(+62) 761 387 62    [email protected]

Rektor Universitas Abdurrab Lepas 430 Mahasiswa KKN

Kamis, 03 Agustus 2023 | Dilihat 353 Kali

Rektor Universitas Abdurrab (Univrab) Prof Susi Endrini SSi MSc PhD  melepas sebanyak 430 mahasiswa KKN yang diberinama Pelepasan International KKN Univrab dan UTHM di halaman kampus Univrab. Pelepasan tersebut ditandai dengan menerbangkan balon oleh Rektor Univrab, Rabu (1/8). Rektor dalam sambutannya mengatakan, tahun ini  denganl tema ‘'Generasi Rabbani Emas’’.  Mengingat Universitas Abdurrab sedang bergema untuk mencapai satu visi dan misi besar yakni menjadi perguruan tinggi unggul.

‘’Menjadi perguruan tinggi unggul, mahasiswa dan alumninya itu juga harus unggul. Bagaimana menjadi seorang yang unggul, kembali kepada nilai-nilai apa yang ditanamkan oleh kampus. Mahasiswa KKN harus ingat tiga nilai-nilai  yakni, Rabbani, Amanah dan Beradab.  Nilai tersebut harus diimplementasikan di masyarakat dan nilai ini sudah dipelajari mereka dari semester 1 sampai semester VI,’’ paparnya.

Tema yang diambil tahun ini dikaitan dengan visi Indonesia Emas 2045. Univrab mempunyai visi Univrab Unggul 2035. ‘’Jadi visi ini kami satukan menjadi satu pencapaian Generasi Emas Rabbani. Jadi Rabbani itu kita tanamkan kepada mahasiswa,’’ tuturnya.

Tahun 2023, Univrab mengadakan KKN International bersama UTHM dan sudah tahun ke 2. Tahun lalu yang ikut hanya dosen UTHM. Tahun ini dosen dengan mahasiswanya. Mahasiswa UTHM berjumlah lima orang dengan dosen pendamping dua. ‘’Tahun depan kami juga akan ke sana. KKN rencananya mengambil tempat di Malaysia. Itu merupakan ikhtiar menjadi internasionalisasi,’’ terangnya.

Dia mengatakan, KKN berlangsung selama satu bulan. Agenda pada Mingggu pertama memperlihatkan kompetensi mahasiswa. Agenda Minggu kedua tentang literasi. Agenda Minggu ketiga tentang digitalisasi. Agenda Minggu keempat tentang inovasi. ‘’Empat pilar ini kami buatkan perminggu untuk mahasiswa. Nanti mahasiswalah yang mengeksplor. Misalnya kompetensi mereka apa. Kalau mahasiswa kedokteran misalnya bagaimana status kesehatan masyarakat sekitar, apakah posyandu perlu dibantu. Pada minggu kedua dilihat literasi di masyarakat apakah sudah rajin membaca, adakah yang masih buta huruf, itu semua diperhatikan. Kemudian minggu ketiga digitalisasi. Sekarang ini arahnya teknologi dan digital. Dilihat apakah masyarakatnya sudah melek teknologi. Minggu keemat inovasi apa yang diberikan kepada masyarakat.              

Senada dengan itu, Ketua Pelaksana KKN Univrab Wahyu Ramadhan SSi MSc mengatakan, 430 mahasiswa KKN akan tersebar di 30 lokasi. Daerahnya sekitar Pekanbaru, Pulau Rupat dan daerah lainnya di Riau. KKN ini kita berkolaborasi dengan KKN internasional di mana KKN ini dihadiri oleh perguruan tinggi Malaysia yakni UTHM. Bergabung dua professor dan lima orang mahasiswa dari UTHM tersebut.


KOMENTAR