(+62) 761 387 62    [email protected]

Menghadirkan Teknologi Terbaru, Yayasan Abdurrab serah terima Alat HPLC 3100 Binary Gradient Semi-Preparative ke Universitas Abdurrab

Rabu, 28 Februari 2024 | Dilihat 261 Kali

Fakultas Farmasi dan Ilmu Kesehatan Universitas Abdurrab me-launching-kan alat HPLC dengan teknologi terbaru yaitu HPLC 3100 Binary Gradient Semi-Preparative.

Hal ini ditandai dengan serah terima Alat HPLC dari Yayasan Andurrab ke Fakultas Farmasi dan Ilmu Kesehatan Universitas Abdurrab yang dilaksanakan di Ruangan Theater II Universitas Abdurrab, Rabu (28/2/2024).

Acara ini dihadiri oleh Pembina Yayasan Abdurrab, Ibu Dr. dr. Susiana Tabrani M.Pd, Rektor Universitas Abdurrab Ibu Prof. Susi Endrini, S.Si M.Sc Ph.D, Wakil Rektor I Ibu apt. Isna Wardaniati, M.Farm, Wakil Rektor II Ibu Liza Tresnawati, M.Kom, Wakil Rektor III dr May Valzon M.Sc, Dekan Fakultas Kedokteran Univrab, Dr. dr. Syamsul Bahri Riva’I, Sp.OG, Dekan Fakultas Farmasi dan Ilmu Kesehatan Ibu apt. Azlaini Yus Nasution, M.Farm, serta keluarga besar Universitas Abdurrab. Acara ini juga dihadiri oleh tamu undangan dari Ketua Himpunan Kimia Indonesia yaitu Ibu Prof. Maria Erna beserta tim, dan Tim dari PT. Medquest Mitra Global yaitu Bapak Moh. Reyyan PL, Mr. Frank dan Mr. Jack.

Rektor Universitas Abdurrab, Prof. Susi Endrini, S.Si, M.Sc Ph.D dalam penjelasannya mengatakan " HPLC (High Performance Liquid Chromatography) adalah sebuah teknik analisis kimia yang digunakan untuk memisahkan, mengidentifikasi, dan mengukur kandungan komponen dalam campuran larutan. Dan pada hari ini Alhamdulillah telah datang alat kita yaitu HPLC dengan teknologi yang terbaru dan paling canggih. Semoga kedepannya alat ini dapat berguna terkhusus untuk penelitian-penelitian dosen dan mahasiswa kita nantinya. Saya mengajak rekan-rekan untuk sama-sama kita menjaga dan memanfaatkan alat ini dengan baik," terangnya.
 
Acara dilanjutkan dengan Workshop HPLC 3100 Binary Gradient Semi-Preparative oleh Medquest Product Executive yaitu Ibu Rifka Rahayu Agustiana, beliau menjelaskan mengenai keunggulan dari kemutakhiran alat ini yaitu diantaranya, dengan Teknologi Semi-Preparative Gradient System, Detektor: PDA (bisa menggunakan beberapa Panjang gelombang), 2D dan 3D peak, Include Fraction Collector (dapat menampung berbagai fraksi by peak, level, dan retention time), sampel injector (manual dan auto-sampler) dengan 96 hole, Include column oven sampai 85oC, Pump flow rate 0.001-10000 mL/min, dan LOD 4x10 g/mL.

Acara ditutup dengan penyerahan alat HPLC 3100 Binary Gradient Semi-Preparative antara Pembina Yayasan Abdurrab Ibu Dr. dr. Susiana Tabrani M.Pd kepada Rektor Universitas Abdurrab Ibu Prof. Susi Endrini, S.Si M.Sc Ph.D. Setelah acara penyerahan usai, dilanjutkan dengan Workshop Hands-on HPLC 3100 Binary Gradient Semi-Preparative di Laboratorium Riset Universitas Abdurrab.


KOMENTAR