(+62) 761 387 62    [email protected]

Univrab Produksi Hand Sanitizer Sendiri untuk Perlindungan dari Virus Corona

Rabu, 06 Mei 2020 | Dilihat 837 Kali

(Humas Univrab-Pekanbaru, 06/05/2020) Sebagai salah satu langkah pencegahan virus corona, Dosen Prodi D-III Anafarma dan S1 Farmasi serta di bantu oleh Tim Laboran Laboratorium FKIK (Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan) Universitas Abdurrab memproduks ihand sanitizer sendiri yang dilakukan di Laboratorium FKIK, hal ini dikarenakan hand sanitizer telah menjadi barang langka dalam beberapa bulan terakhir. Hand sanitizer merupakan cairan pembersih tangan yang digunakan sebagai alternatif untuk mencuci tangan selain menggunakan sabun dan air. Hand sanitizer berbasis alkohol dengan minimal 70% dipercaya lebih efektif untuk membunuh kuman dan mikroorganisme berbahaya di tangan, termasuk pencegahan virus Corona.

Menurut ibu Azlaini Yus Nasution, M.Farm, Apt bahwasanya Hand sanitizer ini sangat diperlukan agar tetap terjaga Kebersihan tangan dan Mencegah Bakteri dari kuman: Produk ini dirancang untuk membunuh kuman dan mikroorganisme berbahaya sehingga aman jika diaplikasikan pada kulit tangan apabila dilakukan dengan benar.

Formulasi hand sanitizer yang dibuatpun sudah disesuaikanstandar yang telah ditetapkan oleh WHO, dengan kandungan alkohol 96% sebanyak 80% dari formula yang dibuat,  yang memang menjadi standar utama untuk menjaga kebersihan tangan. WHO mengeluaran 2 formula namun yang digunakan dalam pembuatan ini adalah formula yang pertama.  Berikut ini bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat 10 liter hand sanitizer sesuaistandar WHO seperti : 1) Ethanol 96 persen, 8333 ml, Hidrogenperoksida, 2) 3 persen, 417 ml, 3) Gliserol 98 persen, 145 ml, dan 4), Air distilasi yang sudah didinginkan

Produksi Hand sanitizer ini dilakukan selama 2 hari dan dikemas ke dalam wadah spray ukuran kecil 45 mL dan botol ukuran besar 450 mL. Pada proses produksi awal diperoleh sebanyak 200 botol .  Hand sanitizer yang diproduksi ini tidak diperjual belikan tetapi dibagikan kepada warga sekitar Universitas, mahasiswa, sivitas akademik dan juga ditaruh di tempat strategis dalam kampus seperti meja pendaftaran, front office, dan diletakkan disetiap pintu masuk ruangan di Universitas. (FC)


KOMENTAR