(+62) 761 387 62    humas@univrab.ac.id

Terapkan Prokes, Universitas Abdurrab Gelar PKKMB

Selasa, 05 Oktober 2021 | Dilihat 107 Kali

(Humas Univrab, 05/10/2021) Universitas Abdurrab mengelar pembukaan kegiatan PKKMB (Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru) di Susiana Tabrani Conventional Hall, Jalan Bakti Pekanbaru, Kamis (30/9). Kegiatan PKKMB dengan tema “Future Leaders: Pioneers of Change ini melibatkan  personel Korem 031/ Wira Bima untuk melatih kedisiplinan mahasiswa baru.

PKKMB digelar hybrid yaitu  ada yang online dan offline. Untuk offline mahasiswa baru yang berasal dari Pekanbaru, Pelalawan dan kampar yang jumlah pesertanya 250 orang. ‘’Alhamdulillah mahasiswa baru mendapatkan pembekalan dan pelatihan kedisplinan dua hari dan mahasiswa lama satu hari dari Korem 031/ Wira Bima. Kita harapkan dengan pembekalan disiplin dan pelatihan ini akan merubah pola sikap mahasiswa.  Kegiatan PKKMB ini juga terpantau Satgas Covid-19 dan tetap mengikuti protokol kesehatan,’’ jelas Wakil Rektor 1 Dr. dr. Syamsul Bahri Riva’i,  Sp.OG.

PKKMB berlangsung 4 hari. Hari pertama pembukaan, hari ke-2 diserahkan kepada masing-masing prodi. Hari ke-3 dan 4 bersama Korem 031/Wira Bima.  Sanggar Tari Tuah Kirana dari UKM menampilkan Tarian “Wonderful Indonesia” untuk menyambut mahasiswa baru. Dalam pembukan juga diadakan Trigger Discussion for New Students dan interactive session untuk lebih mengenal Universitas Abdurrab.

‘’Punya suatu inovasi baru, dimana PKKMBnya tidak hanya one way (tidak satu arah saja). Dalam interactive session tidak hanya dari pemateri yang aktif, tetapi mahasiswanya juga  aktif di dalam proses diskusi. Panitia memberikan suatu skenario masalah pada tiap kelompok dan kelompok berdiskusi untuk memecahkan masalah tersebut.  Sangat baik sekali dan sesuai dengan keinginan kita yaitu melahirkan mahasiswa dengan karakter seorang pemimpin di masa depan yang legend of chance,’’  ungkap Rektor Prof Susi Endrini, S.Si., M.Sc., Ph.D sembari memuji penampilan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Sanggar Tuah Kirana Abdurrab.

Rektor berprestasi ini memberikan apresiasi PKKMB hari ini berlangsung  spektakuler. Walau persiapan singkat, namun berkat gerak cepat tim kegiatan ini bisa sukses terlaksana. Berbeda dari PKKMB 2020, tahun ini peran aktif dari mahasiswa baru diharapkan dan juga menerapkan proses disiplin dan 5 S (senyum, salam, sapa, sopan dan santun).

“Kita juga melibatkan pihak Korem untuk mengawasi dan mendisiplinkan kegiatan PKKMB. Kegiatan ini  juga bukan hanya mengajarkan tentang kedisplinan untuk mahasiswa  baru, namun tetap dibarengi dengan menanamkan nilai Rabbani, Amanah, Beradab (RAB Value) dan berharap adik-adik mahasiswa menjadi pribadi yang tangguh, kuat dan mampu bersaing dengan professional namun tetap menerapkan nilai-nilai Rabbani Amanah dan Beradab ,” imbuhnya.

Ketua Pelaksana PKKMB Wahyu Ramadhan, S.Si., M.Sc mengharapkan dengan PKKMB ini mahasiswa baru dapat mengenal kampus Universitas Abdurrab. Selain itu juga bisa menerapkan RAB Value dan nilai 5S  serta dapat aktif, berfikir cepat dan kritis.  ‘’Dalam acara ini dan merasakan keseruan-keseruan yang ada di PKKMB pada tahun ini,’’ sebut Wahyu.


KOMENTAR