(+62) 761 387 62    humas@univrab.ac.id

Universitas Abdurrab Gelar Acara Wisuda Tahun Akademik 2021/2022

Rabu, 22 Desember 2021 | Dilihat 199 Kali

(Humas Univrab, 22/12/2021)Universitas Abdurrab dan STIE Iqra Annisa mengadakan acara wisuda. Acara wisuda diadakan Selasa  dan Rabu (21-22/12) di Susiana Tabrani Conventional Hall (SCTH). Peserta wisudawan/wati tahun akdemik 2021/2022 ini diikuti oleh 404 orang dari Universitas Abdurrab dan 20 wisudawan STIE Iqra Annisa. Peserta wisuda/wati hadir dalam prosesi didampingi oleh keluarga dengan menerapkan protokol kesehatan covid -19 ketat.  

Hadir pada acara yang berlansung selama dua hari itu  kepala LLDIKTI Wilayah X Prof. Dr. Herri, MBA dan Koordinator Akademik, Kemahasiswaan Ely Susanti, SE., MM dan Sekretaris Kopertais Wilayah XII Ahmad Mas’ari, SHI., MA., Hk serta ketua yayasan Abdurrab dr. Ivan Tabrani, M.Kes. 

Acara wisuda dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an dan doa oleh Ust. Rizki Alwi, M.HI dosen Imu Komunikasi Universitas Abdurrab. Rektor Universitas Abdurrab Prof. Susi Endrini, S.Si., M.Sc., Ph.D dalam sambutannya menyampaikan capaikan kinerja Universitas Abdurrab tahun 2020/2021. Akreditasi institusi dari C menjadi Baik Sekali. Fakultas kedokteran  telah berhasil mendapatkan akreditasi B serta semua prodi sudah terakreditasi B kecuali program studi yang baru dibuka yaitu S1 Farmasi dan S1 Kebidanan.

Prof. Susi Endrini, S.Si., M.Sc., Ph.D melanjutkan dalam sambutanya menjelaskan pada tahun 2021 ini peringakatan yang dilakukan didalam Sistem Pembelajaran Daring Indonesia (SPADA) univrab berhasil menduduki rangking ke-90 Nasional dari 3300 PTN dan PTS seluruh Indonesia. Posisi Universitas Abdurrab telah menjadi Universitas Abdurrab ke-2 terbaik di Provinsi Riau, ke-4 terbaik di wilayah Sumbar, Riau Jambi, Kepri. Sedangkan untuk pembelajaran daring Universitas Abdurrab menduduki peringkat ke-1 di Provinsi Riau dari PTN dan PTS.

Penyampaian capaian lain yang disampaikan oleh Prof Susi Endrni tentang capaian prestasi mahasiswa ditingkat internasional. Bella Arianti Mahasiswa D3 Fisioterapi menjadi pemenang ke-3 scientific Article writing di tingkat internasional . Adapun capaian prestasi mahasiswa di tingkat nasional  Mahasiswa Ilmu Komunikasi pemenang pertama sebagai penulis naskah dan actor festival film pendek provinsi riau, Pemenang ke-3 Sutradara dan penulis naskah film pendek seprovinsi Riau serta menjadi duta kampus merdeka nasional. Mahasiswa prodi Psikologi sebagai pemenang kedua qiroah nasional psiokologi se Indonesia,  pemenang ke-3 penelitian keratif tingakat nasional. Mahasiswa prodi Farmasi dan kebidanan menjadi pememang putra putri kampus.  Mahasiswa kedokteran menjadi pemenang ke-3 duta gerakan masyarakat se provinsi Riau, dan Tuan Rumah Musyawarah nasional ikatan senat mahasiswa kedokteran Indonesia.

Dibidang penelitian Prof Susi Endrini, S.Si, M.Sc, Ph.D menyampaikan universitas Abdurrab menduduki peringkat madya dan bidang pengabdian peringkat memuaskan. Alhamdulillah, baru-baru tanggal 20 Desember kemarin Universitas Abdurrab telah berhasil menjadi pemenang Dana Hibah Penelitian Kebijakan Merdeka belajar Kampus Mardeka dan pengembangan penelitian pengabdian masyarakat yang merupakan hilirisasi dari produk penelitian senilai 1, 3 M  dan kembali menjadi satu-satunya perguruan tinggi di Provinsi Riau yang mendapatkan hibah ini, tutur Prof Susi dengan dengan rasa syukur.  

