PROGRAM STUDI - D3

Fisioterapi

Program Studi D-III Fisioterapi memulai penyelenggaraan program studi berdasarkan izin operasional oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kepala Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan Republik Indonesiapada tanggal 13 Mei 2002 dengan nomor:  90/D/O/2002 . Pada tanggal 23 Juni 2017, Program Studi D-III Fisioterapi telah diakreditasi oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (LAMPT-Kes) dengan peringkat “Baik”. Hingga bulan Agustus 2017 ini, Program Studi D-III Fisoterapi menjadi satu-satunya Program Studi D-III Fisioterapi dengan Terakreditasi B oleh LAMPT-Kes dari 10 institusi pendidikan fisioterapi di wilayah Sumatera.

VISI

“Menjadi Program Studi Fisioterapi profesional dan terkemuka serta unggul di bidang Peditari dan Neuromuskuler taping berbasis nilai-nilai Islami di tingkat nasional tahun 2035”.

MISI

  1. Menyelenggarakan manajemen Program Studi Fisioterapi yang profesional
  2. Menyelenggarakan pendidikan sesuai dengan kompetensi fisioterapi khususnya di bidang Pediatri dan Neuromuskuler taping.
  3. Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat khususnya dibidang pediatri dan neuromuskuler taping
  4. Menyiapkan dosen dan mahasiswa untuk berprestasi di tingkat lokal dan nasional
  5. Membentuk insan akademik yang melaksanakan nilai-nilai islami

KURIKULUM PEMBELAJARAN

Kompetensi Lulusan dan Peluang Karir Alumni: Profil lulusann program Studi D-III Fisioterapi Fakultas Kedokteran dan ilmu Kesehatan Universitas Abdurrab yaitu insan akademik yang memahami dan mengamalkan nilai-nilai Islami sebagai:

  1. Pelaksana Teknis Profesional (Teknisi Fisioterapi / Fisioterapis) Teknisi Fisioterapi / Fisioterapis adalah ahli madya fisioterapi dalam melakukan pelayanan kesehatan pada bidang gerak dan fungsi bersikap etis dan peka budaya dalam pemberian layanan fisioterapi yang mempunyai karakter Islami dan memiliki konsep integral terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
  2. Komunikator Teknisi Fisioterapi / Fisioterapis adalah ahli madya fisioterapi sebagai pelaksana promosi yang memberikan informasi permasalahan kesehatan dalam bidang gerak dan fungsi dan berinteraksi secera efektif dan efisien kepada pasien individu, kelompok dan masyarakat (pelaksana promosi fisioterapi) yang mempunyai kemampuan memberikan motivasi kesehatan gerak dan fungsi.
  3. Pembelajar / Asisten Peneliti Teknisi Fisioterapi / Fisioterapis adalah ahli madya fisioterapi dalam melakukan kegiatan pengumpulan data dan klasifikasi data untuk penelitian serta pembelajaran
  4. Pengelola Pelayanan Fisioterapi Teknisi Fisioterapi / Fisioterapis adalah ahli madya fisioterapi dalam melakukan pelayanan kelompok kerja dan penyusunan laporan tertulis secara komprehensif serta memberikan supervisi yang mempunyai kemampuan kepemimpinan dan kemampuan mengambil keputusan serta mampu beradaptasi dan bekerjasama dalam tim maupun kehidupan bermasyarakat transkultural sesuai dengan etika Islami.

Ayu Permata SST, FT., M.Fis

Ketua Program Studi

” Program Studi D-III Fisioterapi Universitas Abdurrab berkomitmen untuk menjadi Program Studi Fisioterapi profesional dan terkemuka dan unggul di bidang Peditari dan Neuromuskuler taping berbasis nilai-nilai Islami di tingkat nasional tahun 2035. Hal ini diwujudkan melalui penyelenggarakan pendidikan sesuai dengan kompetensi fisioterapi  khususnya di bidang Pediatri dan Neuromuskuler taping. Program Studi D-III Fisioterapi Universitas Abdurrab telah menajlin kerjasama dengan Neuromusculer Taping Institutue LCC USA dalam memberikan program pelatihan Neuromusculer Taping Practicioner Basic bagi mahasiswa yang disertai dengan sertfikasi internasional. Ayo bergabung menjadi bagian Program Studi D-III Fisioterapi Universitas Abdurrab, selamatkan generasi melalui pendidikan! Fisioterapi Jaya!

STAF PENGAJAR

Ismaningsih, SST, FT., M.Fis

Fisiologi Olahraga

Ayu Permata SST, FT., M.Fis

Fisiologi Olahraga

dr. Elvina Zuhir, S.Ps

Biomedik

Yose Rizal, SST. FT., M.Kes

Kesehatan Masyarakat

Tyagita Widya Sari, M.Epid

Epidemiologi Komunitas

dr. H.Suwignyo, M.Kes

Kesehatan Masyarakat

Siti Muawanah, SST .FT, M.Fis

Fisiologi Olahraga

Nova Relida, SST .FT, M.Fis

Fisiologi Olahraga

Dian Cita Sari, M.Pd.I

Pendidikan

Renny Hidayati Zein, SST. FT., M.Bmd

Biomedik

Rektorat Universitas Abdurrab
Gedung Academia
Jl. Riau Ujung, No. 73 Pekanbaru 28292
Riau – Indonesia

© Bagian Humas & Kerma UNIVRAB 2018