(+62) 761 387 62    [email protected]

Pelatihan Pembuatan Paper Soap Berbahan Organik dengan Ibu-ibu UMKM Melalui Kegiatan Pengabdian Masayarakat Dosen Universitas Abdurrab

Selasa, 12 Juli 2022 | Dilihat 1279 Kali

(Humas Univrab-Pekanbaru, 12/07/2022) Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Abdurrab pak Wahyu Ramadhan S.Sos., MA bersama tim melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat berupa pelatihan pembuatan Paper Soap berbahan organik sebagai Alternatif UMKM kreatif dimasa pandemi. Pema dilakukan di desa Kubang Jaya kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar.

Paper Soap merupakan salah satu produk unik untuk mencuci tangan sebagai alternatif pengganti sabun cair sehingga sabun kertas ini dapat dibawa kemanapun dan kapanpun saat berpergian, jelas pak Wahyu yang merupakan kepala bagian Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Abdurrab. Pak Wahyu mengatakan bahwa “Paper soap dibuat dengan bahan dan alat yang sangat sederhana, sehingga dalam proses pembuatannya hanya diperlukan waktu sekitar 5 menit. Bahan dan alat utama yang digunakan terdiri dari sabun cair, kertas minyak atau kertas larut air (water soluble paper), dan alas atau nampan”.

Ibu-ibu UMKM yang merupakan sasaran dalam kegiatan pema ini mengikuti pelatihan dengan sangat antusias dengan memperhatikan bagaimana proses pembuatan sabun kertas, karena masyarakat saat ini baru mengetahui adanya produk sabun kertas dan dapat dibuat sendiri.

Proses pembuatan paper soap cukup singkat, hanya menyediakan alat dan bahan utama seperti pada gambar tersebut lalu letakkan kertas minyak diatas alas atau nampan kemudian sisakan bagian atas sekitar 3 cm untuk bagian yang tidak terkena sabun. Selanjutnya tuangkan sabun cair diatas kertas minyak dan ratakan hingga semua bagian sisi kertas minyak terkena sabun cair. Setelah itu dilakukan proses penjemuran hingga kering dan apabila sudah kering kertas minyak tersebut bisa dipotong-potong sesuai selera bisa lebih besar ataupun lebih kecil. Cara pembuatan sabun kertas ini juga dibuat sebuah video tutorial yang akan diunggah di media sosial agar dapat menjadi gambaran masyarakat jika ingin membuat sabun kertas sendiri, ungkap pak Wahyu

Ucapan terimakasih juga disampaikan oleh ibu-ibu UMKM desa Kubang Jaya kepada tim pengabdian atas pemberian ilmu yang sangat bermanfaat.


KOMENTAR