(+62) 761 387 62    humas@univrab.ac.id

Dosen Univrab dan STIKes Al-Insyirah Memberikan Edukasi Kesehatan dan Berbagi di Panti Asuhan Takdir Ilahi Rumbai dalam Kegiatan Pengabdian Masyarakat

Kamis, 21 Januari 2021 | Dilihat 259 Kali

(Humas Univrab-Pekanbaru, 14/01/2021) Kolaborasi Pengabdian Masyarakat Perguruan Tinggi Universitas Abdurrab dan STIKes Al-Insyirah Pekanbaru, kerjasama Dosen Program Studi S1 Kebidanan dan Profesi Bidan serta Program studi Profesi Dokter Univrab dengan dosen STIKes Al-Insyirah Pekanbaru yang mengangkat tema” Pendampingan anak panti asuhan melalui gerakan literasi kesehatan menuju Indonesia sehat cerdas dalam masa new normal" 18/01 2021 di Rumbai.
Panti asuhan Takdir Ilahi Rumbai merupakan panti asuhan yang kedua yang dikunjungi tim pengabdi setelah sebelumnya panti asuhan Aisyiyah di Sukajadi. Kegiatan pengabdian masyarakat kali ini merupakan kegiatan road show kunjungan tim pengabdi ke beberapa panti asuhan di kota Pekanbaru selama satu semester, dalam kegiatan ini tim pengabdi  memberikan edukasi kesehatan, bermain, belajar bersama serta berbagi keberkahan untuk anak panti asuhan.
Kegiatan ini dihadiri belasan anak panti dan pengurus panti, kegiatan ini merupakan wujud pendampingan pada anak panti asuhan dalam bentuk assessment lapangan terhadap anjuran untuk tetap menggunakan masker, cuci tangan, anjuran perilaku hidup bersih sehat sebagai realisasi himbauan pemerintah pada masa New Normal pandemi Covid 19.

Selain edukasi Perilaku Hidup Bersih Sehat, tim pengabdian juga berbagi makanan, sembako, donasi uang dan pakaian layak pakai untuk dapat dimanfaatkan oleh anak panti asuhan.
Kegiatan pengabdian ini merupakan penghubung antara masyarakat dengan perguruan tinggi, yang mungkin mereka hanya mengetahui bahwa di perguruan tinggi hanya proses belajar mengajar saja, tanpa berkontribusi langsung.

Diharapkan dengan adanya kegiatan pengabdian ini akan merubah paradigma yang ada di masyarakat bahwa salah satu tugas perguruan tinggi adalah berkontribusi dalam pengabdian, ucap Imelda Fitri, SST, M. Keb dalam sambutannya sebagai ketua Tim Pengabdi Program Studi S1 Kebidanan & Profesi Bidan Univrab.
“Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini mengajarkan anak panti asuhan untuk hidup bersih dan sehat sebagai pengingat bagi mereka untuk tetap melakukan 3M (Mencuci tangan dengan sabun/hand sanitizer, memakai masker dan menjaga jarak)”, ujar Ibu Tyagita Widya Sari, SKM, M. Kes  selaku Pemateri dari dosen Program studi Profesi Dokter Univrab.
Hal serupa juga disampaikan oleh Yusmaharani, SST, M. Kes, selaku pemateri dan dosen Program Studi S1 Kebidanan & Profesi Bidan Univrab, semoga remaja putri panti asuhan dapat selalu menjaga personal hygine agar kesehatan produksi wanita tetap selalu terjaga.
Gizi remaja merupakan satu hal yang krusial dimana pada usia ini lah terjadi pertumbuhan dan perkembangan yang pesat sebagai persiapan reproduksi sehat pranikah, ujar  Rizki Natia Wiji, SST, M. Kes selaku dosen STIKes Al-Insyirah Pekanbaru.

Selain itu anemia pada remaja bukanlah masalah sepele, karena jika dibiarkan berlarut-larut dapat menurunkan prestasi belajar yang berdampak pada prestasi akademik, ujar Rika Mianna, SKM, M. Kes Menambahkan.
“Alhamdulillah, kegiatan berbagi sembako, baju layak pakai, telah dilakukan, semoga dapat membantu meringankan beban anak panti asuhan ujar Hotmauli, SST, M. Keb Selaku Ka. Prodi Program Studi S1 Kebidanan & Profesi Bidan Univrab.
“Semoga kegiatan ini akan berlanjut dan dapat memotivasi instansi lain untuk melakukan kegiatan serupa juga”, ujar Silvia Anita Yuningsih, SST, M. Kes dan Ibu Fatmanadia, SST, M. Kes Dosen STIKes Al-Insyirah Pekanbaru.

"Kami tim pengabdian berkomitmen tetap melakukan pendampingan pada anak panti dengan tetap melakukan edukasi kesehatan seperti cuci tangan dengan sabun, tetap disiplin menggunakan masker, perilaku hidup bersih sehat, gizi agar anak panti tetap dapat beraktivitas dengan tetap memperhatikan  protokol kesehatan, tutup Dr. Rini Harianti, M. Si (FC)


KOMENTAR