Dalam pengembangan kampus Abdurrab Prof. Susi Endrini menyampaiakan Yayasan Abdurrab terus berkomitmen untuk semakin meningkatkan kualitas Universitas Abdurrab dengan memulai pembangunan dengan meletakkan batu pertama yang nantinya akan menjadi kamupus 3 dan Rumah Sakit Pendidikan Univrab di daerah Rimbo Panjang. Yayasan abdurrab juga telah membuat kampus 2 Fakultas kedokteran di jalan bakti seluas 5. 5 hektar. Tidak hanya dibidang pembenagunan fisik dibidang peningkatan sumber daya manusia, sebanyak 25 Dosen sedang melanjutkan S3 Keluar dan dalam atas beasiswa yayasan dan pemerintah. Dan adanya satu orang dosen Universitas Abdurrab yang berhasil meraih dana hibah dari dikti pada program word class professor (WCP) ditahun 2021.   

Sebelum menutup sambutannya, Prof Susi  Endrini berharap Universitas Abdurrab bisa kedepannya menjadi kampus unggul dan profesional berlandaskan Nilai-nilai rabbani, amanah dan berdab.

Senada dengan rektor, Dr. dr. Susiana Tabrani, M.Pd pembina yayasan Abdurrab mengawali sambutannya dari sejarah berdirinya universitas Abdurrab sejak tahun 1994. Berawal dari keprihatinan ayahanda beliau Prof. Tabrani Rab tentang kondisi pendidikan dan kesehatan di Propinsi Riau.  Maka Prof Tabrani mendirikan lembaga pendidikan dengan diawali dari pendirian sekolah menengah analis kesehatan. Dalam perlajanannya Prof Tabrani mengembangkan institusi ini menjadi Universitas Abdurab di tahun 2005 dan tahun 2008 berdirilah fakultas kedokteran, Jelas Dr. dr. Susiana Tabrani.

Semangat dan kepedulian Prof Tabrani terhadap kemajuan pendidikan anak-anak didaerah semoga menjadi inspirasi bagi para widawan/wisudawati dalam menuntut ilmu. Dr. dr. Susiana Tabrani menyampaiakan pesan agar para mahasiswa yang diwisuda untuk menjadi orang sesuai dengan nilai rabbani, amanah dan beradab. Dr. dr Susiana Tabrani berharap nilai tersebut tidak hanya menjadi jargon tetapi terinternalisasi dalam prilaku sehari-hari, harap dr. Susiana menjelaskan lebih lanjut.

Prof. Herri, M.BA ketua LLDIKTI wilayah X memberikan ucapan selamat kepada para Wisudawan/wati Universitas Abdurrab. “selamat kepada Universitas Abdurrab dan orang tua yang telah berhasil mengantarkan anaknya untuk menyesaikan studinya”, Uccap Herri.  Prof Herri juga mengapresiasi capaian-capaian yang telah diraih oleh universitas Abdurrab selama dua tahun selama 2 tahun terakhir.

Prof Herri berpesan “agar tidak berpuas diri dan terus meningkatkan mutu sesuai dengan perkembangan zamannya karena ilmu pengetahuan terus megalami perkembangan dan jika tidak diikuti maka kita akan tertingggal”, tegas Prof Herri.

Prof Herri juga tidak lupa mengucapkan terimakasih atas kontribusi Universitas Abdurrab dalam memajukan dunia pendidikan masyarakat khusunya di Propinsi Riau karena hamper 60% mahasiswa itu ada di pergruan tinggi swasta. Abdurrab telah menunjukan peran yang sentral dalam menghasilkan adik-adik sarjana dari prodi kesehatan dan prodi lainnya, ungkap Prof. Herri mengahiri ucapan selamat kepada wisudawan dan wisudawati.  


KOMENTAR