(+62) 761 387 62    [email protected]

Universitas Abdurrab Menggelar Grand Launching Of World Class Professor (WCP) Program 2021 UNIVRAB-UTHM

Sabtu, 04 Septemeber 2021 | Dilihat 863 Kali

(Humas Univrab, 04/09/2021) Universitas Abdurrab mengadakan Acara Grand Launching Of World Class Professor (WCP) Program 2021 Univrab-UTHM. Acara ini diselenggarakan pada hari Sabtu (04/09) pada puku 09.00 melalui aplikasi Zoom meeting. Acara hari ini dihadiri oleh Pembina Yayasan Universitas Abdurrab, Rektor Universitas Abdurrab, Pimpinan dan mitra dari UTHM yaitu Prof. Datuk Ts. Dr. wahid Bin Razzaly dan Assoc. Prof Dr. Mohd Fadzelly Abu Bakar, kepala LLDIKTI Wilayah X Prof  Dr. Herri, MBA, Pimpinan, dekan dan dosen Universitas Abdurrab.

Acara dibuka oleh MC kemudian dilanjutkan pembacaan ayat suci al qur’an dan pemutaran video pembukaan Grand Launching Of World Class Professor (WCP) Program 2021. Dalam sambutannya Pembina Yayasan Ibu Dr.dr. Susiana Tabrani, M.Pd menyampaikan bahwa Universitas Abduurab dibawah yayasan Abdurrab memiliki Visi yayasan Abdurrab yaitu “Mengembangkan Pendidikan dengan  Budaya Ilmu Berbasis Iman dengan Mengambil Inspirasi dari Warisan Nilai-nilai Luhur Melayu Islam  dengan Mengusung Values Rabbani Amanah dan Beradab. Hal ini sejalan dengan acara hari ini yaitu kita dapat merealisasikan dan mengimplementasikan bagaimana kita adalah manusia pembelajar yang terus meningkatkan diri kedepannya, ungkap Ibu Susiana.

Beliau juga menyampaikan ucapan terimakasih  yang sebesar-besarnya dari yayasan  kepada seluruh pengurus UHTM yang selalu setia untuk bekerja sama dengan universitas kami dan kepada Prof.  Susi Endrini dan panitia yang telah menyiapkan acara ini dengan sebaik-baiknya.

Acara hari ini Grand Launching Of World Class Professor Program 2021 Univrab-UTHM insya allah akan terus berjalan kedepannya. Saya berharap kerjasama ini  terus berlanjut. Sebagai rumpun melayu dan sesama orang melayu  dapat mengembangkan dan meningkatkan kualtias pendidikan kita di Riau ini, kata Pembina Yayasan Abdurrab.

Prof. Susi Endrini, S.Si., M.Sc.,Ph.D menjelaskan  program World  Class Professor  sudah dimulai oleh kementrian pendidikan tinggi kita sejak tahun 2017 yang bertujuan untuk mencetak profesor - profesor kelas dunia Indonesia  melalui kolaborasi dengan profesor - profesor kelas dunia diberbagai negara. Salah satu indikator pofesor kelas dunia dalam program ini adalah profesor yang memiliki  Haindeks  scopus di atas  sepuluh. Untuk itu kementrian pendidikan tinggi bekerjasama dengan LPDP kementrian  keuangan Indonesia  memberikan  dana Hibah kepada  profesor - profesor  atau calon – calon profesor  di indonesia  yang telah memiliki HA Indeks Scopus di atas  empat agar dapat memanfaatkan dana tersebut untuk meningkatkan mutu  publikasinya dan membawa dosen-dosen di perguruan tingginya juga menjadi profesor. Pemerintah Indonesia juga memberikan dana hibah ini kepada para dosen yang di perguruan tinggi dengan akreditasi minnimal baik sekali.

Alhamdulillah pada akhir tahun 2020 Universitas Abdurrab telah mendapatkan  akreditasi Institusinya dengan peringkat baik sekali. Oleh sebab itulah, saya baru dapat mengajukan  permohonan pendanaan progrram ini  pada tahun 2021, jelas Rektor Univrab.

Proses pemilihan  program WCP ini berlangsung sangat selekstif , saya sangat bersyukur Universitas Abdurrab telah berhasil  menjadi salah satu pemenang nasional  didalam ajang bergengsi  ini dan  tentu saja saya  dalam hal ini mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada  yayasan abdurrab yaitu ibu pembina dan ketua yayasan  yang selama ini selalu  mendukung upaya peningkatan mutu Universitas Abdurrab, terimakasih juga kepada  LLDIKTI Wilayah X  yang selalu memberikan pendampingan kepada  kami, ungkap Prof. Susi Endrini.

Beliau juga menjelaskan salah satu syarat wajib dari WCP adalah memiliiki Mitra  profesor kelas dunia  yang akan sama-sama menerbitkan  artikel kelas dunia untuk itu kami  menggandeng mitra kami yang selama ini telah bekerjsama dengan baik dari Universiti Tun Hussein Onn Malaysia (UHTM), saya mengucapkan terimakasih dan selamat datang kepada  Prof. Datuk Ts. Dr. wahid Bin Razzaly dan Assoc. Prof Dr. Mohd Fadzelly Abu Bakar.

Adapun program WCP yang akan kami lakukan selain penerbitan artikel di kelas dunia, kami juga akan mengadakan kegiatan workshop kepada dosen-dosen dan bekerja sama dengan penerbit kelas dunia. Selanjutnya, Kegiatan WCP nantinya ditutup dengan kegiatan Guest Lecture yang akan dilakukan insya allah pada tanggal 25 September 2021 dan akan dihardiri oleh salah seorang menteri Repubulik Indonesia, ujarnya.

Alhamdulillah tahun 2021 ini yayasan Abdurrab juga telah memberikan beasiswa  studi lanjut kepada dosen-dosen  Universitas Abdurrab dan alhamdulillah mereka telah diterima  menjadi mahasiswa  S-3 di UHTM, jelas Prof. Susi Endrini

Selajutnya, Grand Launching Of World Class Professor (WCP) Program 2021 Univrab-UTHM di buka langsung oleh Kepala LLDIKTI Wilayah X Prof. Dr. Herri, MBA.  Setelah acara pembukaan dilanjutkan dengan Focus Grup Discussion In Conjunction with World Class Professor Prgram 2021 yaitu FGD Riset Bersama, Matching Grant dan Presentasi Proposal S3 oleh Ibu Sri Kartini dan Ibu Siti Juriah. (FNY)


KOMENTAR