(+62) 761 387 62    [email protected]

Universitas Abdurrab Menghadiri Kegiatan Fasilitasi dan Visitasi Peningkatan Kerja Sama PTS di Lingkungan LLDIKTI Wilayah X dengan Perguruan Tinggi dari Malaysia

Selasa, 04 Juli 2023 | Dilihat 597 Kali

Wakil Rektor 1 Universitas Abdurrab apt. Isna Wardaniati, M. Farm menghadiri kegiatan Fasilitasi dan Visitasi Peningkatan Kerja Sama PTS di Lingkungan LLDIKTI Wilayah X dengan perguruan tinggi dari Malaysia di Universitas Internasional Batam pada Kamis (8/6).

Kegiatan ini bertemakan “A Discussion on Collaboration Opportunities for Future Partnerships between PTS in the coverage areas of LLDIKTI Wilayah X and Universities in Malaysia”. Kegiatan ini dihadiri oleh 62 PTS di lingkungan LLDIKTI Wilayah X. Sementara itu, dari Malaysia, dihadiri oleh Universiti Tun Hussein Onn Malaysia, Universiti Teknologi Malaysia, Universiti Selangor, Universiti Tuanku Abdul Rahman, dan Universiti Teknologi MARA.

Kepala LLDIKTI Wilayah X Afdalisma dalam sambutannya mengatakan kerja sama perguruan tinggi baik dengan mitra dalam negeri maupun mitra luar negeri menjadi hal yang mutlak dilakukan. Perguruan tinggi punya kewajiban untuk memberikan ruang kepada mahasiswa dan dosen untuk mendapatkan pengalaman di luar kampus. Prodi bahkan dituntut untuk menjalin kolaborasi dengan mitra kelas dunia untuk dapat menyempurnakan kualitasnya agar setara dengan prodi pada universitas kelas dunia.

Selanjutnya beliau menjelaskan bahwa banyak program yang dapat dilaksanakan bersama, seperti joint degree, dual degree, student exchange, joint publication, joint research, curriculum development, academic staff Exchange, visiting professor, visiting lecturer, student mobility, community service, research and human resource development, joint seminar/conference/workshop, international credit transfer/credit transfer.

“Sebelumnya penilaian indikator kinerja hanya untuk PTN saja, tetapi mulai tahun ini penilaian tersebut juga berlaku untuk PTS. Sehingga, PTS diminta untuk melaporan hasil pelaksanaan kerja sama yang nantinya akan dievaluasi oleh Kemendikbudristek”, kata Afdalisma.


KOMENTAR