(+62) 761 387 62    [email protected]

Memperingati Hari Tuberkulosis se-Dunia, UPT Puskesmas Payung Sekaki melaksanakan Penyuluhan dan Screening HIV, Sifilis, dan TBC di Universitas Abdurrab

Rabu, 03 April 2024 | Dilihat 157 Kali

(03/04/2024-Humas Univrab) UPT Puskesmas Payung Sekaki melakukan serangkaian kegiatan dalam memperingati Hari Tuberkulosis se-Dunia tanggal 24 Maret lalu dengan hadir memberikan Penyuluhan dan Screening TBC serta HIV di Universitas Abdurrab.

 

Kegiatan ini diawali dengan Quis ABAT “Aku Bangga Aku Tahu” kepada para mahasiswa-mahasiswi yang hadir, dengan quis yang berlangsung dilaksanakan dengan penuh semangat dengan adanya tanya jawab juga dari mahasiswa kepada dokter yang hadir dari UPT Puskesmas Payung Sekaki. Acara dilanjutkan dengan Penyuluhan mengenai Penyakit TBC dan HIV oleh dr. Yulyati Christin Aruan.

 

“Acara ini sejalan dengan memperingati Hari Tuberkulosis se-Dunia dengan Tema “Gerakan Indonesia Akhiri Tuberkulosis”, namun TBC itu sendiri sangat erat kaitannya dengan HIV, sehingga kita berikan juga informasi mengenai HIV. Setelah penyuluhan ini saya harap adik-adik sekalian dapat memberi tahu informasi terkait TBC dan HIV ini ke teman-teman dan saudara-saudara dari adik-adik sekalian, karena masih awamnya pengetahuan dan informasi mengenai TBC dan HIV. Dan selanjutnya setelah ini adik-adik akan melakukan screening awal TBC dan HIV karena HIV Stage 1-2 biasanya tidak kelihatan gejala nya, maka untuk antisipasi jika adik-adik mungkin ada carrier bisa nanti kita lihat hasilnya”, ungkap dr. Yulyati Christin Aruan.

 

Acara ditutup dengan Screening HIV, Sifilis, dan TBC yang disediakan oleh UPT Payung Sekaki terhadap dosen dan mahasiswa-mahasiswi Universitas Abdurrab.


KOMENTAR