(+62) 761 387 62    [email protected]

Bekerjasama dengan Balai Jasa Konstruksi Wilayah I (BJKW I) Banda Aceh, Universitas Abdurrab Menggelar Pembekalan dan Uji Sertifikasi Kompetensi Bidang Konstruksi SDM Vokasional

Kamis, 06 Juni 2024 | Dilihat 146 Kali

(Humas Univrab – 04/06/2024) Universitas Abdurrab bekerjasama dengan Balai Jasa Konstruksi Wilayah I (BJKW I) Banda Aceh menggelar kegiatan Pembekalan dan Uji Sertifikasi Kompetensi Bidang Konstruksi SDM Vokasional bagi Fresh Graduate, Selasa (4/6) di Gedung Tariq bin Ziyadh Universitas Abdurrab.

Kegiatan pembekalan dan uji sertifikasi tenaga kerja konstruksi SDM Vokasional diikuti oleh peserta dari empat perguruan tinggi diantaranya Universitas Abdurrab, Universitas Islam Riau (UIR), Universitas Lancang Kuning dan Sekolah Tinggi Teknologi Pekanbaru (STTP) dibuka langsung oleh Rektor Universitas Abdurrab Prof Susi Endrini SSi MSc PhD.

Prof Susi Endrini SSi MSc PhD mengatakan, ini merupakan pembekalan dan uji sertifikasi untuk lulusan atau Fresh Graduate dari empat perguruan tinggi di Provinsi Riau yang diberikan secara gratis oleh Balai Jasa Konstruksi Wilayah I Banda  Aceh.

"Nantinya para peserta ini dilatih, diberi bekal dan kemudian di uji. Kalau mereka lulus nanti mereka akan dapat sertifikasi. Dari sertifikasi itu mereka boleh melakukan jasa konstruksi selama lima tahun. Ini karena menyangkut Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2017 Tentang Jasa Konstruksi," ujar Prof Susi Endrini SSi MSc PhD.


"Tentunya kami berharap anak-anak bisa lulus dengan nilai yang baik dan diterima oleh masyarakat. Tentunya nanti kita akan bisa menjadi tuan rumah di negeri kita sendiri dan tidak mengimport lagi jasa-jasa konstruksi dari luar. Saya berharap setelah adanya uji sertifikasi bisa menghasilkan lulusan yang jujur, kompeten, bisa dipercaya dan diberi amanah oleh masyarakat," pungkasnya Rektor Universitas Abdurrab.

Sementara itu, Kepala Balai Jasa Konstruksi Wilayah I Banda Aceh, Ir Suhada, ST, MT yang diwakili Kepala Seksi Pelaksanaan Balai Jasa Konstruksi Wilayah I Banda Aceh Hj Tengku Farah Julana,ST,MT dalam sambutannya mengatakan, tentunya di provinsi Riau ini banyak pembangunan-pembangunan infrastruktur yang tentunya akan didukung oleh SDM yang berkompeten di bidangnya masing-masing.

Melalui pembekalan dan uji sertifikasi tenaga kerja konstruksi SDM Vokasional ini,  diharapkan peningkatan jumlah SDM konstruksi yang berkompeten dan sertifikasi dengan pelatihan dan bimbingan teknis serta pembekalan melalui program vokasi yang sedang dilaksanakan saat ini.

"Kegiatan uji sertifikasi tenaga kerja konstruksi SDM Vokasional ini sangat penting untuk calon lulusan universitas ataupun politeknik. Ini adalah dukungan pemerintah untuk adik-adik supaya nanti setelah lulus nanti bisa mencari pekerjaan sertifikat yang didapat yang berlaku selama lima tahun," ujar Hj Tengku Farah Julana,ST,MT.

Ketua Program Studi Teknik Sipil Univrab, Muhammad Yazid, ST, M.Eng mengucapkan terima kasih yang setinggi tingginya kepada pihak BJKW I Banda Aceh yang telah memberikan kepercayaan kepada Teknik Sipil Universitas Abdurrab sebagai tempat pelaksana pembekalan dan uji kompetensi ini, dan mendukung penuh untuk kegiatan lainnya.

Teknik Sipil Univrab akan terus berupaya dan ikut serta dalam menciptakan tenaga kerja kontruksi yang kompeten di bidang keahliannya terutama bagi mahasiswa Teknik Sipil Univrab sehingga mereka lulus dari Univrab telah memegang sertifikat keahlian masing-masing.

Acara Pembekalan diakhiri dengan Penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) antara Balai Jasa Konstruksi Wilayah I (BJKW I) Banda Aceh dengan Universitas Abdurrab, Universitas Islam Riau (UIR), Universitas Lancang Kuning, dan Sekolah Tinggi Teknologi Pekanbaru (STTP).


KOMENTAR