(+62) 761 387 62    [email protected]

Tarhib Ramadhan Bersama Fakultas Kedokteran

Senin, 28 Maret 2022 | Dilihat 573 Kali

(Humas Univrab-Pekanbaru, 28/03/2022) Fakultas Kedokteran Universitas Abdurrab mengadakan kegiatan Tarhib Ramadhan. Tarhib Ramadhan diadakan di Susiana Tabrani Convention Hall, Kampus 2. Kegiatan Tarhib Ramdhan ini dilaksanakan pada Minggu (28/3).

Peserta yang hadir dalam acara ini adalah Ketua Yayasan dr.Ivan Tabrani, M. Kes, Pembina CINTAI RAB Yayasan Abdurrab Dr. Ali Rakhman, MA (sekaligus sebagai pemateri tausiyah), Rektor, Warek I, Warek III, Dekan Fak.Kedokteran Univrab, Wadek I Fak.Kedokteran Univrab dr.Ratih Ayuningtyas, MM, Kaprodi Pendidikan Dokter dr.Uli Astuti, M.Biomed, Kaprodi Profesi Dokter dr.Faisal,SpPD,FINASIM, para dosen di Fak.Kedokteran Universitas Abdurrab

Tarhib Ramadhan ini bertujuan untuk bersilaturahim menjelang Ramadhan 1443 H dan permulaan kajian Rabbani, Amanah, Beradab Values yang akan rutin diadakan sebulan sekali untuk para dosen dokter specialis Fakultas Kedokteran Universitas Abdurrab, jelas dr. Feri Andri Utomo, M.Biomed.

Materi kajian di acara Tarhib Ramadhan ini disampaikan oleh Dr. Ali Rakhman tentang bagaimana ramadhan mampu menghidupkan kembali keruhanian manusia. Dalam kajian tersebut dibahas posisi ruh, jiwa, nafsu serta fisik jasmani yang menjadi komponen manusia sesuai dengan islam.

“Dari penjabaran ustad Ali hal ini membuat diskusi menarik diantara para peserta kajian yang  merupakan dokter-dokter dan dosen-dosen dari berbagai bidang ilmu kedokteran di Fakultas Kedokteran Universitas Abdurrab membahas tentang bagaimana ruh dan jiwa dalam perspektif ilmu kedokteran barat dan islam”, ungkap dr. Feri.

dr. Feri juga menjelaskan bahwa acara Tarhib Ramadhan Fakultas Kedokteran Univrab ini menjadi awal kajian Rabbani, Amanah dan Beradab Values dengan pendekatan pembahasan bagaimana manusia yang secara fisik sudah banyak dipelajari oleh para dosen Fak.Kedokteran Univrab kemudian dikaji menurut perspektif islam. Bahkan, Rektor Universitas Abdurrab berharap lewat kajian rutin ini dapat dihasilkan artikel-artikel ilmiah sebagai kewajiban tridarma riset dosen yang berdasarkan Rabbani,Amanah dan Beradab Values. (fny)


KOMENTAR