendung Philosopia Universitas Abdurrab (30/01). Puluhan

07 Maret 2016 15:30:36 WIB

Sosialisasi Penyusunan LTA Mahasiswa DIII Kebidanan UNIVRAB

UNIVRAB -Ruang Rapat Depan Pustaka UNIVRAB (07/03). Pukul 10.45 WIB,

12 April 2016 14:41:42 WIB

Persiapkan eJournal, UNIVRAB Laksanakan Pelatihan OJS

UNIVRAB -Mulai tahun 2016, salah satu syarat untuk menjadi jurnal