(+62) 761 387 62    [email protected]

Webinar Teknik Sipil Univrab "Dunia Konstruksi saat Pandemi Covid-19"

Senin, 22 Juni 2020 | Dilihat 2261 Kali

(Humas Univrab-Pekanbaru, 22/06/2020) Dalam masa pandemi virus corona banyak hal yang sudah dilakukan oleh Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik mulai dari kegiatan pembagian alat perlindungan diri (APD) untuk menjaga jarak komunikasi atau Physical distancing dan mengadakan acara webinar yang bertema “Dunia Konstruksi saat Pandemi Covid-19”.
Webinar Program Studi Teknik Sipil ini diadakan pada hari Senin, pukul 10.00 WIB sampai selesai dan diikuti oleh puluhan peserta. Peserta yang hadir mulai dari dosen Univrab dan dosen luar Univrab, mahasiswa, alumni dan masyarakat umum. Webinar ini menghadirkan dua pemateri. Pemateri pertama adalah Riko Pranata, S.T.,M.Si dan pemateri kedua adalah Doni Rinaldi Basri, M.T. Acara webinar ini dibuka oleh moderator yang bernama Rizki Ramadhan Husaini, M.T
Dalam sambutannya, dekan Fakultas Teknik menyampaikan harapannya kepada seluruh mahasiswa dapat mengikuti acara webinar sampai selesai. Acara webinar ini juga merupakan tolak ukur untuk mendapatkan SKPI untuk mahasiswa Teknik Sipil Univrab. Selain itu, untuk mahasiswa yang mau tamat, ini juga merupakan ilmu dan dapat menambah wawasan dari pengalaman-pengalaman dosen tentang apa yang harus kita lakukan dalam suasana pandemi Covid-19 ini. Pada Akhir sambutannya, pak Husni Mubarak, M.Sc, berharap mudah-mudahan untuk kedepannya teknik Sipil bisa terus melaksanakan kegiatan webinar ini.
Dilanjutkan dengan kata sambutan  dari  Ketua Program Studi Teknik Sipil  menyampaikan  bahwa wabah virus Corona sangat berpengaruh dan berdampak bagi kita semua. Tidak hanya  dalam dunia ekonomi, sosial dan transportasi, tetapi juga berdampak dalam dunia konstruksi yang kita alami saat ini. Untuk seminar, belajar, mengajar, rapat  dan lainnya bisa dilakukan dengan via online. Tapi bagaimana dengan dunia konstruksi saat ini?. Untuk itu, dalam webinar ini kita akan mengetahui jawaban tentang proyek apa saja yang bisa berjalan dan proyek apa saja yang tidak bisa berjalan saat pandemi virus corona ini, kata Fitra Ramadhani, M.T dalam sambutannya. Kaprodi Teknik sipil ini juga menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada peserta yang telah hadir dalam acara webinar ini dan peserta yang hadir akan mendapatkan sertifikat dari kita.
Pemateri pertama membahas tentang pencegahan penyebaran Covid-19 dalam penyelenggaraan jasa Konstruksi dan pelaksanaan konstruksi pembangunan selama wabah Covid-19. “Protokol pencegahan Covid-19 dalam penyelenggaraan jasa konstruksi yaitu, membentuk satgas pencegahan Covid 19, menyediakan fasilitas pencegahan covid-19,  mengedukasi semua orang untuk menjaga diri dari covid-19, mengukur suhu semua orang setiap pagi dan sore, membuat kerjasama penenganan suspect Covid-19 dengan rumah sakit dan puskesmas setempat, menghentikan sementara pekerjaan jika terindikasi ada tenaga kerja yang terpapar Covid-19, melakukan tindakan isolasi dan penyemprotan disinfektan sarana dan prasarana kantor dan lapangan”, jelas pak Rico Pranata, S.T.,M.Si.
Pemateri kedua menjelaskan tentang peraturan baru pengadaan jasa konstruksi permen PUPR nomor 14 tahun 2020. Pak Doni Rinaldi Basri, M.T menjelaskan bahwa, “Pengadaan jasa konstruksi yang telah dilakukan sampai pada tahap perencanaan atau tahap persiapan, harus menyesuaikan dengan ketentuan PM 14 Tahun 2020.  Sementara itu, pengadaan jasa konstuksi yang telah dilakukan sampai dengan tahap pelaksanaan, tetap dilaksanakan  berdasarkan peraturan Menteri 07/PRT/M/2019 sampai dengan selesainya seluruh kegiatan jasa konstruksi”.
Selanjutnya acara webinar ditutup dengan tanya jawab peserta webinar dengan narasumber. (FC)


KOMENTAR