(+62) 761 387 62    [email protected]

KUNJUNGAN KPID RIAU KE UNIVERSITAS ABDURRAB

Selasa, 20 Desember 2022 | Dilihat 629 Kali

(Humas Univrab-Pekanbaru, 20/12/2022) Bagian Humas dan Kerja sama dan para dosen Ilmu Komunikasi Universitas abdurrab Pekanbaru mengadakan pertemuan dengan pihak KPID RIAU di ruangan Direktur Humas dan Kerja sama Universitas Abdurrab. Pertemuan membahas tentang perencanaan kerjasama terkait penyiaran ataupun konten-konten kreatif yang diproduk oleh para mahasiswa di Universitas Abdurrab Pekanbaru.

Bapak Bambang Suwarno selaku ketua koordinator kelembagaan KPID RIAU mengatakan bahwa “Pertemuan pihak KPID RIAU dengan Universitas Abdurrab adalah untuk meningkatkan kerjasama yang sudah ada selama ini dengan bentuk Memorandum of Understanding (MoU), dan di mana MOU ini akan dijabarkan lagi terkait kolaborasi antara Universitas abdurrab Pekanbaru dengan kpid Riau”. Kegitan yang dilakukan seperti dalam bidang pendidikan itu ada program magang, kemudian literasi, dan pengawasan isi siaran, serta edukasi mahasiswa terkait perkembangan media baru di era modern, sesuai dengan apa yang kita lihat bahwa sekarang banyaknya bermunculan konten-konten yang ditayangkan oleh masyarakat ataupun mahasiswa ke dalam media sosial yang di mana nantinya lembaga KPID sebagai (komisi penyiaran Indonesia daerah) akan menyelipkan pesan-pesan yang berisikan pedoman perilaku penyiaran dan standar program penyiaran. Sehingga konten-konten hasil kreativitas mahasiswa lebih terkontrol dan tidak menyalahi aturan ujarnya saat diwawancara di ruangan rektorat universitas abdurrab, jelas beliau.

Kenepri, S.IP., M.Si selaku direktur Humas Kerjasama dan Marketing Universitas Abdurrab Pekanbaru juga menanggapi bahwa  “Perencanaan MoU dari pihak KPID Riau dengan Universitas Abdurrab merupakan hal yang sangat positif baik itu untuk pihak kampus ataupun lembaga KPID RIAU sendiri, karena di mana nantinya kampus bisa berkontribusi untuk memberikan masukan-masukan terhadap kegiatan penyiaran yang dilakukan sehingga apa yang disiarkan nantinya juga mampu mengedukasi dan mendidik masyarakat.

Keuntungan dari perencanaan kerjasama ini kepada mahasiswa adalah sebagai wadah untuk para mahasiswa menambah pengalaman, baik dalam hal pengawasan dunia penyiaran, kemudian sebagai pembuka pintu kesempatan untuk mahasiswa magang, berkunjung ke lembaga KPID melalui cara kolaborasi dan literasi tentang bagaimana mahasiswa ataupun masyarakat bisa menonton secara baik terkhususnya untuk masyarakat Pekanbaru. Hal ini juga bisa sebagai referensi bagi mahasiswa yang melakukan penelitian penelitian terkait penyiaran, ujar ibu suci Shinta lestari selaku kaprodi Ilmu Komunikasi Universitas Abdurrab.


KOMENTAR