Image
2016-01-19 243 243

Think Globally and Act Locally Program Studi Hubungan Internasional

UNIVRAB - Selasa 07 Juni 2005 manjadi awal dari berdirinya program studi Hubungan Internasional Universitas (HI) Abdurrab (UNIVRAB). Secara hukum berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor: 75/D/O/2005 tentang pemberian status terdaftar kepada Program Studi Ilmu Hubungan Internasional untuk jenjang pendidikan Program S1 dilingkungan UNIVRAB Pekanbaru.


Dalam perkebangannya setelah hampir berdiri delapan tahun, pada tanggal 26 - 28 Agustus 2013, Prof Tulus Warsito, S.IP M.Si dan Dr Gustiana S.IP M.Si,  Tim Asesor dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nasional (BAN-PT) melakukan visitasi di Prodi Hubungan Internasional UNIVRAB. Alhasil, Berdasarkan Surat Keputusan, Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi nomor 217/SK/BAN-PT/Ak-IVI/S/X/2013, tertanggal 26 Oktober 2013, Prodi Ilmu Hubungan Internasional UNIVRAB dinyatakan terakreditasi dengan nilai B.
Gayung bersambut, predikat Akreditasi B yang diperoleh memberikan berkah bagi mahasiswa/i Prodi Hubungan internasional yang tidak mampu secara ekonomi. Tahun 2015 Lima Mahasiswa/i Program studi hubungan internasional mendapatkan beasiswa bidikmisi. Kelima mahasiswa tesebut adalah Ahmad Faruki, Bima Roza, Zainal Arifin, Ratna Pertiwi, Cindy Dwi Putri. Beasiswa dari Dinas Pendidikan Tinggi melalui Kopertis Wilayah X. Senin 21 Desember 2016, 3 Mahasiswa (Dewi Lestari, Addina Sari, dan Fadilla Fajri). Hubungan Internasional dinyatakan lulus sebagai penerima beasiswa bidik misi untuk tahun ajaran 2015/2016. Mereka (Penerima beasiswa, red) mendapatkan uang 6 juta setiap semester selama 8 semester. Mahasiswa penerima dibiayai uang kuliah dan biaya hidup sampai selesai kuliah dengan syarat aktif dalam kegiatan kemahasiswaan dan memiliki prestasi akademik baik. 


Dosen Lulusan Univeristas Terbaik dari Dalam dan Luar Negri
Program studi Hubungan Internasional UNIVRAB merupakan prodi HI ke tiga yang ada di pulau sumatra dan menjadi program studi yang menarik di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dikarenakan Hubungan internasional menjadi sebuah disiplin Ilmu yang mempelajari interaksi berbagai aktor. Aktor Individu, Kelompok Kepentingan, Negara, Organisasi Antar Pemerintah, Organisasi Non Pemerintah, dan Transnasional Corporation lintas Nasional yang memiliki kaitan dalam bidang politik, ekonomi, keamanan, lingkungan, kemanusiaan, kesehatan dan budaya untuk menciptakan perdamaian dan kesejahteraan umat manusia.


Mahasiswa yang mendalami HI memiliki fokus kajian bidang Politik Internasional. Pengetahuan Mahasiswa yang mengambil mata kuliah pilihan ini didisain untuk menguasai masalah-masalah pertahanan dan keamanan (militer), dan Politik Luar Negeri. Fakus kajian Ekonomi Politik Internasional Fokus Kajian ini bertujuan untuk menghasilkan mahasiswa yang memiliki keahlian dalam dan menjadi pakar-pakar kebijakan perdagangan, perencana pembangunan ekonomi dan pelaku bisnis, pegusaha baik lokal dan maupun internasional. Fokus kajian Diplomasi Mahasiswa Hubungan Internasional memiliki keahlian dalam bernegasiasi, Hubungan Masyarakat dan jurnalistik. Guna membangun keahlian mahasiswa tenaga pendidik prodi hubungan internasional di dukung oleh pakar-pakar Magister lulusan Universitas Riau, Universitas Gajah Mada, Unversitas Indonesia, Universitas Islam Internasional Malaysia, dan Universitas Kebangsaan Malaysia serta Australia.


Tak Hanya Bekerja di Kemenlu
Berbekal keahlian yang dimiliki, lulusan dari program studi HI UNIVRAB memiliki peluang kerja di berbagai bidang, tidak hanya sebagai Diplomat, Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia atau Staf Kedutaan dan Kosulat Indonesia di negara lain, alumni HI UNIVRAB berpeluang untuk bekerja di Organisasi Internasional baik Pemerintah maupun Non Pemerintah, Departemen Perdagangan, Departemen Pertahanan dan Instansi Pemerintah Pusat lainnya, Pemerintah Daerah, Jurnalis, Perusahaan Transnasional, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), Perbankan (Bank Indonesia dan Bank-bank umum lainnya), menjadi Pengusaha bahkan merambah dibidang Public Speaking.

Sistem pengajaran yang dilaksanakan tidak membosankan, mahasiswa tidak hanya belajar didalam kelas tapi juga belajar diluar ruangan, dengan praktek langsung dilapangan. Seperti Outting Class.

"Pengembangan keilmuan mahasiswa dilakukan prodi HI melalui kegiatan kunjungan dan kuliah tamu dengan Kementrian Luar negeri, Kedutaan Canada, Konsulat Malaysia, mengikuti pertemuan mahasiswa tingkat nasional dan lainya. Selain itu bakat-bakat mahasiswa disalurkan pada USIR (United Students International Ralation), Seperti Sepak bola, Futsal, Basket, Takraw, Volly, Studi club dan berbagai kegiatan lainnya." ungkap Harri Fajri S.IP MA selaku Sekretaris Prodi HI UNIVRAB yang ditemui di ruangan Prodi HI beberapa saat yang lalu menjelaskan.


Think Globally, Act


Post
News1 view

Coffe Morning Bersama Rektor UNIVRAB

UNIVRAB. Rabu (20/09) rektor UNIVRAB Dr. Arisman Adnan, MSc bersama Kabag Kemahasiswaan Radial Qodri,S.Kom dan Hariswan, SE Pembina Keluarga Mahasiswa Abdurrab (KMA). Acara… [...]

Post
Prodi Hubungan Internasional243 view

Think Globally and Act Locally Program Studi Hubungan Internasional

UNIVRAB - Selasa 07 Juni 2005 manjadi awal dari berdirinya program studi Hubungan Internasional Universitas (HI) Abdurrab (UNIVRAB). Secara hukum berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal… [...]

Post
Sosial45 view

Kajian Tentang Tanda-tanda Orang Yang Bangkrut

Kita semua pasti pernah mengenal orang yang mengalami masalah keuangan. Biasanya, setelah menemui jalan buntu, mereka akhirnya meminta bantuan pinjaman dari keluarga, menarik uang tunai… [...]