(+62) 761 387 62    [email protected]

Universitas Abdurrab Melepas 20 Mahasiswa yang Lolos pada kegiatan MBKM Program PMM Angkatan 3 dan MSIB Angkatan 5

Rabu, 09 Agustus 2023 | Dilihat 500 Kali

Universitas Abdurrab mengadakan acara pelepasan mahasiswa yang mengikuti kegiatan MBKM Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) angkatan 3 dan Program Mahasiswa Magang dan Study Independent Bersertifikat (MSIB). Acara pelepasan ini dilaksanakan pada Rabu (9/8) di ruangan Teater 1. Acara ini dihadiri oleh Rektor, Dekan dan Kaprodi dilingkungan Universitas Abdurrab serta Mahasiswa yang lulus PMM angkatan 3 dan MSIB angkatan 5.

Rektor Universitas Abdurrab dalam sambutannya mengucapkan Tahnia kepada adik-adik mahasiswa-mahasiswi yang sudah mendapatkan apresiasi, peluang untuk mengembangkan sayap ke daerah yang jauh dari Jawa sampai ke Papua yang merupakan program pemerintah kita dan pesan saya jagalah almamater yang adinda pakai pada hari ini selama 4 bulan di tempat orang.

“Alhamdulillah pada tahun ini kita mengalami pencapaian yang sangat signifikan pada program PMM ini dari tahun sebelumnya hanya 1 orang yang lolos dan tahun ini 17 orang yang lolos”, ungkap Prof. Susi Endrini, S.Si., M.Sc., Ph.D. Semoga untuk tahun depan ada peningkatan mahasiswa yang mengikuti MBKM, baik di tingkat nasional maupun di tingkat Internasional. Karena kegiatan Ini menjadi Indikator Kinerja Utama (IKU) Universitas Abdurrab. Dengan demikian diharapkan seluruh Kaprodi di Universitas Abdurrab memberikan dorongan kepada mahasiswanya untuk mengikuti kegiatan MKBM ini, harap ibu Rektor.

Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) adalah program yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang bertujuan mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan untuk bekal memasuki dunia kerja. Melalui kebijakan ini, Kampus Merdeka memberikan kesempatan kepada mahasiswa memilih mata kuliah yang akan mereka ambil di luar program studi pada perguruan tinggi yang sama, pada program studi yang sama di perguruan tinggi yang berbeda, pada program studi yang berbeda di perguruan tinggi yang berbeda, dan/atau pembelajaran di luar perguruan tinggi. Bentuk kegiatan pembelajaran sesuai dengan Permendikbud No 3 Tahun 2020 Pasal 15 ayat 1 dapat dilakukan di dalam Program Studi dan di luar Program Studi 2 Diantaranya adalah Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka tahun 2023 (PMM 3) dan Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB).

Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka tahun 2023 (PMM 3) merupakan sebuah program mobilitas mahasiswa selama satu semester untuk mendapatkan pengalaman belajar di perguruan tinggi di Indonesia sekaligus memperkuat persatuan dalam keberagaman. “Pada Tahun 2023 ini mahasiswa yang mengikuti Program PMM 3 dari Universitas Abdurrab sebanyak 17 orang dari 20 orang yang mendaftar”, ungkap pak  Rahmat Tisnawan, S.Si., M.T yang merupakan kepala  Kemahasiswaan alumi P2k dan Pusat Bahasa, Pustaka dan MBKM.   Mahasiswa  yang lolos berasal dari berbagai prodi Farmasi, prodi Kebidanan dan prodi Psikologi dan mahsiswa ini juga ditempatkan di kampus tersebar seluruh Indonesia mulai Indonesia barat, tengah sampai Indonesia  timur, ungkap beliau.

Selanjutnya, mahasiswa dari Universitas Abdurrab juga lolos dalam MSIB yaitu Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat berjumlah 2 orang yang beraasl dari Prodi Ilmu Komunikasi yang ditempatkan di PT Garuda Cyber Indonesia sebagai content Creator  dan seabagai Jurnalis, jelas pak Rahmat.

Mahasiswa Abdurrab yang mengikuti Program PMM3 dan MSIB ini mulai berangkat ke kampus dan PT tujuan dengan bertahap, mulai tanggal 10 Agustus 2023 Hingga Akhir September 2023.


KOMENTAR