(+62) 761 387 62    humas@univrab.ac.id

Tingkatkan Efektifitas Sistem Pendidikan, Univrab Kembangkan Aplikasi E-Tracer Study

Selasa, 09 Juli 2019 | Dilihat 44 Kali

Menghadap era disrupsi 4.0, Universitas Abdurrab terus beradaptasi dan berakselerasi. Untuk menjamin efektifitas dan efisiensi sistem pendidikannya, Kamis 4 Juli 2019, Univrab gelar Sosialisasi dan Workshop Aplikasi Tracer Study. Bertempat di Theater Room Universitas Abdurrab, Workshop dihadiri oleh 24 orang yang ditugaskan sebagai operator yang telah ditunjuk oleh masing-masing Program Studi.  

Pengembang Aplikasi e-Tracer Study Univrab, Zul Indra, ST, M.Sc memberikan bimbingan teknis terkait pengisian data pada aplikasi tersebut. Beliau menyampaikan bahwa tanggung jawab operator program studi adalah untuk melacak keberadaan alumni masing-masing program studi selama 2 tahun terakhir. Operator juga bertanggung jawab untuk menjelaskan teknis pengisian e-tracer study tersebut kepada pihak alumni, sehingga para alumni memahami bagaimana menggunakan aplikasi tersebut.

Keberadaan alumni memiliki peran strategis di suatu perguruan tinggi. Dengan melakukan pelacakan atau tracer study berbasis aplikasi baru ini, diharapkan Univrab dapat melakukan evaluasi kualitas sistem pendidikan yang selama ini diterapkan dengan lebih efektif dan efisien.

Pada kesempatan yang sama, ibu Yasmaharani, SST., M.Kes., selaku Kepala Bagian Kemahasiswaan, Alumni dan P2K mengatakan bahwa tracer study memiliki peran strategis bagi suatu lembaga Pendidikan, terlebih lagi perguruan tinggi. Hal ini terkait bahwa salah satu indikator keberhasilan proses pendidikan sebuah perguruan tinggi adalah dengan melihat keberhasilan mahasiswa tersebut menjalankan perannya di tengah-tengah masyarakat. “Sesungguhnya perguruan tinggi memiliki peran yang sangat kompleks. Alumni merupakan indikator kompetensi, sehingga tidak terdapat jarak antara dunia Pendidikan tinggi dengan dunia kerja.” pungkasnya.

Setelah dilaksanakan sosialisasi dan workshop ini, maka secara resmi aplikasi e-tracer study ini diluncurkan dan dipergunakan oleh seluruh program studi yang ada di Universitas Abdurrab.


TAGS : Universitas  

KOMENTAR