(+62) 761 387 62    humas@univrab.ac.id

Kunjungan Kerja Fakultas Kedokteran ke Tiga Rumah Sakit di Riau

Rabu, 13 Oktober 2021 | Dilihat 71 Kali

(Humas Univrab, 13/10/2021) Fakultas Kedokteran melakukan kunjungan kerja ke Rumah Sakit Pendidikan di Daerah Siak, Bangkinang dan Dumai berturut-turut dari tanggal 5-7 Oktober 2021. Kunjungan ini dilaksanakan secara bergantian setiap harinya. Adapun tim yang terlibat dalam kunjungan ini adalah Wakil Rektor 1 Dr. dr. Syamsul Bahri Riva’i, Sp.OG, Dekan Fakutas Kedokteran Prof. Dr. dr. Yanwirasti, PA(K), Wakil Dekan 1 Bidang Akademik dan Kemahasiswaan dr. Ratih Ayuningtyas, MM, Wakil dekan II Bidang SDM dr. Yuharika Pratiwi, M.Kes, Wakil Dekan III Fakultas Kedokteran Bidang Penelitian dan Pengabdian dr. Alief Dhuha, PhD, Kaprodi Profesi Dokter dr. Faisal, Sp.PD FINASIM, Kabag Kemahasiswaan dan tendik Fakultas Kedokteran.

Berawal pada hari Selasa (5/10) Fakultas kedokteran melakukan kunjungan ke RSUD Tengku Rafi’an Siak. Kunjungan ini bertujuan untuk meningkatkan silaturrahmi yang telah terjalin selama ini. Selain silaturrahmi, agenda pertemuan ini yaitu evaluasi pendidikan Kepaniteraan Klinik Prodi Profesi Dokter. Dalam kesempatan ini, kami juga menyerahkan mikroskop dan infokus serta mengajak dosen pendidik klinik ber-NIDK melaksanakan tridharma perguruan tinggi terutama penelitian dan pengabdian yang merupakan syarat dalam pengurusan kepangkatan jabatan fungsional dosen, jelas Prof. Dr. dr. Yanwirasti, PA(K), Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Abdurrab.

Alhamdulillah di RSUD Tengku Rafi’an Siak kita disambut baik oleh direktur Rumah Sakit. Setelah  dr. Benny Chaeiruddin, Sp. An, M.Kes memberikan sambutan dilanjutkan dengan evaluasi pendidikan dan ditutup dengan penyerahan barang berupa mikroskop (2 pcs) dan infokus (2 pcs) dari Wakil Rektor I dan Dekan FK kepada Direktur RSUD, disaksikan oleh jajaran staff RSUD Tengku Rafi’an Siak serta jajaran Dekanat FK, ungkap dr. Alief Dhuha, PhD yang merupakan alumni Kobe university, Jepang. Beliau juga menyampaikan ada berbagai sumber dana hibah penelitian dan pengabdian yang dapat diperoleh dosen yang telah memiliki jabatan fungsional.

Wakil Dekan 3 FK Univrab ini menjelaskan bahwa pada hari Rabu (6/10) kami melanjutkan kunjungan kerja ke RSUD Bangkinang. Dalam kunjungan ini kami disambut oleh Bapak Elvian, S.KM., M.Kes yang merupakan Kabid SDM RSUD Bangkinang. Tujuan kunjungan kita sama dengan Rumah Sakit Tenku Rafi’an Siak yaitu kunjungan silaturrahmi dengan agenda evaluasi pendidikan Kepaniteraan Klinik Prodi Profesi Dokter,  penyerahan mikroskop dan infokus serta mengajak dosen ber-NIDK untuk melakukan penelitian dan pengabdian.

Kunjungan Rumah Sakit Pendidikan yang terakhir adalah RSUD Kota Dumai pada Kamis (7/10). Kunjungan kami disambut oleh Kadiklat dan Komkordik RSUD Kota Dumai. Dalam kunjungan ini masih membahas evaluasi pendidikan dilanjutkan dengan penyerahan sarana penunjang pendidikan dari Dekan dan WR I FK kepada Direktur RSUD Kota Dumai. Agenda terakhir mengenai pembahasan registrasi rumah sakit pendidikan utama bersama tim Registrasi RSP Utama, terang Dr. dr. Syamsul Bahri Riva’i, Sp.OG Wakil Rektor I FK Universitas Abdurrab.

Semoga dengan kunjungan ini hubungan yang telah terjalin dengan baik menjadi lebih erat lagi. Insya Allah kedepannya akan diadakan pertemuan dan evaluasi rutin untuk kepaniteraan klinik setiap tiga bulan sekali, akan ada penambahan sarana penunjang pendidikan lainnya secara bertahap yang diharapkan bermanfaat untuk mahasiswa di rumah sakit pendidikan.  Semoga dosen pendidik klinis di RSP dapat aktif melaksanakan Tridharma perguruan tinggi terutama dalam hal penelitian dan pengabdian sehingga dapat menambah kepustakaan jurnal dosen FK Universitas Abdurrab. Terakhir,   harapan kami RSUD Kota Dumai dapat segera teregistrasi menjadi RS Pendidikan Utama, ujar Dr. dr. Syamsul Bahri Riva’i, Sp.OG sambil menutup pembicaraannya.


KOMENTAR