(+62) 761 387 62    [email protected]

DOSEN UNIVERSITAS ABDURRAB PELATIHAN TUTORIAL ONLINE DAN G SUITE

Selasa, 05 Mei 2020 | Dilihat 730 Kali

(Humas Univrab-Pekanbaru, 05/05/2020) Dosen universitas Abdurrab melaksanakan pelatihan tutorial online dengan Bapak Dimas Pradahasumitra, M.S.Pi.,M.Sc melalui aplikasi google meets. Pelatihan ini diikuti oleh seluruh dosen Universitas Abdurrab.

Bapak Dimas Pradahasumitra memulai sharing membuat bahan pembelajaran tutorial online  mengenalkan platform tutorial online. “Platform tuton ini dibagi menjadi dua yaitu Live Streaming dan Recording Class. Live Streaming memiliki kelebihan dan kekurangan begitu juga dengan Recording Class.  Checklist untuk aplikasi Live Streaming pada videonya menggunakan google meets dan zoom meeting dan untuk penugasan juga ada whatsAap, google classroom dan google drive. Sementara itu Checklist Recording Class untuk videonya menggunakan OBS studio dan power point office”, jelas beliau.

Video Recording sangat cocok digunakan untuk tutorial online. Basic Level Recording Class menggunakan video recordingnya power point office, video editingnya video editor windows dan untuk penugasan menggunakan google class room. Tiga aplikas ini sudah lebih dari cukup untuk membuat tutorial online dan bisa diupload di yutube,” Ujar pak Dimas yang merupakan dosen di FKIK Univrab.

“Pelatihan tutorial online ini diakhiri dengan materi cara menyimpan video pembelajaran dengan cara mensave terlebih dahulu power poinnya setelah itu baru di save as sebagai format video. Selanjutnya kita upload di youtube dengan cara klik buat, upload kemudian pilih file yang mau di upload kemudian open dan file itu akan terupload”, kata pak Dimas Pradahasumitra penuh semangat. (FC)


KOMENTAR