(+62) 761 387 62    [email protected]

Abdurrab Campus Preneur Research Community Services and Innovation Expo

Minggu, 28 Agustus 2022 | Dilihat 546 Kali

(Humas Univrab-Pekanbaru, 28/08/2022) Universitas Abdurrab menaja Abdurrab Campus Preneur Research Community Servives and Innovation Expo, Sabtu (27/8). Kegiatan yang dilantaikan di lantai 1 Rumah Adat Riau Abdurrab Malay Heritage Gedung Raja Ahmad Tengku Haji Tua Bin Raja Haji Fisabilillah ini produk inovasi, entrepeurship dan dokumentasi kegiatan mahasiswa dan dosen di lingkungan Universitas Abdurrab,  karya siswa, guru SMK dan Sekolah Abdurrab Islamic School (AIS) serta University Tun Hussein Onn Malaysia (UTHM)

“Semua produk entrepreneur yang ada di bawah naungan Yayasan Abdurrab. Bukan hanya Universitas Abdurrab tapi juga SMK Abdurrab dan Abdurrab Islamic School (AIS). Semua hasil riset KKN Cerdas Universitas Abdurrab, prestasi, produk inovasi termasuk kolaborasi dengan UTHM juga bisa dilihat," ujar Rektor Universitas Abdurrab, Prof. Susi Endriani, S.Si., M.Sc.,Ph.D.

Rektor mengungkapkan, pihaknya sengaja menjalin kerja sama KKN internasional dengan UTHM agar lulusan Universitas Abdurrab berwawasan dan berdaya sain internasional.

“Fakultas Kedokteran menghadirkan minuman kesehatan herbal seperti ekstraksi sawi hidroponik sebagai makanan pencegah stunting dalam bentuk biskuit.  Selain itu juga ada madu kelenceng, produk SPA hasil produksi farmasi. Produk tersebut dipatenkan agar bisa dikomersialisasi,” kata Rektor.

Ia mengharapkan kegiatan ini bisa menjadi media promosi bagi produk entrepreneurship, riset dan dokumentasi kegiatan kampus dan sekolah di bawah naungan Yayasan Abdurrab. Dengan adanya expo bisa memasarkan produk inovasi yang diharapkan dapat meningkatkan jiwa entrepreneurship mahasiswa dan dosen. "Tahun ini Universitas Abdurrab milad ke-17 tahun, SMK Abdurrah milad ke-27 tahun milad ke-10 Abdurrab Islamic School," imbuhnya.

Wakil Rektor 3 Universitas Abdurrab yang juga Ketua Lembaga Penelian Pengabdian kepada Masyarakat dr. May Valzon, M.Sc mengatakan KKN Cerdas Universitas Abdurrab tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya. Dimana KKN tahun ini menetapkan program yang akan dibuat dan dijalankan mahasiswa di tempat tujuan KKN lebih awal.

"KKN Cerdas ini terbagi tiga program. Yakni Mushola Cerdas, Keluarga Cerdas dan Sekolah Cerdas. Mushola Cerdas ini bagaimana mahasiswa menghidupkan kegiatan musholla yang hampir mati atau minim. Kami survei dulu, selanjutnya mahasiswa buat kegiatan. Dari segi fisik memperbaiki mushola dan kegiatan melalui pengajian," ulasnya.

Program Keluarga Cerdas ini mahasiswa bersama dosen mendata keluarga di bawah garis kemiskinan. Selanjutnya membantu meningkatkan ekonomi keluarga dan mencegah stunting. Kepala keluarga juga diajarkan basic keagaman dasar seperti menjadi imam

"Sekolah Cerdas diaplikasikan dengan membina kegiatan UKS SMP dan SMA. KKN Cerdas Universitas Abdurrab diikuti 456 mahasiswa yang terdiri 30 kelompok yang dibimbing langsung dosen," ucap Wahyu Ramadhan, S.Si., M.Sc yang merupakan ketua KKN Cerdas.


KOMENTAR