(+62) 761 387 62    [email protected]

Sumpah Dokter Online FKIK Universitas Abdurrab

Jum'at, 08 Mei 2020 | Dilihat 1020 Kali

(Humas Univrab-Pekanbaru, 08/05/2020) Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan profesi dokter Univrabinsya Allah akan mengadakan sumpah dokter pekan depan ini. Sumpah doker yang akan kita lakukan secara online. Ini merupakan sumpah dokter Online yang pertama kali kita lakukan di FKIK Universitas Abdurrab.

Kita akan melakukan sumpah dokter online terhadap 16 orang mahasiswa kita yang sudah menyelesaikan Pendidikan Profesi Dokter dan Telah lulus UKMPPD Nasional Periode Februari 2020 kemaren. Berbeda dengan acara sumpah dokter sebelum sebelumnya.Dimama pengambilan sumpah dokter  biasanya kita lakukan didalam satu gedung dengan sangat hikmat dan meriah. Acara ini biasanya akan menjadi kesan tersendiri bagi para dokter-dokter muda yang sudah menyelesaikan masa pendidikannya. Sumpah dokter ini juga di hadiri oleh dekan beserta jajarannya, keluarga dan kerabat para calon dokter yang akan diambil sumpahnya, serta mengundang beberapa pejabat di instansi kesehatan, tutur dr. Faisal, Sp.PD,FINASIM

Mengapa kita tetap melakukan pengambilan sumpah dokter ini secara online, karena mengingat para calon dokter baru ini juga bisa melanjutkan tugas mereka sebagai dokter baru yaitu menjalankan intership di Rumah Sakit yang akan ditunjuk pemerintah serta untuk mentaati aturan-aturan yang sudah dicanangkanoleh pemerintah, yaitu dengan tetap menjaga jarak/phisikal distancing, ungkap dr. Faisal dengan tegas.

Dosen FKIK Univrab dr. Faisal menjelaskan pelaksanaan sumpah doker ini dilakukan dengan carapara calon dokter yang akan diambil sumpah tetap berada di rumah mereka masing-masing dan bisa juga disaksikan keluarga atau kerabatnya. Pengambilan sumpah dokter ini tetap kita mengudang beberapa instansi kesehatan seperti Kepala Dinas Kesehatan, Ketua IDI dan Direktur RS Pendidikan dan RS jejaring, tetapi  para undangan tetap berada di tempat masing-masing dengan mengunakan daring.

Harapan kami pengambilan sumpah dokter online ini tidak mengurangi rasa hikmat seperti sebelumnya dan mudah-mudahan para alumni kita yang merupakan dokter baru ini dapat berperan serta dalam menanggulangi Pandemi Covid 19 ini.Saat ini Rakyat Indonesia sangat membutuhkan pertolongan dari dokter untuk menangani Covid-19 ini, dr.Faisal menjelaskan penuh harap. (FC)


KOMENTAR