(+62) 761 387 62    humas@univrab.ac.id

Univrab Inisiasi Workshop Tata Kelola dan Penyusunan Renstra

Kamis, 11 April 2019 | Dilihat 79 Kali

Pekanbaru, 11 April 2019. Bertempat di ruang serbaguna thariq bin Dziyat lantai 1 Universitas Abdurrab, Universitas Abdurrab mengadakan workshop tata kelola dan penyusunan perencanaan strategis. Acara ini akan berlangsung selama 3 hari penuh, dimulai sejak tanggal 11 April 2019 dan akan dilanjutkan di tanggal 22- 23 April 2019. Hadir di acara tersebut Prof. Susi Endrini, S.Si., M.Sc., Ph.D, Rektor Universitas Abdurrab sekaligus pemateri pertama pada workshop ini. Para dekan dan ketua prodi, beserta jajaran dosen dan staff bagian wajib menjadi peserta.  

Acara yang dipandu oleh Ibu Sri Kartini, M.Kes membahas tentang Workshop Tata Kelola dan Penyusunan Rencana Strategi, Program Kerja, dan Rencana Anggaran Belanja Tahunan. Ini merupakan upaya universitas Abdurrab untuk dapat memberikan orientasi yang seragam bagi setiap elemen atau sub sistem di tingkat Perguruan Tinggi.  Sehingga diharapkan nantinya dapat tercipta suatu kesatuan kerja yang efektif dan solid dalam usaha Universitas Abdurrab menuju hasil kerja yang diharapkan. Workshop ini menjadi salah satu langkah stategis yang sangat penting untuk menentukan cita-cita yang ingin dicapai Universitas Abdurrab di masa mendatang.

Sebelum dilakukan pembagian dan presentasi kelompok dari masing-masing program studi dan lembaga, Prof. Susi Endrini, S.Si., M.Sc., Ph.D, memberikan materi terkait pentingnya sebuah rencana strategis dalam sebuah institusi, terkhusus bagi sebuah lembaga Perguruan Tinggi. Beliau menjelaskan bahwa Rencana Strategis bertujuan untuk mengidentifikasi hal-hal yang ingin dicapai oleh institusi dan langkah-langkah terukur yang harus diambil untuk dapat mencapainya, sehingga dapat menjadi induk atau acuan dalam pengambilan setiap keputusan.

Dalam pelaksanaannya, masing-masing kita harus memiliki kemampuan untuk memahami cara untuk mengokestra setiap komponen, membingkainya dalam suatu perencanaan yang bagus yang secara konsisten dapat mengawal setiap penerapan rencana. Sehingga nantinya jika ada program yang tidak menginduk pada renstra yang sudah dibuat, maka program tersebut harus dipertimbangan dengan matang terlebih dahulu.” Tegasnya.

Selain itu, beliau juga menjelaskan tentang acuan untuk membuat renstra yang bagus. Salah satunya tertuang dalam Undang Undang no 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi yang meliputi Peningkatan Efisiensi Internal Perguruan Tinggi dan Penguatan Kelembagaan Perguruan Tinggi yang menjadi dasar pembuatan visi, misi, tujuan, dan sasaran tiap program studi dan lembagai/ bagian.

“Rencana Strategis yang bagus adalah rencana yang dibuat sendiri secara bersungguh-sungguh. Karena setiap program studi memiliki kekuatan dan kelemahan masing-masing. Sehingga setiap visi dan misi program studi harus dibuat secara terukur, realistis, dan saling terikat.” Imbuh beliau lagi.

Beliau berharap workshop ini menjadi salah satu wadah untuk mengedukasi setiap elemen program studi dan lembaga, yang nantinya bisa menjadi continous choacing. Hal itu adalah salah satu tujuan agar tercapainya suatu Rencana Strategis selain dari Benchmarking ke Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta lainnya. Terpenting adalah sosialisasi Visi, Misi, dan Tujuan lembaga harus dan akan terus dijalankan tanpa henti agar semua sivitas akademika bisa memahami dan menghayati.

Setelah pemaparan materi dari Rektor Universitas Abdurrab, setiap kelompok mulai mempresentasikan Hasil Rencana Startegis berdasarkan langkah langkah yang telah dipaparkan sebelumnya. Presentasi dimulai dari Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, dilanjutkan dengan Fakultas Teknik, Fakultas Fisipol, Fakultas Psikologi, Lembaga di bawah naungan Wakil Rektor I, Wakil Rektor II, Wakil Rektor III dan Rektor. Acara ditutup setelah seluruh kelompok telah mempresentasikan seluruh Rencana Kerja dan Program Kerja pada Tahun 2019 – 2024, dan selanjutnya workshop akan berlanjut pada tanggal 22- 23 April 2019 dengan pembahasan mengenai Rencana Anggaran Belanja pada Tahun 2019-2024. (Humas)

 

 


TAGS : Universitas  

KOMENTAR