(+62) 761 387 62    humas@univrab.ac.id

ASSESMENT LAPANGAN SECARA DARING STEI IQRA ANNISA PROGRAM STUDI S1 EKONOMI ISLAM

Jum'at, 30 April 2021 | Dilihat 59 Kali

(Humas Univrab,  29/04/21) STEI Iqra Annisa melaksanakan kegiatan Assesment Lapangan Secara Daring untuk Program Studi S1 Ekonomi Islam. Kegiatan ini dilaksakan selama dua hari pada tanggal Selama 2 hari, tanggal 27-28 April 2021. Tim Asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) yang hadir pada kegiatan ini adalah Dr. Syafiq M. Hanafi dan Dr. Isnaini Harahap, M.Ag.

Agenda pada hari pertama adalah Assesment Lapangan sebagai tindak lanjut dari pengajuan borang akreditasi Program Studi S1 Ekonomi Islam yang sudah diajukan kepada Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada tahun 2019 lalu. Ibu Arfianti Novita Anwar yang merupakan Kaprodi S1 Ekonomi Islam yang merupakan Kaprodi S1 Ekonomi Islam menjelaskan terkait dengan adanya spare waktu dari 2019 ke 2021 ini, maka ada beberapa persiapan tambahan yang kami lakukan, yang pertama dimintai oleh BAN-PT melalui assesornya yaitu menambah data-data terkini yang ada pada laporan LKPS ataupun laporan evaluasi dirinya. Jadi, kemarin itu yang kita laporkan adalah tahun 2018/2019, 3 tahun kebelakangnya. Maka, pada saat ini yang kami laporkan adalah sampai tahun 2019/2020 dan 3 tahun kebelakangnya. Persiapan kedua adalah dokumentasi. Kerena kegiatan pembelajaran dan jaminan mutu itu sudah berjalan dengan baik, maka kegiatan dokumentasi ini dapat berjalan dengan baik pula. Persiapan dokumentasi itu merupakan persiapan untuk melakukan audiensi dengan asesor kepada seluruh stakeholder yang nantinya akan terlibat dalam kegiatan ini.

Pada hari kedua, agenda yang dilakukan adalah mendiskusikan rekomendasi-rekomendasi dari Tim Asesor sebagai hasil dari penilaian berita acara pada borong-borang akreditasi yang dilaporkan pada hari pertama.

“Melihat dari penilaian yang diberikan Tim Asesor dalam berita acara tersebut, Insya Allah kita dari Program Studi S1 Ekonomi Islam STEI Iqra Annisa Insya Allah mudah-mudahan Allah izinkan peringkat akreditasinya untuk dapat diperbaiki lebih baik dari akreditasi sebelumnya yang mana pada akreditasi yang sebelumnya itu sudah B. Namun demikian, mudah-mudahan skor atau nilainya bisa meningkat karena memang berbagai standar yang ada itu sudah dapat kita penuhi terutama di Standar Dosen, Penelitian dan Pengabdian itu jauh meningkat daripada akreditasi sebelumnya” kata ibu Vivi.

Terkait hasil dari kegiatan ini Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) akan menggunakan Portal SAPTO (Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online) untuk melampirkan hasil dari Kegiatan Assesment Lapang. (Siti Syahirah dan Faisyal Repo)


KOMENTAR