(+62) 761 387 62    [email protected]

Kajian Internalisasi Nilai RAB Tentang Adab Berbicara Dengan Orang Lain

Jum'at, 17 April 2020 | Dilihat 833 Kali

(Humas Univrab-Pekanbaru, 17 April 2020) Banyak orang yang mengatakan kalau hari Jumat adalah hari yang istimewa dibandingkan hari-hari yang lain. Apalagi kalau hari Jumat diisi dengan hal-hal yang baik seperti pengajian Jumat. Pengin mendengarkan pengajian di hari Jumat dalam suasana yang tidak boleh keluar rumah atau tidak boleh berkumpul di majelis pengajian? Agar hari Jumatnya lebih berkah, ini solusinya dari Lembaga Internalisasi dan Implementasi Nilai-nilai RAB Universitas Abdurrab yang selalu mengadakan pengajian Jumat melalui aplikasi google meet. Walaupun kampusnya loockdown, tetapi para dosen dan tendik Univrab tetap mendapatkan pengajian disetiap Jumatnya.

Jumat ini (17/4) Lembaga Internalisasi dan Implementasi Nilai-nilai RAB Universitas menghadirkan ustad Khairul Ashdiq, M.HSc sebagai pemateri dengan tema Perilaku Sosial dalam Islam: Bab Adab Berbicara Dengan Orang Lain. Pengajian ini dimulai pukul 09.00 Wib dan didengarkan oleh dosen dan tendik Univrab. Para dosen dan tendik begitu antusias dan semangat dalam mengikuti pengajian. Hal ini dibuktikan dari kehadiran dosen dan tendik yang begitu bersemangat dikolom komentarnya.

Dalam pengajian hari ini ustad Khairul Ashdiq, M.HSc, menjelaskan “Adab berbicara dengan orang lain yaitu, (1)berbicara untuk kebaikan, (2) ucapan kita tidak mengarah kita pada kebatilan, (3) ucapan kita menjauhkan dari perdebatan, (4) menjauhkan dari pembicaraan hal yang berat, (5) kita harus berbicara sesuai dengan kondisi (daerah /tempat) dan (6)hukum memuji diri dan orang lain”.

Acara pengajian terakhir ditutup dengan menjawab pertanyaan dari beberapa dosen dan tendik. Mudah-mudahan pengajian Jumat ini kita semua bisa mengamalkannya, dan bisa lebih memperhatikan adab ketika kita berbicara dengan orang lain.(FC)


KOMENTAR