(+62) 761 387 62    [email protected]

Pengabdian Masyarakat Dosen Univrab Pengenalan Literasi bersama Anak Panti Asuhan

Selasa, 18 Agustus 2020 | Dilihat 1238 Kali

(Humas Univrab-Pekanbaru, 18/08/2020)Pengenalan Literasi untuk Mengembangkan Wawasan Keislaman Anak di Masa New Normal di Panti Asuhan Putra Muhammadiyah merupkan judul pengabdian masyarakat dosen bahasa Indonesia dan dosen Studi Islam Universitas Abdurrab. Pengabdian masyrakat ini diadakan pada hari Sabtu, 15 Agustus 2020 pukul 09.30 di Panti Asuhan Putra Muhammadiyah Pekanbaru.

Kegiatan pemas dengan tema literasi ini bertujuan membuat anak-anak menjadi cinta akan membaca, meskipun pada faktanya literasi sendiri tidak hanya sekadar membaca. Sebagai penerus generasi selanjutnya merekalah yang menjadi cikal bakal pemimpin selanjutnya, berharap mereka tidak terlena akan kemudahan teknologi dan menjadi malas akan tetapi menjadikan mereka lebih giat dan mampu bersaing dengan negera lainnya, kata pak Campin veddayana yang merupakan dosen bahasa Indonesia Univrab.

Kegiatan pemas di Panti Asuhan Putra Muhammadiyah dibuka dengan membaca ayat Suci Alqur’an dan pembacaan doa oleh pak Riski Alwi. Kemudian dilanjutkan dengan memberikan materi. Para pemateri menyampaikan tentang penjelasalan literasi oleh Campin Veddayana, gerakan membaca 15 menit setiap hari oleh Fenny Anita, dan nilai-nilai keislaman yang diterapkan dalam kegiatan literasi oleh Muhammad Irham. Kegiatan pemas ini dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan.  Kegiatan pemas ini mendapatkan sambutan yang baik dari Pihak Panti Putra Muhammadiyah Pekanbaru, yang ditandai oleh antusias dan keikutsertaaan para peserta dalam mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir. Mereka sangat menikmati kegiatan, karena kegiatan ini juga dibingkai dalam bentuk “Belajar dan Bermain”, ungkap pak Muhammad Irham yang merupkan dosen Studi Islam Univrab.

 Alhamdulillah anak-anak panti asuhan putra muhammadiyah sangat antusias mengikuti acara tersebut. Mereka memahami apa yang di sampaikan oleh pemateri. Disamping itu, mereka juga senang dan bahagia mengikuti beberapa permainan-permainan yang sangat seru dan mendidik, jelas pak Rizal Effendi dosen studi islam Univrab penuh rasa syukur.

Kegiatan ini, hendaknya tidak berhenti sampai di sini, harapannya silaturrahmi antara tim pengabdi dengan pihak panti tetap terjaga, dan tetap saling berkontribusi dalam rangka berbagi keceriaan, ungkap  pak Irham menutp pembicaraan (FC)


KOMENTAR