(+62) 761 387 62    [email protected]

Universitas Abdurrab dan Universitas Baiturrahmah Sepakati

Rabu, 13 Februari 2019 | Dilihat 3566 Kali

Kamis (6/12) Universitas Abdurrab melakukan kunjungan ke Universitas Baiturrahmah Padang. Rombongan Universitas Abdurrab disambut oleh Bapak H. Amran St. Sidi Sulaiman selaku Pendiri dan Ketua Yayasan Pendidikan Baiturrahmah bersama istri Ibuk Hj. Maizarnis (Ibuk Je) dan para jajaran terdiri dari Rektor Universitas Baiturrahmah, Wakil Rektor 1 Universitas Baiturrahmah, Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah, dan lain-lain. Kunjungan dilakukan dalam rangka penandatangan Nota Kesepahaman Kerjasama (Memorandum of Understanding) dan Perjanjian Kerjasama (Memorandum of Agreement) di bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi. MoU ditandatangani oleh Prof. Dr. Ir. Musliar Karim, M.S. selaku Rektor Universitas Baiturrahmah dan Dr. Arisman Adnan, M.Sc selaku Rektor Universitas Abdurrab.

Universitas Baiturrahmah berada dibawah naungan Yayasan Pendidikan Baiturrahmah yang didirikan pada tahun 1994 sebagai wadah tiga sekolah tinggi yang telah didirikan sebelumnya, yaitu Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (1985), Sekolah Tinggi Kedokteran Gigi (1985) dan Sekolah Tinggi Kedokteran (1993), yang masing-masing kemudian berubah menjadi Fakultas Ekonomi, Fakultas Kedokteran Gigi dan Fakultas Kedokteran. Kemudian, pada tahun 1999 satu fakultas lagi dibuka pula, yaitu Fakultas Kesehatan Masyarakat. Semua program studi ini telah terakreditasi. Pada tahun 2005 dibuka Jurusan D.III Kebidanan, dan tahun 2006 Jurusan D.III Radiografi.

Universitas Abdurrab dan Universitas Baiturrahmah memiliki kedekatan yang sudah lama dijalin sejak Prof. Dr. Tabrani Rab mengembangkan Universitas Abdurrab khususnya Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan. Universitas Abdurrab dan Universitas Baiturrahmah sama-sama berkomitmen mengembangkan universitas bernuansa islami yang bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang terkemuka, profesional unggul dan berakhlak mulia. Kedekatan secara visi-misi dan kedekatan sejarah secara institusi ini kemudian menjadi pendorong kedua universitas untuk mewujudkan kerjasama strategis di bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Lebih spesifik, tujuan dari kerjasama Univrab dan Unbrah diantaranya adalah untuk memberikan kesempatan kepada para mahasiswa bersama staf akademik di lingkungan Universitas Abdurrab untuk mengembangkan kegaitan dalam bidang pendidikan dan penelitian pada sarana dan prasarana yang ada di Universitas Baiturrahmah. Di samping itu, kerjasama juga memberikan kesempatan kepada Universitas Baiturrahmah untuk melakukan penelitian dan magang di lingkungan Universitas Abdurrab. Kerjasama yang disepakati diharapkan dapat menjadi peluang dan kekuatan bagi kedua universitas dalam meningkatkan mutu sebagai institusi pendidikan tinggi khususnya di bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi.


TAGS :

KOMENTAR