(+62) 761 387 62    humas@univrab.ac.id

KULIAH UMUM Fakultas Teknik Universitas Abdurrab

Selasa, 11 Februari 2020 | Dilihat 57 Kali

(Humas Univrab - Pekanbaru, 04/02/2020) Program studi S1 Teknik Sipil Universitas Abdurrab mengadakan kuliah umum di ruang teater yang dihadiri oleh mahasiswa Teknik Sipil dan Alumni Teknik sipil univrab. Kuliah umum yang berjudul “Hal yang perlu diketahui untuk persiapan dunia kerja revolusi 4.0” dengan menghadirkan pemateri dari Perkumpulan Ahli Penjadwalan Proyek Indonesia (DPP PAPPI) bapak Syafriandi ST.

Sambutan oleh Dekan Fakultas Teknik bapak Husni Mubarak, ST., M.Sc bahwa terkait judul kuliah umum kita ini “Hal yang perlu diketahui untuk persiapan dunia kerja revolusi 4.0” bagi yang belum bekerja ini, nantinya akan menjadi masalah ketika melamar pekerjaan disuatu perusahaan, karena bingung dengan start pointnya. Kalau gagal pada start point tersebut maka buruklah untuk kedepannya. Untuk itu, maka butuh kesiapan yang matang, dan persiapan itu dimulai saat dibangku perkuliahan. Dan juga hubungan antar alumni harus semakin dikuatkan. Dimana jaringan dari alumni ini sangat dibutuhkan nantinya, baik dalam bertukar informasi,ataupun sharing pengalaman kerja.

Kemudian dilanjutkan oleh Ketua Prodi Teknik Sipil ibu Fitra Ramdhani, ST. MT, beliau menuturkan bahwa kegiatan Kuliah Umum ini merupakan sebuah tambahan ilmu yang sangat penting di luar materi kurikulum. Pada era revolusi 4.0 ini, tingkat kompetisi semakin ketat melihat persaingan yang semakin banyak, untuk itu dibutuhkan softskill dan hardskill yang mumpuni sebagai persiapan menuju ke dunia kerja.

Selanjutnya materi yang disampaikan oleh narasumber yaitu bapak Syafriandi, ST bahwa seorang alumni harus bagus, baik dalam keahlian dimasing-masing bidangnya maupun softskillnya yaitu yang paling penting kejujuran. Karena sebagai tenaga ahli dibidang konstruksi, sangat rawan sekali dengan yang namanya Materi atau uang. Kemudian, kita ketahui bahwa ada hal yang penting ketika pertama kali masuk dalam dunia kerja, yaitu tugas pertama yang diberikan. Sukses ditugas pertama, maka akan sukses dikarirnya, tapi jika gagal ditugas pertama, maka kedepannya juga tidak akan berjalan baik. Untuk sukses ditugas pertama adalah dengan mengetahui apa tugas yang akan dikerjakan dengan mempersiapkan segala macam tools-tollsnya. Selanjutnya, jika ingin dibayar mahal, maka ada dua hal yang harus dikuasai, yaitu kuasai prosedur dan kuasai mutu, karena ini kuat kaitannya dengan kualitas pekerjaan kita. Karena setiap kesalahan itu mahal. Untuk itu, dalam menghadapi era revolusi industri 4.0 kita harus persiapan segala sesuatunya terkait keahlian yang kita miliki, berpikir lebih maju dengan melek terhadap teknologi-teknologi baru.


KOMENTAR