(+62) 761 387 62    humas@univrab.ac.id

Workshop Pemberdayaan Masyarakat Melalui Produk Inovatif Di Kelurahan Muara Fajar Baratkedepankan Manfaat, Mahasiswa Kukerta Univrab Perkenalkan Produk Inovatif Untuk Membantu Masyarakat

Selasa, 06 Agustus 2019 | Dilihat 154 Kali

Hampir 1 bulan berada di lokasi Kukerta, mahasiswa Univrab terus mengadakan iven-iven yang sarat manfaat bagi masyarakat setempat. Setelah pekan kemarin sukses melaksanakan penanaman 1000 pohon untuk mencegah abrasi di Okura Rumai Pesisir, kali ini, Senin, 5 Agustus 2019, Mahasiswa Univrab menggelar Workshop Pemberdayaan Masyarakat Menggunakan Produk Inovatif di Kelurahan Muara Fajar Kecamatan Rumbai. 
Koordinator kelurahan KKN Universitas Abdurrab di kelurahan Muara Fajar Barat, Deo Palenza menyampaikan ucapan terimakasih atas terselenggaranya acara tersebut. “Workshop ini kita laksanakan bersama aparat kelurahan dan masyarakat setempat ditujukan untuk memberikan inovasi-inovasi terbaru dan terbaharukan yang dapat digunakan dan dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat kelurahan Muara fajar barat,” urai Deo kepada pihak Humas. 
Kegiatan workshop tersebut dihadiri oleh Rektor Universitas Abdurrab, Camat Rumbai, Lurah Muara Fajar Barat, DPL KKN Univrab 2019, Civitas Akademika Univrab dan tokoh-tokoh masyarakat Kelurahan Muara Fajar.
Dalam workshop tersebut Mahasiswa memberikan pemahaman tentang peningkatan kesejahteraan masyarakat Kelurahan Muara Fajar melalui Program Rumah Singgah, Penanaman 1000 Pohon, dan selanjutnya Pengenalan Produk Inovatif Air Sederhana Menggunakan System Gravitasi sebagai upaya penanggulangan air yang mengandung zat besi tinggi di Kelurahan Muara Fajar Barat. Mahasiswa juga membantu pelaksanaan rehabilitas kolam milik masyarakat untuk budidaya ikan tawar sebagai upaya peningkatan infrastruktur umum. 
Pada kesempatan tersebut Camat Rumbai, Femi Herliza S.STP menyampaikan bahwa masyarakat sangat terbantu dengan adanya kegiatan-kegiatan seperti ini. “Inovasi seperti ini sangat kami harapkan untuk membantu masyarakat. Kami berharap Univrab terus membantu untuk memantau secara berkelanjutan supaya dapat terus berjalan dan terus dikembangkan,” ujar Femi saat memberikan sambutan. 
“Kelurahan ini potensinya besar. Salah satunya potensi tanaman ubi kayu dengan ukuran yang sangat besar, bahkan bisa mencapai 3 kuintal. Dengan ini kami sangat berharap agar Universitas Abdurrab dapat menjadi mitra kami untuk dapat mengoptimalkan manfaat potensi tersebut bagi kesejahteraaan masyarakat,” Tambah beliau lagi. 
Rektor Univrab Prof. Susi Endrini, S.Si, M.Si, Ph.D menyambut baik dan menyampaikan bahwa Univrab memiliki 14 Program Studi yang tentunya dapat membantu pembinaan masyarakat dalam berbagai bidang. “Misalnya kulit ubi, jika kita lakukan penelitian dan pengembangan, bukan tidak mungkin dalam dapat menjadi inovasi terbarukan. Dengan adanya produk-produk inovasi tersebut pada gilirannya akan dapat mensejahterakan masyarakat,” Sampai Ibu Susi. 
Usai kegiatan workshop, Rektor Univrab dan Camat Rumbai melanjutkan diskusi untuk membicarakan bentuk-bentuk kerjasama yang mungkin untuk dilaksanakan antar kedua pihak. “Insya Allah kita akan berperan lebih banyak untuk membantu masyarakat di Kecamatan ini,” Tutup Rektor.


TAGS : Universitas  

KOMENTAR