(+62) 761 387 62    humas@univrab.ac.id

Univrab Adakan Pameran Poster dan Seminar Hasil Penelitian Hibah Kemenristek DIKTI 2018

Rabu, 13 Februari 2019 | Dilihat 171 Kali

Selasa (12/11) Univesitas Abdurrab mengadakan Seminar Hasil Penelitian Hibah Kemenristek DIKTI 2018 dan Pameran Poster Hasil Penelitian. Seminar Hasil Penelitian dilaksanakan di Gedung Filosofia Universitas Abdurrab sedangkan Pameran Poster Akademik diadakan di Gedung Academia Universitas Abdurrab. Acara ini merupakan diseminasi hasil penelitian dua puluh tiga dosen Universitas Abdurrab yang lolos Hibah Kemenristek DIKTI tahun 2018. Dari dua puluh tiga tersebut, dua puluh orang dosen lolos mekanisme PDP DIKTI, satu orang lolos PDD DIKTI, dan dua orang lolos hibah pengabdian masyarakat Kemenristek DIKTI. Dalam acara tersebut, juga turut serta salah seorang dosen dari STIKES John Paul, Pekanbaru yang juga lolos hibah penelitian Kemenristek DIKTI tahun 2018 mempresentasikan hasil penelitiannya. Acara seminar hasil penelitian menghadirkan Dr. Herman Taer, sebagai reviewer penelitian dari Kemenristek DIKTI dan Dr. Yessi Jusman, ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Univrab, sebagai moderator seminar hasil.

Kemeristek DIKTI setiap tahunnya memprogramkan Pengusulan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat dengan sejumlah mekanisme. Berdasarakan Undang-undang Guru dan Dosen (UU No. 14 tahun 2005) mengamanatkan bahwa dosen adalah pendidik professional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Dari kegiatan penelitian, dosen dapat menghasilkan luaran-luaran yang dapat dimanfaatkan untuk menunjang karir dosen dan kapasitas institusi/perguruan tinggi asal. Univesitas Abdurrab sejak tahun 2016 ikut berpartisipasi aktif mengikuti seleksi hibah penelitian dan pengabdian masyarakat Kemenristek DIKTI. Jumlah peserta yang lolos hibah Kemenristek DIKTI mengalami peningkatan sejak tahun 2016 sampai saat ini.

Dosen-dosen yang lolos hibah penelitian dan pengabdian masyarakat Kemenristek DIKTI diwajibkan mempublikasikan hasil penelitian dan pengabdian masyarakat baik melalui terbitan ilmiah berkala (jurnal), bahan ajar, seminar hasil penelitian, poster akademik, dan lain-lain. Dengan diadakannya acara ini, diharapkan dapat meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian dan pengabdian masyarakat Universitas Abdurrab. Hasil penelitian dan pengabdian masyarakat menjadi mudah untuk diakses oleh banyak pihak dan tentunya diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat luas.

Dr. Yessi Jusman selaku Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Abdurrab menjelaskan bahwa dosen penerima hibah penelitian nasional Kemenristek DIKTI meningkat cukup pesat dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Beliau jelaskan, “selain meningkatkan motivasi para dosen untuk meneliti, kita juga undang mahasiswa-mahasiswa penerima beasiswa Bidik Misi hadir dalam acara. Mereka adalah mahasiswa pilihan, dan kita berharap mereka termotivasi juga untuk melakukan penelitian di tingkat mahasiswa dengan mengikuti mekanisme-mekanisme seperti PKM, LKTI, dll”. “Dengan mengenal dan mengetahui dosen-dosennya yang melakukan penelitian, kita berharap mahasiswa-mahasiswa ini dapat menumbuhkan keinginan dan semangat untuk melakukan penelitian”, tambahnya.


TAGS :

KOMENTAR