Keperawatan UNIVRAB Laksanakan PKL, Beri Trauma Healing Pasca Gempa di Pidie Jaya Aceh


Ditulis oleh Hizra Marisa, pada : 17 Januari 2017 08:00:00 WIB


UNIVRAB - Jum’at (13/01) Pondok Pesantren Muda Mesra Pidie Jaya Aceh kedatangan tamu dari mahasiswa keperawatan UNIVRAB. Mahasiswa Keperawatan yang sedang melaksanakan Paktek kerja Lapangan (PKL) di daerah pasca gempa. Mahasiswa mengusung kegiatan Trauma Healing bagi para santri. 

Trauma healing menjadi salah satu bentuk kegiatan tanggap pasca bencana. Kegiatan ini dilakukan untuk membantu anak-anak yang terauma atau syok dan tertekan akibat bencana yang menimpa. Trauma Healing salah satu model kegiatan untuk mengurangi dan menghilangkan trauma efek dari kejadian gempa secara psikologis. Beberapa manfaat dari kegiatan ini adalah menghilangkan bebas fikiran, menghilangkan rasa ketakutan dalam diri dan membangkitkan kembali semangat para korban untuk melanjut aktifitas sehari-hari. Bentuk kegiatannya berupa permainan ringan dan aktifitas kelompok, Eko Prasetio ketua rombongan mahasiswa PKL keperawatan UNIVRAB di Pidie Jaya Aceh menjelaskan Terauma Healing. 

Trauma Healing menjadi salah satu agenda dalam Praktek Kerja Lapangan (PKL) mahasiswa keperawatan di daerah yang baru mengalami musibah gempa diahir tahun 2016 lalu ini. Trauma healing dimulai setelah sholat Jum’at dengan terpisan antara perempuan dan laki. Saat kagiatan berlangsung, Pidie Jaya Aceh kembali diguncang gempa dengan kekuatan 5.4 BMKG. Kepanikan mahasiswa dan masyarakat terlihat. Dan tidak menimbulkan korban, tutur Eko Prasetio saat dikonfirmasi.   

“Peserta sangat antusias,” tutur Eko dan bersama teman-teman saya sangat senang bisa membantu semampu untuk mengurangi rasa terauma korban, lanjut Eko. Apresiasi diberikan Ustad Salim Humas Pondok Pesantren Muda Mesra. Terima Kasih atas kegiatan yang telah dilakukan, ucap Ustad Salim. Semoga memberikan manfaat dan mahasiswa keperawatan serta pimpinan UNIVRAB selalu dalam Ridho Allah SWT, lanjut Ustad Salim sambil mengucapkan doa.

Sehari setalah di Pondok Pesantren Muda Mesra (14/01) 39 mahasiswa PKL UNIVRAB menuju desa Lhok Duk. Mengunakan Ambulan tim PKL UNIVRAB menempuh perjalanan selama 45 menit dari posko di Pantai Raja. Medan yang merat dan terjal tidak menyurutkan niat mahasiswa PKL untuk menuju desa paling terjauh itu.  Kegiatan Trauma Healing dipusatkan di Masjid desa Lhok Duk. Ada 50 anak-anak desa Lhok Duk yang mengikuti kegiatan yang dikemas dengan penuh keceriaan itu. Selain game motivasi dan kerja kelompok, anak-anak mendapatkan oleh-oleh makanan ringan dan madu dari mahasiswa PKL Keperawatan UNIVRAB. Kecerian terlihat diwajah-anak-anak yang baru saja diuji Allah SWT. Kedatangan mahasiswa PKL UNIVRAB ini dirasakan sangat memberikan manfaat karena jarang dikunjungi dan mendapatkan bantuan dalam bentuk terauma healing, ucap salah seorang tokoh masyarakat.***(Ken-HUMAS UNIVRAB)

Berita Lainnya
12 Mei 2016 20:58:24 WIB

Mahasiswa UNIVRAB Hibur dan Beri Bantuan Penghuni Panti Asuhan

UNIVRAB - Tawa anak-anak panti Asuhan Al Ilham yang berlokasi

22 Mei 2016 23:17:37 WIB

Tapung Menjadi Desa Percontohan dan Lokasi KKN Mahasiswa UNIVRAB Angkatan 9

UNIVRAB - Ratusan mahasiswa semester 6 dari FISIP, Fakultas Teknik

08 April 2016 14:27:22 WIB

UNIVRAB Lakukan MoU dengan RSUD Kota Dumai

UNIVRAB - Puluhan mahasiswaKOAS dari Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan