(+62) 761 387 62    [email protected]

Kuliah Umum DIII Kebidanan Univrab : Deteksi Dini Dan Penatalaksaan Perdarahan Kehamilan Muda Dan Lanjut

Kamis, 26 Desember 2019 | Dilihat 752 Kali

(Humas Univrab-Pekanbaru, 26/12/2019) Program Studi D. III Kebidanan Universitas Abdurrab mengadakan kuliah umum dengan mengangkat tema deteksi dini dan penatalaksaan perdarahan kehamilan muda dan lanjut, pada (26/12) di Teater Room Univ. Abdurrab Jl. Riau Ujung Pekanbaru.

Acara diawali dengan pembacaan Doa oleh Mahasiswa Hubungan Internasional, Muhammad Khairul Alfani dengan harapan agar acara dapat berjalan dengan lancar dan di Ridhoi oleh Allah SWT. Lalu dilanjutkan dengan pembukaan acara oleh Ketua Program Studi D. III Kebidanan, Ibu Dewi Sartika Siagian, STT., M.Keb.

Dalam sambutannya Ibu Dewi menyampaikan pentingnya kuliah umum tersebut. "Kuliah umum ini penting, dikarenakan tingginya angka mematian ibu saat melahirkan".

“Kuliah umum ini menjadi materi tambahan bagi mahasiswa tingkat II dan III serta bagi mahasiswa tingkat I hal ini merupakan materi baru yang akan di jumpai di tingkat selanjutnya”, Tambah Ibu Dewi Sartika.

Narasumber pada Kuliah Umum ini adalah Wakil Rektor 1 Univ. Abdurrab yang juga merupakan salah seorang dokter Obgyn berpengalaman di Kota Pekanbaru, yakni Bapak Dr. dr. Syamsul Bahri Riva’i, Sp. OG dan didampingi oleh Ibu Nova Yulita, SST., M.Keb.

Dalam materinya, Pemateri pertama yakni Dr. dr. Syamsul Bahri Riva’I, SpOG menyampaikan jenis-jenis Abortus dan Pendarahan pada saat kehamilan, yaitu dengan melihat usia kehamilan .

“Usia Kehamilan dibawah 22 minggu merupakan usia kehamilan muda, sedangkan diatas 22 minggu sudah termasuk kedalam usia lanjutan”, Ujar dr. Syamsul.

Selanjutnya narasumber kedua, Ibu Nova Yulita, SST., M.Keb menyampaikan materi tentang Kewenangan bidan dalam menatalaksanakan pada masa kehamilan. (Nrj)


KOMENTAR