(+62) 761 387 62    humas@univrab.ac.id

Hadirkan 3 Menteri, Univrab Kenalkan Kampus kepada 731 Mahasiswa Baru

Jum'at, 04 Septemeber 2020 | Dilihat 115 Kali

(Humas Univrab-Pekanbaru, 04/09/2020)Universitas Abdurrab (Univrab) menggelar Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB). Kegiatan ini dipusatkan di Tabrani Islamic Center (TIC) Susiana Tabrani Covensional Hall, Kamis (3/9/2020). Univrab menghadirkan tiga menteri sebagai pembicara secara daring (online). Ketiga menteri itu, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhajir Effendy, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Anwar Makarim.

Pembina Yayasan Tabrani, Dr. Susiana Tabrani mengungkapkan, kehadiran menteri menjadi kebanggaan bagi yayasan dan mahasiswa baru. Materi yang disampaikan menteri sangat berarti bagi mahasiswa baru untuk memotivasi mereka. “Rasa bangga mahasiswa (dengan menteri) untuk termotivasi menggapai cita-cita mereka yang besar,” ungkap Susiana. Menurut beliau, PKKMB sangat perlu digelar. Namun tetap menerapkan protokol pencegahan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Oleh karena itu, keinginan kuat pihak kampus menggelar PKKMB karena manfaatnya sangat berarti. Pelaksanaannya mengkombinasikan luring dan daring. Luring dengan menghadirkan mahasiswa secara langsung dan daring dengan mengundang para menteri sebagai pembicara.

“Ini (PKKMB) sangat perlu untuk mengenalkan, membentuk cara berpikir mahasiswa,” kata Susiana. Bertatap muka mahasiswa baru dengan kampus secara langsung akan lebih berefek. “Kalau online, tentu efeknya nggak sebesar ini,” tandasnya.

Rektor Univrab, Prof. Susi Endini mengatakan, PKKMB digelar dengan porsi 60 persen luring dan 40 persen daring. Pihaknya mempertimbangkan jaringan internet yang tidak memadai di daerah asal sebagian mahasiswa. Sehingga PKKMB didominasi luring. Mahasiswa baru harus menjalani Rapid Test. Jika hasilnya reaktif, mahasiswa tidak diperbolehkan hadir. Pihaknya juga mengatur jarak antar mahasiswa dan pendukung protokol kesehatan yang lain.

Prof. Susi Endini menyebutkan, PKKMB diikuti 731 orang. Terdiri dari program Sarjana dan Diploma di 15 jurusan pada 4 fakultas. “Alhamdulillah, mahasiswa baru tahun ini lebih banyak dari tahun lalu,” ungkapnya.PKKMB ini sesi pertama. Penerimaan mahasiswa baru dibuka sampai pertengahan Oktober nanti. PKKMB kembali akan digelar untuk mahasiswa yang mendaftar belakangan. Menurut dia, PKKMB wajib diikuti mahasiswa karena menjadi salah satu catatan pada Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI).

“Mahasiswa yang belum mengikuti PKKMB tahun ini, akan mengikuti tahun depan,” kata Ibu Susi Endini.

Sumber : Tribunpekanbaru.com https://pekanbaru.tribunnews.com/2020/09/04/hadirkan-3-menteri-univrab-kenalkan-kampus-kepada-731-mahasiswa-baru)
Penulis: Fernando Sihombing


KOMENTAR