(+62) 761 387 62    [email protected]

Dosen S1 Kebidanan dan Profesi Bidan Univrab Pekanbaru Edukasi Kesehatan Anak Jalanan dan Orang Tuanya

Selasa, 16 Juni 2020 | Dilihat 1573 Kali

(Humas Univrab-Pekanbaru, 16/06/2020) Dosen Prodi S1 Kebidanan & Profesi Bidan, Fakultas Kedokteran dan Ilmu kesehatan Univrab menyelenggarakan pengabdian masyarakat berupa edukasi kesehatan pada anak-anak jalanan beserta orang tua mereka. Kegiatan ini diperantarai oleh Komunitas Bahu Jalanan (KBJ) sebagai mitra.

Puluhan anak jalanan dan orang tuanya tampak hadir dalam kegiatan itu. Kegiatan ini merupakan lanjutan kegiatan sebelumnya sebagai wujud pendampingan pada anak jalanan agar tanggap dan tetap membudayakan perilaku hidup bersih sehat selama pandemic Covid 19.

Kegiatan kali ini merupakan evaluasi pendampingan anak jalanan dalam bentuk assessment lapangan terhadap anjuran untuk tetap penggunaan masker dan cuci tangan sebagai realisasi himbauan pemerintah pada masa New Normal pandemic covid 19. Selain edukasi Perilaku Hidup Bersih Sehat, tim pengabdian S1 Kebidanan & Profesi Bidan juga berbagi makanan dan pakaian layak pakai untuk dapat dimanfaatkan oleh anak jalanan.

Menjadi anak jalanan bukan pilihan mereka. “Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini mengajarkan anak jalanan untuk hidup bersih dan membantu mereka untuk tetap komit menggunakan masker,” ujar Hotmauli, SST, M.Keb ketua Tim pengabdian masyarakat ini.  

“Alhamdulillah, kegiatan berbagi baju layak pakai telah dilakukan, semoga dapat membantu meringankan beban anak jalanan pada masa pendemi Covid-19, semoga kegiatan ini akan berlanjut dan dapat memotivasi instansi lain untuk melakukan kegiatan serupa,”  terus Fenny Anita, M,Pd selaku dosen di prodi S1 Kebidanan.

Hal serupa juga disampaikan oleh Kepala Bagian Kemahasiswaan Universitas Abdurrab Yusmaharani, SST, M. Kes, semoga anak jalanan dapat selalu menerapkan PHBS di kehidupan sehari-harinya, dan semoga setelah kegiatan ini kerjasama dengan mitra Komunitas Bahu Jalanan (KBJ) tetap terjalin.

Sekretaris Prodi S1 Kebidanan Univrab Imelda Fitri, SST, M. Keb berujar walaupun Pekanbaru sudah masuk dalam zona kuning semenjak tidak ada lagi penambahan kasus positif Covid-19, tim pengabdian berkomitmen tetap melakukan pendampingan pada anak jalanan dengan tetap melakukan edukasi kesehatan seperti cuci tangan dengan sabun, tetap disiplin menggunakan masker, New Normal, New Hope anak jalanan tetap bisa beraktivitas dengan tetap memperhatikan  protokol kesehatan, tutupnya.

Sumber Berita: https://riauoke.com/pendidikan/pendidikan/12720-new-normal-new-hope-dosen-prodi-s1-kebidanan-a-profesi-bidan-univrab-pekanbaru-edukasi-kesehatan-anak-jalanan-dan-orang-tuanya


KOMENTAR